11 Cara Mendidik Anak Laki-Laki Sejak Bayi agar Menjadi Anak yang Baik

Sifat dan tingkah laku antara anak laki-laki dan perempuan sudah pasti berbeda dan dalam cara mendidik anak perempuan dan anak laki-laki juga pastilah berbeda. Anak perempuan akan tumbuh dengan sifat dan sikap yang lemah lembut layaknya seorang perempuan. Anak laki-laki akan tumbuh dengan sifat kelakiannya yang tegas dan berjiwa kepemimpinan. Tapi ada saja kita melihat justru sebaliknya yang terjadi. Ada anak wanita yang tomboi bak anak laki-laki dan demikian juga sebaliknya.

ads

Lantas kenapa bisa terjadi demikian? Sebagai orang tua kita tentu tidak ingin anak kita tumbuh dan berkembang melawan kodratnya sendiri hingga ia dewasa. Anak laki-laki misalnya yang tumbuh dengan jiwa seorang wanita yang kemayu dan cengeng. Untuk mengantisipasi hal ini terjadi, sebagai orang tua apa yang harus kita lakukan? Berikut cara yang bisa dilakukan dalam mendidik anak laki-laki sejak ia masih bayi.

  1. Menghadirkan sosok laki-laki yang bisa menjadi panutan baginya.

Anak-anak sangat membutuhkan sosok panutan yang bisa ia jadikah contoh sejak ia masih kecil dan mulai mengetahui lingkungannya sedikit demi sedikit. Menghadirkan sosok laki-laki yang berjenis sama dengannya akan membuat ia akan lebih mudah dalam memahani dan bertindak sebagai seorang laki-laki.

  1. Membelikan mainan untuk anak laki-laki.

Belikan mainan untuk anak laki-laki dan jangan biarkan anak bermain dengan boneka walau pun itu bukanlah miliknya. Bermain boneka miliki teman perempuannya sangat tidak baik jika dibiarkan terus menerus karena bisa mengubah pola pikir anak.

  1. Tidak membiarkan anak bermain dengan anak perempuan saja.

Tidak ada yang salah jika anak mau berteman dengan siapa saja bahkan akan sangat baik anak bisa bersosialisasi dengan teman sebaya dilingkungannya. Namun perlu diperhatikan jika anak hanya maun bermain dengan anak perempuan saja, sementara banyak anak laki-laki yang sebaya dengannya. Segera batasi anak untuk berteman dengan perempuan agar ia tidak ikut-ikutan bertingkah layaknya anak perempuan.

  1. Selalu mendoakan anak agar menjadi anak yang sholeh.

Doa orang tua untuk anaknya sangatlah manjur. Selalu doakan anak untuk tumbuh menjadi anak yang sholeh dan menjadi pribadi yang baik. Dengan doa orang tua anak akan tumbuh menjadi anak yang santun dan berbudi pekerti.

  1. Mendidik anak untuk menjadi pribadi yang tegas dan berani.

Jangan membiarkan anak laki-laki yang tampak kemayu layaknya anak perempuan dan mudah cengeng. Didiklah anak untuk bisa menjadi tegas dan tangguh layaknya anak laki-laki. Didik juga anak untuk  menjadi lebih berani dalam menghadapi apapun.

  1. Mengajarkan anak tentang jiwa kepemimpinan.

Sejak dini mulailah untuk mengajarkan anak tentang jiwa kepemimpinan. Bisa dengan menceritakan kisah-kisah yang penuh dengan pesan moral yang baik untuk anak laki-laki serta berikan contoh sebagaimana layaknya seorang anak laki-laki dalam bersikap. Dari cerita-cerita yang tauladan anda juga bisa menanamkan jiwa kepemimpinan pada anak.

  1. Menghadirkan peran ayah dalam keluarga.

Peran ayah dalam keluarga sangatlah penting apalagi bagi tumbuh kembang seornag anak laki-laki. Peran sang ayah akan dijadikan contoh bagi sang anak. Oleh karena itu seorang ayah juga wajib ikut dalam membentuk karakter dan kepribadian anak sejak dini. Selain peran ayah juga dibutuhkan peran keluarga dalam pendidikan karakter dan pribadi anak.


  1. Membuat batasan-batasan yang tidak boleh dilakukan seorang anak laki-laki.

Buatlah batasan-batasan bagi si anak dalam melakukan hal-hal yang mengarah pada kebiasaan perempuan. Jika dibiarkan pola pikir anak yang sedang dalam berkembang bisa terganggu dan mengubah pemahaman tentang jati dirinya sebagai anak laki-laki.

  1. Tidak membiarkan anak bergaul dengan lingkungan perempuan.

Jangan biarkan anak bergaul dalam lingkungan perempuan, baik itu lingkungan keluarga dan tetangga. Jika terbiasa dari kecil dalam lingkungan perempuan anak bisa saja menyerap semua tingkah laku dan hal-hal yang berhubungan dengan perempuan. Dan bisa jadi anak menjadi senang bergaul dengan perempuan dan meniru tingkah laku mereka.

  1. Mengikuti tahap perkembangan anak dengan baik.

Sangat penting bagi orang tua untuk terus memantau dan memperhatikan tiap tahap perkembangan pada anak untuk memastikan tidak ada yang aneh dan mengganjal pada prilaku sang anak sebagai anak laki-laki.

  1. Memberikan pemahaman tentang seorang anak laki-laki.

Sejak dini berikan pemahaman kepada anak bagaimana cara bersikap seorang laki-laki. Hal apa yang harus dilakukan seorang laki-laki dan yang paling penting tumbuhkan jiwa yang kuat, tegas dan berani pada anak laki-laki agar ia juga tau seperti apa peranan seorang laki-laki.

Itulah cara mendidik anak laki-laki sejak masih bayi agar ia bisa tumbuh dan berkembang dengan baik serta menjadi pribadi yang juga baik. Dan ada baiknya juga untuk mengetahui cara mendidik anak nakal agar mudah diatur dan nurut dengan orang tua. Serta pelajari juga cara mendidik anak usia 10 tahun yang rentan terkena dampak negatif dari pergaulan masa kini.

, ,
Oleh :
Kategori : Anak Anak