9 Cara Mendidik Anak Usia 4 Tahun yang Nakal dan Hiperaktif

Anak merupakan suatu anugrah yang selalu didambakan dan dinantikan kehadirannya oleh banyak pasangan. Meskipun demikian, bukanlah hal yang mudah bagi orang tua dalam mendidik dan membesarkan seorang anak. Apalagi saat anak memasuki usia 4 tahun dimana pada saat itu anak sedang aktif dan lincah. Anak dalam periode emas memiliki rasa ingin tahu yang tinggi yang membuatnya menjadi tidak bisa diam dalam kesehariannya.

ads

Pada usia 4 tahun ini juga sudah bisa terlihat perbedaan antara anak yang nakal dan penurut dengan orang tua. Untuk anak yang nakal biasanya lebih aktif dalam melakukan banyak hal dan tidak bisa duduk diam meskipun hanya sebentar. Tingkah anak yang terlalu aktif ini banyak membuat orang tua menjadi kewalahan dalam mengurus dan merawat sang anak. Dan apa yang bisa dilakukan dalam mendidik anak usia 4 tahun yang nakalnya kelewatan? Mari simak cara-cara berikut ini.

  1. Berhenti untuk memanjakan sang anak.

Memanjakan anak karena sangat menyayanginya adalah kesalahan yang besar. Dengan dimanjakan anak akan menjadi terbiasa dengan yang serba ada dan akan membuatnya menjadi anak yang sombong, merasa bossy dan tidak mau diatur oleh siapapun termasuk oleh orang tuanya sendiri.

  1. Jika anak tidak bisa dikatakan, biarkan saja dan biarlah ia menerima akibatnya.

Anak yang sedang asik bermain sesuatu yang bisa menimbulkan bahaya bagi dirinya sendiri seperti bersepeda dan terjatuh, berlarian dan terluka, bermain lilin dan tangannya kena panas namun tidak bisa dihentikan. Maka cara membuat anak jera adalah dengan membiarkannya merasakan akibatnya tersebut. Dengan begitu ia akan tahu mengapa orang tua melarangnya melakukan hal tersebut. Namun jangan biarkan hal ini terjadi pada hal yang bisa berakibat fatal pada anak. Ada baiknya juga bagi bunda untuk mengetahui cara menegur anak yang tepat.

  1. Jangan lelah untuk menasehati anak yang hiper aktif.

Jangan pernah lelah untuk menasehati dan mengarahkan serta mendidik anak yang super bandel. Bagaimana pun juga kita harus bisa dan harus tahu cara menjadi orang tua yang baik untuk anak hingga sukses membesarkannya menjadi anak yang baik dan tidak lagi nakal.

  1. Berlakukan hukuman pada anak yang tidak mau mendengar nasehat orang tua.

Membuat sebuah peraturan dan hukuman pada anak akan baik untuk mengasah anak dan menanakan kedisiplinan pada anak. Namun jangan berikan hukuman yang terlalu keras dan hukuman fisik yang pada ujungnya bisa menimbulkan trauma pada anak. Berikan hukuman yang pantas pada anak usia 4 tahun seperti tidak ada jajan, tidak ada mainan atau tidak memberkan apa pun yang ia iinginkan hingga ia tidak nakal lagi.

  1. Disiplin pada anak mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Ajarkan anak untuk bisa disiplin dalam bermain. Kedisiplinan akan membuat anak menjadi lebih bisa mengatur dan mengendalikan dirinya sendiri. Hal ini juga akan terbawa hingga anak dewasa nanti karena ia telah terbiasa menjadi pribadi yang disiplin.

  1. Membelikan buku cerita yang edukatif dan memiliki pesan moral yang baik.

Anak-anak sangat suka jika di dongengkan sebelum mereka tertidur. Gunakan kesempatan ini untuk menceritakan buku-buku dongeng yang edukatif yang penuh dengan pesan moral dan menarik. Anak akan tertarik melihat buku-buku dengan desai yang menarik dan cerita yang juga menarik sesuai dengan usianya.


  1. Berikan perhatian penuh pada anak.

Selalu berikan perhatian penuh pada anak walaupun kedua orang tua sibuk dalam bekerja. Setidaknya bangun kedekatan dengan anak setiap pulang kerja dan waktu senggang serta hadirkan quality time bersama anak. Dan jaga komunikasi yang baik dengan anak. Cara mendidik anak yang baik adalah dengan kasih sayang dan juga perhatian.

  1. Jangan terlalu banyak melarang anak yang sedang dipenuhi rasa ingin tahu.

Terlalu banyak memberikan larangan pada anak akan membuat anak menjadi semakin dipenuhi oleh rasa penasaran. Rasa penasaran itu akan membuatnya semakin terdorong untuk mengetahui apa yang telah dilarang tersebut. Sebaiknya biarkan anak berkembang dan memenuhi rasa keingintahuannya selagi masih di dalam batas-batasannya. Dan pastikan anda tidak termasuk pada ciri orang tua yang over protektif kepada anak.

  1. Ajarkan anak untuk menghargai orang lain.

Anak yang nakal biasanya tidak peduli dengan orang lain dan sekitarnya dan juga tidak tahu cara menghargai orang lain. Tanamkan sifat saling menghargai pada anak dengan mengajarkan anak untuk mengucapkan terima kasih jika menerima sesuatu atau perlakukan yang baik dari orang lain dan didik anak untuk mengucapkan kata maaf kepada orang lain jika ia membuat kesalahan. Hal ini akan membuat anak terbiasa untuk menghargai orang lain dan lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya.

Demikianlah cara mendidik anak usia 4 tahun yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Memang dibutuhkan kesabaran dalam mendidik sang anak dan bukan merupakan hal yang mudah pula bagi orang tua. Selain itu ketahui juga cara mendidik anak usia 5 tahun dan cara mendidik anak usia 6 tahun.

, , ,
Oleh :
Kategori : Anak Anak