8 Solusi Anak Terlambat Bicara yang Bisa Orangtua Lakukan di Rumah

Anak yang terlambat bicara daripada anak lainnya yang seumuran seringkali menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orang tua. Berbagai perasaan tidak enak pasti dirasakan oleh banyak orang tua saat anak belum juga mampu mengucapkan kata apapun dengan jelas. Keterlambatan bicara pada anak ini bisa terjadi karena berbagai sebab, seperti disabilitas intelektual gangguan pendengaran hingga orang tua yang jarang mengajak anak berkomunikasi sejak dini.

Karena itu sejak usia dini biasakan untuk berbicara dan berkomunikasi dengan anak agar Ia pun terangsang untuk berkomunikasi dan berbicara seperti apa yang kita lakukan. Apa yang harus dilakukan orang tua untuk menstimulasi anak yang terlambat bicara ini? Ada beberapa hal yang bisa orang tua lakukan untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak. Berikut tipsnya.

1. Ajak Anak Bersosialisasi dengan Orang Lain dan Teman Sebayanya

Sebagai orang tua penting juga untuk mengajak anak bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Anak yang jarang bertemu dengan orang akan merasa malu ataupun takut sehingga juga mempengaruhi kemampuan berbicaranya. Karena itu biasakan anak bertemu dengan teman sebayanya dan orang-orang di sekitar.

2. Bermain Sambil Belajar

Anak-anak lebih senang mendengar musik oleh karena itu cobalah untuk mengajak anak mendengarkan musik dan bernyanyi bersama untuk menstimulasi otak anak. Jika sering dilakukan perlahan anak akan mulai belajar dan mengikuti nyanyian yang sering dinyanyikan. Atau bisa juga dengan membacakan anak dongeng sebelum tidur sambil mencoba mengajaknya berkomunikasi.

3. Biarkan Anak Bermain dengan Anak Lainnya

Solusi anak terlambat bicara berikutnya yang bisa orang tua lakukan di rumah adalah membiarkan anak bermain dengan anak lainnya. Akan lebih baik lagi jika anak bermain dengan anak yang lebih besar dan sudah aktif bicara. Bermain dan berkomunikasi setiap hari dapat merangsang kemampuan berbicara anak. Perlu diperhatikan juga di lingkungan seperti apa anak berinteraksi, jika anak-anak yang bermain dengannya sering berbicara kasar maka nantinya bisa menjadi penyebab anak berbicara kasar pula dan menjadi penyebab anak melawan orang tua.

4. Lakukan Terapi Pada Anak

Selain cara untuk solusi anak terlambat bicara di atas, sangat baik pula apabila anak mengikuti terapi khusus anak terlambat bicara yang dilakukan oleh terapis yang ahli dibidangnya. Terlebih jika anak sudah akan memasuki usia sekolah. Keterlambatan bicara ini akan menjadi kendala saat anak sudah mulai masuk Taman Kanak-kanak nanti. Oleh karena itu terapi juga diperlukan di samping upaya lainnya.

5. Tanggapi Setiap Kali Anak Bersuara

Peran aktif orang tua juga di butuhkan dalam menemukan solusi anak terlambat bicara. Orang tua juga harus aktif merangsang anak untuk mulai berbicara. Caranya dengan menanggapi setiap kali anak bersuara, jika apa yang diucapkannya tidak jelas, ikuti pelan-pelan dan selalu lakukan komunikasi dengan anak. Cara mendidik anak memang mencangkup segala hal agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan harapan. [AdSense-C]

6. Berkegiatan Sambil Bernarasi

Selain itu, solusi anak terlambat bicara adalah dengan selalu bercerita keada anak saat melakukan kegiatan apa saja. Misalnya jam makan tiba, bicaralah pada anak bahwa jam makannya sudah tiba. Begitu juga waktu akan mandi atau berganti pakaian, selalu ajak anak berbicara. Dengan begitu anak juga akan terangsang untuk berbicara. Ajak juga anggota keluarga lainnya untuk aktif mengajak si kecil berbicara setiap harinya.

7. Lebih Ekspresif Saat Berbicara

Agar anak lebih tertarik memperhatikan orang tua saat berbicara, lakukanlah gerakan setiap kali berbicara pada anak. Seperti menggoyangkan botol susu saat mengatakan pada anak bahwa ia harus minum susu. Atau memperlihatkan pakaian yang akan ia kenakan saat berganti baju. Dengan begitu anak akan lebih tertarik untuk mulai berbicara serta merangsang otaknya.

8. Ikut Bermain dengan Anak

Tujuan bermain dalam solusi anak terlambat bicara ini adalah agar anak senantiasa berinteraksi saat bermain. Orang tua bisa ikut bermain dengan melakukan percakapan, berakting, atau bercerita dan berimajinasi bersama. Yang penting adalah anak terpacu untuk mulai berkomunikasi dan berbicara. Cara menjadi orang tua yang baik juga harus ikut berperan dalam menstimulasi pertumbuhan anak.

Itulah 8 solusi anak terlambat bicara yang bisa orang tua lakukan di rumah. Mendatangi ahlinya merupakan langkah yang paling utama dan harus dilakukan dan di dukung dengan latihan lainnya. Lain dari itu, simak pula cara mendidik anak usia 9 tahun, cara mendidik anak usia 10 tahun, cara mendidik anak yang suka melawan dan cara mendidik anak usia 8 tahun agar nantinya anak bisa tumbuh menjadi anak yang baik dan patuh pada orang tua seperti yang diharapkan.

, ,
Oleh :
Kategori : Anak Anak