7 Cara Mengatasi Anak Hiperaktif Umur 3 Tahun

Anak yang hiperaktif sering dinilai sebagai anak yang nakal dan bandel karena tidak bisa diam dan berhenti melakukan sesuatu meski orang tua telah memintanya. Sebagai orang tua kita tentu juga merasa tidak enak melihat anak di pandang dan di cap demikian oleh orang lain. Karena itu, setidaknya kita memberikan didikan yang benar dan tepat pada anak hiperaktif agar ia bisa menjadi anak yang baik dan patuh.

Anak hiperaktif yang cenderung bertingkah sesuka hatinya dan sulit diatur disebut juga dengan anak Attention Deficit Disorder (ADD). Sebenarnya gejala ADD ini sudah bisa terlihat sejak si anak berusia bayi, di tandai dengan aktifnya anak dalam menangis dna berteriak dan sulit dihentikan. Penyebabnya bisa karena faktor keturunan hingga gangguan saat masa kehamilan. Sebagai orang tua kita tentu juga ingin tahu cara mendidik anak yang baik tanpa harus marah-marah pada anak dan meninggalkan trauma pada mereka. Nah, berikut adalah beberapa cara mengatasi anak hiperaktif umur 3 tahun yang bisa dicoba.

1. Perhatian dan Kasih Sayang yang Penuh

Anak yang hiperaktif harius mendapat perhatian dan kasih sayang penuh dari orang tuanya. Dengan begitu ia akan mendpatkan rasa aman, nyaman dan rasa percaya yang tinggi pada orang tuanya. Juga, ia akan lebih mau mendengarkan apa yang dikatakan orang tuanya. Jadi, perhatian dan kasih sayang jadi faktor penting dalam mendidik dan mengarahkan anak hiperaktif ini ya. Selain itu kita juga harus mengetahui karakteristik anak usia dini dan kepribadian anak agar lebih mudah dalam mengendalikan mereka. Begitu juga dalam cara mengatasi anak nakal dan bandel.

2. Berbicara Pada Anak Menggunakan Bahasa yang Sederhana

Terkadang anak usia 3 tahun masih mengalami masalah dalam mencerna apa yang dikatakan orang dewasa. Sehingga, saat berbicara pada anak, gunakanlah bahasa yang ringan dan mudah dipahaminya agar ia mengerti dengan apa yang dikatakan dan diperintahkan. Hindari menggunakan kalimat yang panjang karena bisa membuat anak jadi bingung dengan apa yang orang tua katakan.

3. Rutin Ajak Anak Berenang

Berikutnya cara mengatasi anak hiperaktif umur 3 tahun agar lebih tenang dan bisa disiplin adalah dengan mengajaknya rutin berenang. Menurut pakar olahraga renang sangat cocok untuk anak yang hiperaktif karena berada dalam air bisa membuatnya lebih tenang, sementara gerakan renang yang tetap bagus untuk kedisiplinannya. Selain itu, berenang juga akan membantu anak membuat energi tubuh yang berlebihan yang jadi penyebab si anak terlalu aktif. Berenang juga dapat membuat pikiran anak hiperaktif jauh lebih nyaman dan tenang.

4. Ikutkan Anak Dalam Sanggar Tari

Bagi anak perempuan yang hiperaktif, kegiatan yang paling cocok untuk mengeeluarkan energi tubuhnya yang berlebihan adalah menari. Cobalah untuk memasukkan anak ke sanggar untuk belajar menari. Terlebih bagi anak yang sulit fokus dan konsentrasi, dengan menari kemampuan konsentrasi anak akan jadi lebih meningkat. Terlebih bagi anak usia 3 tahun, kegiatan menari sangat bagus untuk daya ingat anak dan juga rasa percaya dirinya.

5. Ajak Anak Mengenal Alam Lebih Dekat

Cara mengatasi anak hiperaktif umur 3 tahun berikutnya adalah dengan mengajak anak bermain dan mengenal alam lebih dekat. Melihat berbagai pemandangan alam atau bersentuhan langsung dengan alam bisa membuat anak hiperaktif lebih tenang. Bahkan memperkenalkan anak pada alam juga kerap dijadikan sebagai terapi khusus untuk mengendalikan pikiran anak. [AdSense-C]

6. Perhatikan Berbagai Makanan yang Dikonsumsi Anak

Anak yang tumbuh menjadi hiperaktif juga harus diperhatikan makanannya. Berbagai zat berbahaya yang mungkin terkandung dalam makanan yang dikonsumsi anak bisa membuat kondisinya makin parah. Kandungan zat kiia berbahaya untuk anak hiperaktif ini bisa ditemukan dalam makanan siap saji, makanan ringan yang disukai anak, pengawet, pemanis buatan dan MSG. Karena itu biasakan untuk mengolah makanan anak sendiri agar lebih sehat dan terjamin.

7. Biarkan Anak Mendengarkan Musik

Musik juga bisa membuat anak hiperaktif menjadi lebih tenang lho. Alunan musik bisa merangsang otak anak dan memberikan efek yang menenangkan bagi anak. Anak akan menjadi lebih rileks dan santai serta alunan musik juga melatih otak anak yang menjadikannya lebih cerdas. Namun hindari untuk mendengarkan musik yang keras pada anak karena justru membuatnya semakin aktif. Musik yang cocok untuk anak hiperaktif adalah seperti piano, biola dan gitar. Bagus juga untuk mengajarkan anak bermain alat musik yang juga melatih keterampilan anak.

Itulah 7 cara mengatasi anak hiperaktif umur 3 tahun yang bisa orang tua lakukan di rumah demi tumbuh kembang anak yang lebih baik. Cara menangani anak hiperaktif ini harus diiringi dengan kesabaran yang ekstra karena meski dirasa mudah dilakukan, pada kenyataannya terkadang anak sulit juga untuk ditaklukkan. Simak juga cara mengatasi anak hiperaktif usia 2 tahun dan cara menghadapi anak susah diatur ini. Ikuti juga tips agar tidak mudah marah pada anak paling efektif ya.

, ,
Oleh :
Kategori : Anak Anak