Inilah 10 Ciri Ciri Anak Jenius yang Khas dan Mudah Terlihat

Setiap orang tua pastinya ingin memiliki anak yang jenius. Maka dari itu tidaklah mengherankan mereka sering memberikan les tambahan pada buah hatinya sejak kecil agar si anak bisa tumbuh dengan bakat tertentu. Akan tetapi, apakah Anda pernah melihat anak Anda ternyata bisa jenius tanpa harus melakukan banyak pelajaran tambahan? Sebenarnya kita bisa melihat ciri-ciri anak tersebut jenius atau tidak dari sikapnya sehari-hari. Berikut 10 ciri-ciri anak jenius yang mudah terlihat.

ads

1. Dia punya rasa ingin tahu

Pertama adalah anak tersebut punya rasa ingin tahu yang besar. Dia cenderung sangat ingin mengetahui berbagai hal yang baru ditemuinya. Apabila sudah menemukan hal-hal baru, pasti dia akan mencari tahu. Biasanya dia akan mencari tahu melalui bertanya atau membaca buku. Sekalinya dia tahu, maka dia akan terus mendalami hal baru tersebut sampai benar-benar puas.

2. Tidak suka ruangan yang berisik

Anak-anak yang jenius biasanya lebih banyak menggunakan telinganya ketimbang mulutnya. Maksudnya mereka lebih suka mendengar ketimbang berbicara. Maka dari itu, mereka akan sangat terganggu jika mendengar keributan atau tempat-tempat ramai. Selain itu, anak jenius juga lebih banyak yang pendiam dan mereka sangat suka dengan itu. Ketika akan berbicara, mereka akan memikirkannya lebih dulu agar dapat berbicara dengan tenang dan juga lawan bicaranya tidak tersinggung.

3. Mudah cemas

Anak jenius juga cenderung mudah merasa cemas. Hal tersebut disebabkan kekhawatiran pada sesuatu yang belum pasti terjadi. Selain itu, kecemasan yang dibuatnya tidak bisa diceritakan pada orang lain. Dia akan lebih memilih diam dan memecahkan masalahnya sendiri. Bahkan, kecemasan ini bisa sampai membuat anak sulit istirahat.

4. Senang dengan permainan yang berhubungan dengan otak

Salah satu ciri yang mudah terlihat dari anak yang jenius adalah suka dengan aktivitas yang berhubungan dengan otak. Contohnya bermain puzzle, catur, dan permainan yang lebih banyak menggunakan otak.  Ketika anak bermain dengan permainan seperti itu, dia akan sangat antusias dan juga fokus. Apalagi di zaman sekarang,  anak jenius lebih suka dengan gadget yang permainannya cenderung lebih ke mengasah otak. Akan tetapi, Anda harus waspada dengan dampak buruk game online pada anak.

5. Cepat bosan

Keinginan yang mendalam pada satu bidang apalagi kalau sampai mengetahuinya luar dalam dapat membuat anak jenius ini cepat bosan. Jika seperti itu, mereka akan mencari lagi hal baru lainnya yang belum ditemukannya. Ketika sudah menemukan hal baru tersebut, dia akan kembali mempelajarinya sampai dia puas. Kalau pada anak normal hal tersebut sangat merepotkan, tapi tidak buat anak jenius.

6. Percaya dirinya tinggi

Karena mengetahui banyak hal, anak jenius kerap akan sangat percaya diri saat harus menjelaskan suatu hal atau melakukan sesuatu. Dia malah akan mengajukan dirinya saat sedang di kelas jika guru bertanya pada muridnya. Dia juga sangat senang jika disuruh menjelaskan sesuatu di depan kelas.

7. Keras kepala jika sudah punya keinginan

Anak jenius jarang yang cuma diam dan menunggu. Dia akan tidak nyaman jika diharuskan melakukan aktivitas menunggu. Selain itu, dia juga keras kepala jika ada yang ingin di cita-citakan. Dia cenderung akan melakukan apapun agar bisa mewujudkan impiannya.


8. Tidak suka diatur

Saat ada peraturan yang membuat dirinya merasa terkekang, maka anak yang jenius memilih untuk “membangkang”. Dia tidak mudah diatur dan akan melawan auran yang menurutnya seperti mengekang dirinya. Oleh sebab itu, jika anak Anda nakal dan susah diatur, Anda bisa pelajari cara menghadapi anak yang nakal.

9. Selalu asyik dengan dunianya sendiri

Hampir mirip dengan poin kedelapan, anak jenius memiliki ciri yang berbeda dan bahkan seakan-akan kita jadi merasa asing jika ia sedang melakukan hal- hal yang disukai. Dia akan sangat fokus melakukan hal yang disenangi sebab hal tersebut merupakan cara membahagiakan diri sendiri. dan tidak peduli dengan orang-orang di sekitarnya. Dia baru bisa puas saat hal yang dilakukannya berhasil dengan baik dan sesuai dengan keinginannya.

10. Selalu merasa jauh lebih tahu dari orang lain

Ini adalah salah satu ciri yang mudah diperlihakan. Anak yang jenius merasa memiliki banyak pengetahuan dibandingkan anak-anak yang lainnya. Saat dia disalahkan, maka dia akan berpikir itu tidak akan salah dan akan terus menyangga dan menyampaikan kebenarannya. Selain itu, dia juga cenderung akan langsung menjawab pertanyaan dari guru dan orang-orang sekitarnya. Meskipun anak anda memang jenius, akan tetapi akan lebih baik Anda juga mengajarkan untuk cara menghilangkan sifat sombong dan cara menghilangkan sifat angkuh pada anak.

Itulah 10 ciri-ciri anak jenius yang mudah terlihat. Jika anak Anda punya ciri-ciri di atas, sebaiknya perlu diberikan pendidikan keluarga yang lebih banyak. Hal tersebut dilakukan agar si anak tidak terjerumus ke dalam pergaulan masa kini yang malah bisa menyesatkannya. Anda juga bisa mengarahkan anak langkah-langkah mengatasi kesulitan belajar pada anak agar dia bisa menjadi anak yang berhasil di masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Anak Anak