Inilah 5 Alasan Memilih Pekerjaan Sebagai Administrasi Masih Diminati

Dunia pekerjaan memang masih dirasakan berat oleh sebagian pelamar. Persaingan yang semakin banyak dan ditambah lapangan pekerjaan yang sedikit sering dikeluhkan oleh calon pelamar tersebut. Itupun belum ditambah dengan skill calon pelamaran yang selalu tidak memenuhi kualifikasi perusahaan yang dituju

ads

Jika menyangkut posisi yang dilamar, ada sesuatu yang cukup unik. Di dalam setiap lamaran pekerjaan, sering kita melihat posisi administrasi masih tetap dibutuhkan. Bahkan, tidak jarang kita melihat saat diadakan acara Job Fair, posisi administrasi banyak diminati oleh sebagian pelamar. Mungkin kita pasti bertanya-tanya mengapa hal seperti itu bisa terjadi? Berikut alasan memilih pekerjaan sebagai administrasi masih diminati.

1. Pekerjaan administrasi masih menjadi idaman sebagian pelamar

Sebagian pelamar masih menganggap bahwa posisi pekerjaan sebagai administrasi masih mempunyai nilai gengsi tersendiri. Apalagi untuk pelamar yang memiliki tingkat pendidikan yang biasa saja. Namun, hal tersebut tidak menjadi masalah yang besar jika memang sang pelamar memiliki semagat untuk bekerja di posisi tersebut.

2. Persyaratan untuk menjadi admin tidak terlalu rumit

Persyaratan untuk posisi ini juga menjadi salah satu faktor kenapa masih terus diminati sampai sekarang. Cobalah kamu lihat di sebuah lowongan iklan kerja, persyaratan untuk menjadi seorang admin kebanyakan adalah pendidikan miminal SMA atau SMK, mampu mengoperasikan komputer, mengerti sistem manajemen yang baik dan biasanya maksimal di umur 35 tahun.

Dari contoh lowongan kerja tersebut bisa disimpulkan bahwa pekerjaan sebagai admin memang persyaratannya sangat umum. Coba bandingkan dengan posisi keuangan misalnya, pada umumnya persyaratan untuk posisi keuangan adalah mampu menghitung dengan cepat, mengerti dalam membuat jurnal keuangan, dan bahkan bisa menguasai aplikasi yang berhubungan dengan keuangan.

Ambil contoh lain yaitu staf Informasi dan teknologi atau biasa disingkat IT. Untuk posisi yang satu ini memang tidak sembarangan dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa lolos minimal dari segi persyaratan Contohnya, minimal harus lulusan dari Perguruan tinggi berserta jurusan yang terkait, menguasai bahasa pemrograman, mengerti seluk beluk komputer, dan lain-lain. Dari hal tersebut bisa terlihat kalau posisi administrasi tidak menuntut persyaratan yang rumit.

3. Skill yang dibutuhkan tidak terlalu spesifik

Seperti yang sudah disinggung pada poin sebelumnya kalau skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang administrator memang tidak terlalu spesifik. Kalaupun ada beberapa perusahaan yang mengharuskan menguasai skill tertentu, namun hanya beberapa perusahaan saja. Contoh paling umum adalah mengoperasikan komputer. Untuk zaman sekarang, hampir setiap orang sudah mengerti bagaimana cara mengoperasikan komputer.


Begitu juga dengan persyaratan berikutnya yaitu mampu mengetahui sistem maanajemen di dalam administrasi. hal tersebut sebenarnya bisa dipelajari sambil bekerja dengan catatan orang tersebut mau belajar mengenai hal-hal baru.

4. Kerjanya lebih banyak di dalam kantor

Salah satu alasan administrasi masih diburu oleh calon pelamar adalah suasana kerja yang lebih banyak di dalam kantor. Berbeda dengan posisi pekerjaan lain misalnya marketing. Posisi marketing pasti akan dituntut lebih banyak diluar kantor untuk mendapatkan klien. Maka dari itu, untuk orang-orang yang tidak menyukai pekerjaan lapangan, akan lebih memilih sebagai administrasi. Bahkan ada juga yang menganggap pekerjaan administrasi itu enak karena hanya duduk di depan komputer dan mengurusi berkas saja. Padahal kenyataannya tidak selalu seperti itu. Beberapa perusahaan juga menugaskan staf administrasi harus pergi ke lapangan untuk menyelesaikan pekerjaan.

5. Tidak terlalu banyak tuntutan

Ini juga menjadi alasan yang sering diinginkan oleh sebagian pelamar. Pekerjaan sebagai administrasi selalu dianggap tidak terlalu banyak tuntutan. Bahkan bisa pulang tepat waktu ketimbang posisi yang lain. Ambil contoh posisi marketing. Meskipun secara waktu mereka fleksibel, akan tetapi ada target yang harus diselesaikan jika ingin upahnya dapat dibayar.

Begitu juga dengan posisi IT ataupun keuangan yang selalu dituntut harus selesaikan target dengan tepat waktu. Dari pengalaman-pengalaman seperti itu menjadi faktor penyebab malas kerja selain di bagian administrasi. Padahal tidak semua staf administrasi seperti itu. Jika berkaca pada staf administrasi di pegawai negeri mungkin bisa saja seperti itu, akan tetapi untuk staf administrasi di perusahaan  swasta tetap saja dia harus menyelesaikan target dengan tepat waktu.

Itulah alasan memilih pekerjaan sebagai administrasi masih diminati. Sekarang kamu sudah mengetahui apa saja alasan – alasan banyak calon pelamar sangat menginginkan posisi sebagai staf administrasi. Perlu untuk diketahui bahwa setiap pekerjaan itu tidak ada yang benar-benar enak. Semua pekerjaan memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Maka dari itu, kunci agar dapat bekerja dengan baik adalah bagaimana cara menumbuhkan rasa tanggung jawab yang besar, cara menjadi orang sabar dan ikhlas, cara memotivasi diri dan dapat mengerjakan sesuatu dengan sepenuh hati. Semoga artikel ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat untuk kamu semua.

, , , ,