7 Ciri-Ciri Ayah Tiri yang Tidak Baik Bagi Anak

Orangtua tiri identik dengan hubungannya yang tidak baik atau sulit akur dengan anak-anak dirinya. Orang tua tiri, seperti ibu tiri atau ayah tiri dianggap sebagai orang yang tidak baik dalam memperlakukan anak-anak tiri mereka. Dalam memilih ayah tiri yang baik untuk anak, tentu juga bukanlah hal yang mudah.

ads

Hal ini di karenakan terkadang sifat asli seseorang baru terlihat setelah ia masuk dalam kehidupan kita dan setelah sekian lama kita mengenalnya. Meski mungkin sudah terlanjur seorang pria menjadibayah tiri, namun berikut adalah ciri-ciri ayah tiri yang tidak baik bagi anak-anaknya.

1. Tidak peduli pada anak tirinya

Seorang ayah yang baik diharapkan mampu bersikap peduli pada anak-anaknya meskipun statusnya hanyalah seorang ayah tiri. Iya harus tetap peduli dan perhatian ada anak tirinya karena statusnya kinj juga seorang ayah yang dipilih oleh ibu dari si anak ini untuk menjadi kepala keluarga sekaligus pelindung bagi keduanya.

Namun pada ayah tiri yang tidak baik, tidak akan ditemukan sikap seperti ini dan ia akan hidup dengan keegoisannya sendiri. Ia tidak bisa bersikap layaknya seorang ayah yang baik kepada anak tirinya.

2. Pilih kasih antara anak kandung dan anak tiri

Kedua, ciri-ciri ayah tiri yang tidak baik adalah ketika ia pilih kasih pada anak-anaknya. Memang, merasa bukan darah daging sendiri menjadi
penyebab orang tua pilih kasih terhadap anaknya. Tidak memberikan kasih sayang yang sama antara anak kandung dan anak tiri. Mengabaikan perasaan dan segala yang berhubungan dengan anak tiri dan selalu mendahulukan segala sesuatu yang berhubungan dengan anak kandungnya.

3. Tidak memberikan contoh prilaku yang baik

Ciri yang ketika adalah dimana seorang ayah tiri tidak memberikan ontoh prilaku yang baik pada anaknya. Seperti berkata kotor dan bertindak kasar di depan anaknya. Tidak menuntun dan mendidik anak ke jalan yang benar namun malah membiarkan anak terjerumus ke jalan yang salah meski ia mengetahuinya

4. Memperlakukan anak dengan keras dan kasar

Hal terburuk yang menjadi ciri ayah tiri yang tidak baik adalah ketika ia memperlakukan anaknya dengan keras dan kasar. Memarahi anaknya dengan penuh emosi dan tidak mendidik anak dengan tidak sepatutnya.

Dimana ia merasa tidak bertanggung jawab kepada anak tirinya lantaran ia bukanlah orangtua kandung si anak. Ingatlah bahwa bahaya menampar anak bisa berdampak buruk. Salah satunya anak bisa jadi dendam kepada orangtuanya, terlebih jika itu dilakukan oleh orangtua tiri.

Ketahuilah, cara mendidik anak nakal bukan dengan kekerasan, tapi dirangkul, didik dan diarahkan dengan kasih sayang. Penyebab anak melawan orang tuanya dan nakal bisa dikarenakan kekurangan kasih sayang dan perhatian orangtua.

5. Tidak menyayangi anak tirinya dengan tulus

Berpura-pura sayang dan baik pada anak tiri hanya karena mencintai dan menginginkan ibunya juga merupakan ciri-ciri ayah tiri yang tidak baik. Dimana ia hanya berlaku baik pada anak di depan ibunya saja, namun bersikap tak acuh dan tak peduli dibelakang dan bahkan cenderung berlaku sinis pada anak yang membuat anak menjadi ketakutan dan merasa tidak nyaman.


6. Tidak mendidik anak dengan baik

Seorang ayah juga berperan dalam mendidik anak. Namun ayah yang tidak baik tidak peduli dengan pendidikan anak-anaknya, tidak ikut mendorong dan memotivasi anak baik dalam pendidikan maupun pengembangan diri. Meski bukan darah daging sendiri, seharusnya sebagai orang tua ia bisa menuntun dan mengarahkan anak pada kebaikan. Meski tidak tahu cara mendidik anak korban perceraian yang harus menerima kehadiran orangtua baru, setidaknya cobalah yang terbaik untuk merangkulnya lantaran jiwanya yang masih saja terguncang.

7. Tidak mendukung keinginan anak

Orangtua pasti ingin selalu berdiri di belakang anak-anaknya dan mendorong mereka untuk bisa maju. Berharap kesuksesan datang pada anak-anaknya sehingga doa dan motivasi selalu diberikan. Tapi tidak juga pada yang tiri yang tidak baik. Ia tidak akan bersemangat dalam memotivasi anak dan cenderung tidak memiliki ketertarikan pada segala hal yang berkaitan dengan si anak.

Itulah 7 ciri-ciri ayah tiri yang tidak baik bagi anak. Simak juga cara menghadapi ibu tiri yang licik dan cara mengetahui orang tua kandung atau bukan bagi anak serta cara menghadapi anak tiri bagi Anda yang belum bisa diterima kehadirannya oleh anak dari pasangan Anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Orang Tua