Inilah 8 Tanggung Jawab Ayah Tiri dalam Islam

Hubungan antara anak dan ayah tiri tidak dapat dielakkan jika memutuskan menikah dengan seorang janda yang telah memiliki anak. Hanya saja terkadang masih ada pembatas tak kasat mata dalam hubungan ayah tiri dengan anak tirinya. Dikarenakan bukan hubungan pertalian darah, sehingga sang anak atau pun ayah tiri tidak merasakan hubungan ayah dan anak selayaknya hubungan kandung. Juga timbul pertanyaan, apakah tanggung jawab ayah tiri dalam islam? Untuk mengetahuinya, simak jawaban berikut ini.

ads

1. Berlaku baik pada anak

Meski bukanlah seorang ayah kandung, seorang laki-laki berkewajiban berbuat dan berlaku baik kepada anak tirinya sebagai bentuk dari perbuatan baiknya kepada istrinya, ibu dari anak tirinya ini. Menikahi seorang janda dengan anak, itu artinya ia juga siap dan wajib menjadi ayah yang baik untuk anaknya. Yang mana dalam islam jika seorang laki-laki menikahi dan menggauli seorang perempuan, maka anak dari perempuan tersebut juga mahram baginya.

2. Ikut menafkahi, jika ayah kandungnya sudah tiada

Jika ayah kandung dari anak tiri itu masih ada negara yang bertanggung jawab atas nafkah dan segala kebutuhan anak adalah ayah kandungnya sendiri. Namun jika ayah kandung si anak sudah tiada, maka yang mengambil alih tanggung jawab itu adalah saudara dari ayah kandung si anak tersebut, juga ibu kandungnya. Namun akan menjadi perbuatan yang sangat mulia jika seorang ayah tiri juga ikut serta dalam menafkahi dan mencukupi kebutuhan anak tirinya.

3. Mendidik kepada yang baik

Setelah sepasang suami istri bercerai, ada umumnya hak pengasuhan anak jatuh pada ibunya dan sementara itu tanggung menafkahi ada pada ayah si anak. Tanggung jawab itu tidak akan terputus. Meskipun begitu, jika sang anak ikut ibunya yang pada akhirnya menikah lagi, maka jika si anak berlaku tidak baik, maka ayah tiri pun juga berkewajiban untuk mendidik anak pada kebaikan. Cara mendidik anak nakal bagi ayah tiri tentu sama saja dengan cara mendidik anak kandung sendiri.

4. Memberikan perlindungan

Tanggung jawab ayah tiri dalam islam kepada anak tirinya juga termasuk dalam hal memberikan perlindungan. Selayaknya melindungi ibunya, maka sang anak pun juga berhak mendapatkan perlindungan dari ayah tirinya. Setidaknya, seorang ayah tiri bisa memberikan perlindungan berupa rasa aman dan nyaman pada anak tirinya.

5. Menjadi teladan yang baik bagi anak tirinya

Berikutnya, tanggung jawab ayah tiri dalam islam adalah ia pun juga harus menjadi teladan yang baik bagi anak tirinya. Menjalani peran sebagai seorang ayah, maka ia pun harus menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya, termasuk anak tirinya. Dan tidak seharusnya seorang laki-laki yang berstatus sebagai ayah tiri memberikan contoh sikap dan perilaku buruk kepada anak tirinya.

6. Memberikan kasih sayang seorang ayah

Seorang ayah tiri juga berkewajiban untuk memberikan kasih sayang seorang ayah kepada anak tirinya, terlebih jika anak tirinya adalah seorang anak yatim yang ayah kandungnya sudah tiada. Dan jika seorang ayah tiri juga memiliki anak kandung, maka hendaknya bisa memberikan perhatian dan kasih sayang yang sama kepada anak-anaknya. Dan yang banyak terjadi dalam kehidupan, penyebab orang tua pilih kasih terhadap anaknya dikarenakan si anak bukan darah dagingnya.


7. Menjadi motivator bagi anak tirinya

Jangan lantaran karena berstatus sebagai ayah tiri, maka seorang laki-laki bisa lepas tangan begitu saja terhadap hidup anak tirinya. Setidaknya berlakulah sebagai motivator dalam hidup si anak agar bisa meraih masa depan cerah yang ia inginkan. Ikutlah berdiri bersama ibunya dalam memberikan support disetiap langkah dan cita-cita si anak.

Meski bukan darah daging sendiri, jika seorang ayah tiri berlaku baik, maka anak tiri pun juga akan membalas sikap baik ayah tirinya sendiri. Tak jarang pula, seorang anak tiri menghormati dan menyayangi ayah tirinya selayaknya ayah kandungnya sendiri jika si ayah melakukan hal yang sama.

8. Memberikan pendidikan agama pada anak tiri

Selain yang telah disebutkan di atas, ayah tiri juga bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan agama kepada anak tiri. Menyuruh anak untuk selalu taat beribadah dan mengamalkan perbuatan baik sesuai ajaran agama.

Ciri-ciri ayah tiri yang tidak baik justru akan mengabaikan anak tirinya dan juga menunjukkan sikap tidak peduli, tidak mau tahu dan tidak mengambil peran sebagai ayah yang baik.

Itulah 8 tanggung jawab ayah tiri dalam islam. Ketahui pula penyebab anak melawan orang tuanya dan cara mendidik anak korban perceraian serta
cara menghadapi anak tiri yang sulit didekati.

,
Oleh :
Kategori : Orang Tua