5 Cara Menghadapi Anak Malas Belajar Dengan Mudah

Cara menghadapi anak malas dengan mudah adalah mengetahui penyebab dan melakukan kegiatan belajar sesuai dengan keinginan anak. Karakteristik setiap anak berbeda. Anak yang malas belajar cenderung menyukai kegiatan bermain dan hal yang menyenangkan. Belajar yang terlalu kaku membuat anak cenderung mudah bosan. Cara mendidik anak usia 8 tahun yakni menjadi sosok orang tua yang tidak pernah memaksakan anak untuk belajar. Hal ini tidak akan baik karena anak akan menjadi berontak dan melawan kepada orang tuanya.

ads

Orang tua sebaiknya mengajarkan kebiasaan mendidik anak disiplin sejak dini. Hal ini dengan cara pengaturan agenda porsi anak dalam bermain di ruangan, luar rumah, menonton TV, interaksi gadget, dan lain – lain. Keseimbangan agenda tersebut akan membuat anak tidak mudah bosan. Orang tua juga harus mengetahui cara mendidik anak usia 10 tahun dengan membuat anak nyaman berlama – lama dengan suatu aktivitas. Berikut adalah beberapa cara yang dapat diterapkan pada anak agar mau untuk belajar.

1. Hadiah untuk Prestasi

Cara menghadapi anak malas dengan mudah adalah dengan memberikan hadiah untuk prestasi. Hadiah yang diberikan jangan berlebihan. Hal ini tidak akan baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Tips agar tidak mudah marah pada anak paling efektif dengan hadiah kecil yang anak sukai. Banyak pula hadiah edukasi yang mendidik anak dan tidak berdampak pada anak menjadi manja. Orang tua harus kreatif dalam menerapkan hadiah kepada anak. Jadikan hadiah untuk motivasi anak menyelesaikan pembelajarannya. Saat anak beranjak besar dan mulai memiliki kemampuan untuk mengetahui manfaat belajar, hadiah ini sudah tidak perlu dilakukan lagi. Anak akan mengerti pentingnya belajar.

2. Pendampingan Anak Saat Belajar

Cara menghadapi anak malas dengan mudah adalah dengan melakukan pendampingan pada anak. Anak harus didampingi dengan penuh ketekunan. Jangan pernah memasang target pada anak usia dini. Saat mood anak baik adalah waktu yang tepat untuk belajar yang menyenangkan. Kita harus memahami kemampuan dan bakat anak. Anak akan menunjukkan apa yang dia sukai. Hal tersebut yang harus didukung dengan perlahan dan penuh kesabaran. Bakat anak dapat diketahui dengan mengajak anak berkegiatan. Orang tua juga bertugas untuk meberikan motivasi dalam belajar dengan membentuk cita – cita pada anak.

3. Membeli Buku dengan Hiasan Menarik

Cara menghadapi anak malas dengan mudah adalah dengan membeli buku yang memilki hiasan menarik. Orang tua harus memahami bahwa anak menyukai hal – hal yang berwarna mencolok dengan penampakan yang unik. Ibu biasanya paham karakter apa yang sedang di suka oleh putri dan putranya. Hal ini akan menstimulasi mood anak menjadi lebih bersemangat belajar. Anak terkadang membutuhkan perlakukan yang khusus untuk diajak belajar.

4. Menciptakan Suasana Bermain Sambil Belajar

Cara menghadapi anak malas dengan mudah adalah dengan menciptakan suasana belajar sambil bermain. Orang tua dapat memfasilitasi kegiatan belajar dan memberi pendidikan pada anak dengan suasana yang menyenangkan. Orang tua bisa memanfaatkan bagian rumah atau spot rumah yang anak sukai. Mainan kesukaan anak juga bisa menghiasi kegiatan anak ketika belajar. Saat ini banyak permainan edukasi yang bisa dibeli orang tua dengan beragam harga di toko mainan. Cara menghadapi anak pemarah  yaitu dengan permainan tersebut akan menstimulasi anak dengan melakukan pembiasaan pada pembelajaran yang sangat menyenangkan.

5. Melakukan Kegiatan Luar Rumah dengan Permainan Edukasi

Cara menghadapi anak malas dengan mudah adalah dengan mengajak bermain sambil belajar diluar rumah. Saat ini banyak wisata edukasi yang melatih motorik anak. Orang tua dapat melakukan pendampingan untuk menggabungkan wisata tersebut juga mengolah berbagai kecerdasan emosi dan lain – lain sehingga tidak menunjukkan ciri anak agresif dan hiperaktif. Misalnya pada anak yang sedang belajar membaca, orang tua dapat mempraktekkan cara membaca berbagai wahana yang mereka sukai.

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Anak Anak