11 Cara Memperlakukan Istri Saat Hamil hingga Persalinan

Masa kehamilan selalu menjadi masa yang mendebarkan dan penuh bahagia bagi sepasang suami istri dan keluarga. Kehadirannya sangat dinantikan untuk melengkapi kebahagiaa sebuah keluarga. Perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan membuat seorang istri bisa mengalami perubahan mood dengan cepat, dihinggapi rasa malas yang berlebihan dan berbagai hal lainnya yang mempengaruhi keadaan fisik dan psikologis calon ibu.

ads

Di masa kehamilan seorang istri sangat membutuhkan dukungan suami sebagai pendamping yang siap siaga. Tidak hanya itu seorang istri juga ingin diperlakukan lebih dengan baik dan penuh kasih dari padaa hari-hari biasanya. Untuk suami sebagai calon ayah, simak cara memperlakukan istri saat hamil berikut ini ya.

  1. Perhatian dan kasih sayang serta memanjakan istri.

Perhatian dan kasih sayang yang diberikan suami di masa-masa kehamilan akan membuat seorang istri merasa lebih nyaman. Memanjakan istri juga bisa membuatnya merasa sangat dicintai yang juga akan berpengaruh pada psikologisnya sang calon ibu. Calon ibu akan terhindar dari stres dan karena selalu ada suaminya disampingnya.

  1. Meringankan pekerjaan istri.

Di saat-saat hamil muda seorang istri biasanya diminta untuk menjaga kesehatan dan tidak dianjurkan untuk melakukan pekerjaan yang berat. Apalagi pada masa hamil tua dimana perut semakin membesar yang menyulitkan sang istri untuk bekerja. Untuk itu seorang suami harus membantu meringankan pekerjaan istri di rumah seperti menggantikan beberapa pekerjaan rumah yang cukup berat dilakukan.

  1. Selalu siaga.

Berbagai komplikasi dan gangguan kehamilan bisa saja terjadi selama masa kehamilan. Untuk itu seorang suami harus siap siaga untuk mejaga sang ibu agar jika tiba-tiba terjadi sesuatu bisa segera dilarikan ke rumah sakit atau bidan terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama.

  1. Mencukupi kebutuhan asupan gizi calon ibu.

Agar janin tumbuh sehat hingga lahir harus diberikan asupan gizi yang cukup dan seimbang. Juga termasuk tugas seorang suami untuk mencukupi kebutuhan gizi calon ibu dan anaknya agar kedua-duanya bisa sehat hingga melahirkan.

  1. Menghindari pertengkaran dengan istri.

Agar seorang istri tidak mengalami stres selama masa kehamilan sebaiknya suami bisa menghindari terjadinya pertengkaran. Pertengkaran bisa menimbulkan gangguan saat hamil dan mengganggu kesehatan calon ibu dan bayi. Oleh karena itu jangan mudah terpancing emosi dan pandai-pandai menjaganya dengan cara mengendalikan diri.

  1. Sabar menghadapi tingkah sang istri.

Menghadapi istri yang sedang hamil terkadang harus disertai kesabaran. Terkadang istri yang sedang hamil lebih sensitif dan emosional karena keadaan hormon yang tidak stabil. Jadi seorang suami harus bisa menghadapi istri dengan tenang dan maklum dengan segala tingkah istri yang diluar dari kebiasaan.

  1. Menjadi suami yang pengertian.

Tugas seorang istri memang untuk menjadi pendamping hidup yang baik dan bisa mengurus rumah tangga dengan baik. Namun di saat hamil jangan banyak menuntut kepada istri untuk harus bisa menyelesaikan dan melakukan semua pekerjaan itu. Suami harus mengerti dengan keadaan istri yang terkadang cepat merasa lelah dari biasanya.

  1. Melengkapi kebutuhan ibu hamil dan calon bayi.

Mencukupi kebutuhan ibu saat hamil dan melahirkan adalah tugas seorang suami. Begitu juga untuk melengkapi kebutuhan calon bayi yang akan datang ke dunia ini. Lakukan persiapan dengan baik agar istri merasa nyaman hingga proses persalinan.


  1. Jangan bertingkah yang aneh-aneh.

Di saat istri hamil jangan bertingkah yang aneh-aneh yang bisa membuat seorang istri khawatir. Rasa khawatir dan rasa cemas bisa mempengaruhi kehamilan sang istri. Oleh karena itu jadilah suami yang baik dan selalu mengutamakan keluarga. Ada beberapa kebiasaan suami yang disukai istri yang bisa suami lakukan sebagai cara membahagiakan istri tercinta yang tengah hamil.

  1. Selalu menjaga istri dan calon bayi.

Jadilah suami yang bisa memberikan rasa aman kepada istri yang sedang hamil karena itulah yang sangat mereka butuhkan. Terkadang rasa was-was datang kepada istri yang tengah hamil dengan segala kekhawatirannya. Selalu buat istri merasa aman dengan cara menenangkan hati dan pikiran istri serta selalu mendampinginya kemana saja baik untuk berbelanja maupun untuk kontrol kesehatan ibu dan anak.

  1. Memberi kekuatan kepada istri.

Istri yang tengah hamil tua menjelang kelahiran sang bayi akan mengalami berbagai perasaan yang campur aduk. Bermacam-macam hal bisa terlintas dalam pikirannya yang bisa membuatnya merasa takut dan khawatir. Apalagi jika ini adalah kehamilan anak pertama ditambah lagi jika istri mempercayai berbagai mitos tentang ibu hamil yang tidak sepenuhnya benar namun membuat ibu merasa takut dan khawatir. Agar istri lebih tenang suami bisa memberikan kekuatan kepada istri serta meyakinkannya bahwa ia bisa melakukannya dengan baik.

Cara suami memperlakukan istri dengan baik saat hamil di atas bisa menjadi gambaran untuk para suami dan bisa menjadi suami serta calon ayah yang baik nantinya. Dan jangan abaikan kewajiban suami ketika istri hamil.

, ,
Oleh :
Kategori : Suami Istri