10 Cara Memanjakan Anak dengan Baik

Anak adalah sumber kebahagiaan bagi kedua orang tua. Anak merupakan buah hati yang selalu di nanti bagi sepasang kekasih yang telah menikah. Anak di hati seorang ibu lebih dari segala harta yang ada di dunia ini. Ibu adalah madrasah pendidikan bagi anak – anaknya. Mempersiapkan diri sebagai orang tua penting sebelum mengelar persiapan pernikahan. Ini karena anak akan banyak belajar dari sikap dan tindakan orang tuanya. Dan juga cara orang tua mendidik anaknya menjadikan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

ads

Kadang anak memiliki sifat manja yang berlebihan, untuk itu peran orang tua diperlukan agar dapat bersikap bijak dan mengajarkan kepada anak cara bersikap yang baik pada orang tua. Untuk menghadapai berbagai prilaku anak – anak orang tua harus tahu caranya.

Nah, berikut ini cara memanjakan anak yang harus di ketahui oleh orang tua adalah :

            1.Mengajak berkomunikasi

Terkadang anak memiliki banyak kemauan yang harus dituruti oleh orang tua. Disini peran orang tua yang baik adalah mengajak anak berkomunikasi. Ajak anak berkomunikasi dari hati ke hati. Pastikan anak mengerti maksud dari komunikasi tersebut, ini penting agar anak belajar memahami karaker orang tua terutama ibunya. Kemauan anak yang memang di rasa tidak memberi dampak positif bagi pertumbuhannya dapat di terangkan dengan baik pada anak. Atau berikan juga pilihan lain yang di rasa orang tua baik bagi anak.

Misalnya saat anak ingin membeli permen sementara giginya sudah banyak yang berlubang orang tua dapat membujuknya. Bujuklah anak dengan memberikan pilihan lain dengan cara meningkatkan keyakinan diri anak. Ajak dia untuk lebih baik membeli buah yang baik untuk masa pertumbuhannya.

            2. Melihat kondisi dan situasi

Jika anak melakukan kesalahan sebagai orang tua tidak boleh lansung mengatakan bahwa anak bersalah. Pahami dulu kondisi dan situasinya. Ajak dia bercerita dan menceritakan kejadian yang sebenarnya dengan jujur. Tunjukkan pada anak bahwa anda mempercayai ceritanya seratus persen. Setelah dia selesai bercerita anda dpat menarik kesimpulannya. Jika anak memang bersalah, munculkan rasa bertanggung jawab pada dirinya atas kesalahan yang telah dia lakukan. Dan juga katakan pada anak untuk tidak mengulanginya lagi.

            3. Memeluk anak

Penelitian membuktikan seorang ibu yang sering memeluk anaknya membawa dampak positif bagi anak, yaitu meningkatkan kekebalan tubuhnya dan meningkatka hubungan batin antar anak dan ibu. Ya semua orang suka dipeluk termasuk anak – anak. Pelukan sangat diperlukan pada saat – saat sulit dan menyedihkan. Pada kondisi tersebut memeluk anak menjadikan dia dianggap berarti dan masih ada yang menyayangi.

            4. Menemani anak tidur

Saat – saat tidur siang ataupun malam usahakan untuk selalu menemaninya tidur pada jam – jam pertama. Anak senang dan merasa tidak kesepian jika ditemani tidur oleh ibunya. Mereka merasa ada yang melindungi mereka. Jika ibu menemani anak tidur anak akan tertidur dengan nyenyak dan indah. Sebelum tidur ibu juga bisa menceritakan kisah – kisah fiktif pada anak. Ajak mereka untuk terbiasa menjadi pendengar yang baik pada saat ada yang ingin bercerita. Baca juga : (Tips cerita yang baik untuk anak)

            5. Memberikan nutrisi yang tepat

Anak pada masa pertumbuhan memerlukan banyak nutrisi untuk tubuhnya. Nutrisi yang baik dapat menjadikan pertumbuhannya berjalan dengan optimal. Sebagai orang tua ibu pasti akan bahagia melihat anak tumbuh menjadi aktif dan kreatif. Anakn selalu mendapat peringkat di kelasnya dan menjadi kebanggaan guru dan orang tua. Nutrisi yang di berikan pada anak tidak hanya saat masa pertumbuhan. masa emas untuk memberikan nutrisi adalah saat dalam masa kandungan. Berikan yang terbaik untuk anak sebagai ibu dan calon ibu yang baik.

           6. Cepat menanggapi respon anak

Orang tua terutama ibu harus cepat menanggapi respon yang disampaikan oleh anak. Jadilah orang tua yang memiliki kepekaan yang tinggi dengan situasi hati anak. Jangan membiarkan respon anak terlalu lama. Ini akan membuat anak merasa ibunya tidak lagi menyanyangi dan mencintai dirinya. Contoh saat anak menangis sebagai orang tua tugas anda adalah segera mendekatinya dan menenangkan dengan cara meredam emosi anak. Tanyakan pada anak apa penyebab dia menangis. Dan bujuk dia agar berhenti menangis.


            7. Memberi hadiah

Saat anak berprestasi disekolah beri dia hadiah sebagai reward dari anda dan perasaan bangga anda ke pada anak. Dengan memberi anak hadiah dia akan jadi lebih semangat dan termotivasi untuk terus belajar dan bekarya. Sebelum memberikan hadian lebih baik anda jelaskan kepada anak maksud anda memberi anak hadiah. Jika memungkinkan hadiah yang anda beri merupakan permintaan dari anak. jadi kalau anak berhasil dia akan mendapatkan hadiah itu dari anda. Sebagi orang tua pastikan bahwa hadiah yang di minta oleh anak dan yang akan anda berikan memiliki manfaat bagi anak dan benda yang dapat digunakan dalam jangka panjang.

            8.Menemani belajar

Cara memanjakan anak juga bisa dengan menemaninya belajar. Pulang sekolah biasanya para guru memberikan tugas rumah pada anak. Ibu bisa menanyakan pada anak apakah ada tugas rumah yang harus diselesaikan agar anak terhindar dari hukuman jika tidak mengerjakan tugas rumah yang di berikan. Temani mereka belajar membuat tugas rumah. Dan sekali – kali ibu dapat menunjukkan pada anak tugas rumah yang tidak bisa mereka selesaikan.

           9.Mengajarkan kedisiplinan

Cara ibu memanjakan anak juga dapat dengan mengajarkan kedisiplinan bagi anak. Ajarkan anak sikap – sikap tersebut selagi mereka masih kecil. Ini bertujuan agar saat sudah besar sikap itu tetap mereka terapkan dalam pergaulan mereka sehari – hari.


 Kedisiplinan bagi anak perlu diterapkan sejak dini. Kedisiplinan bisa diajarkan dari hal – hal kecil seperti bangun pagi, sarapan pagi dan berangkat sekolah pagi secara disiplin. Jelaskan pada anak bahwa manfaat kedisiplinan penting agar mereka bisa mandiri lebih dari umrnya.

           10. Mengajarkan agama

Cara memanjakan anak bisa dilakukan ibu dengan mengajarkan agama pada anak. Ajari mereka belajar agama seperti belajar sholat, belajar puasa dan belajar mengaji. Tidak hanya diajarkan anak juga di beri tahukan manfaat jika mereka melakukannya. Cara menenangkan hati dan pikiran anak dengan manfaat sholat, manfaat puasa dan manfaat mengaji

Ingat dalam memanjakan anak pastikan ibu memanjakannya dengan cara yang benar dan tidak berlebihan dalam memanjakan anak.

Baca juga : (Kisah paling mengharukan tentang ibu)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 10th, June 2016 / 06:56 Oleh :
Kategori : Anak Anak