11 Cara Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Diri Sendiri

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita harus memiliki rasa tanggung jawab baik untuk diri kita sendiri maupun hidup bermasyarakat. Rasa tanggung jawab juga harus dimiliki dalam menjalani berbagai bidang kehidupan yang kita lalui agar semua bisa berjalan dengan baik. Bisa menjadi orang yang bertanggung jawab dalam segala hal akan membuat diri kita menjadi lebih berkualitas dan menjalani hidup dengan lebih baik.

ads

Rasa tanggung jawab juga erat kaitannya dengan kewajiban yang harus dijalani. Orang yang memiliki rasa tanggung jawab akan tahu pasti apa kewajibannya dalam hidup. Salah satu cara menjadi pribadi yang baik bisa dimulai dari menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam diri sendiri. Namun bagaimana cara menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam diri sendiri? Mari simak beberapa cara berikut ini.

  1. Kenali siapa diri kamu.

Untuk menyadari tanggung jawab yang harus kamu penuhi kamu harus menyadari dan mengenali diri kamu sendiri saat ini. Orang yang tidak bertanggung jawab biasanya tidak sadar dengan siapa dirinya dan hanya terlena dengan kesenangannya saja.

  1. Ketahui apa tujuan hidup kamu.

Agar kamu bisa lebih bertanggung jawab dalam hidup tetapkanlah tujuan hidup kamu di dunia ini. Dengan begitu akan timbul semangat dari dalam diri untuk mencapai tujuan tersebut yang tentunya harus dijalani dengan penuh tanggung jawab di setiap langkah yang di ambil. Ketahui juga makna tujuan hidup menurut Islam.

  1. Niatkan dari hati dan berkomitmen untuk jalani kehidupan saat ini dengan baik.

Kamu harus menumbuhkan niat untuk bisa menjalani kehidupan saat ini dengan baik dan berkomitmen untuk itu agar rasa tanggung jawab pun bisa tumbuh dalam diri. Niat yang baik akan memberikan dorongan yang positif untuk diri kamu.

  1. Apapun statusmu saat ini, jalani kewajibanmu dengan baik.

Setiap orang memiliki tanggung jawabnya dalam banyak bidang kehidupan. Jalani kewajiban kamu dengan baik dan penuh tanggung jawab agar semua berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Seperti kewajiban anak di rumah, kewajiban ayah terhadap anak, kewajiban laki-laki setelah menikah, kewajiban wanita setelah menikah, kewajiban dalam hal pekerjaan dan kewajiban-kewajiban lainnya yang harus dijalani dengan penuh rasa tanggung jawab.

  1. Tumbuhkan semangat untuk mengejar suksesmu untuk hidup lebih baik.

Dengan semangat yang keluar dari dalam diri untuk ingin bisa sukses dalam hidup akan mendorong kamu untuk lebih bertanggung jawab dalam menyelesaikan setiap pekerjaan dan dalam mengambil setiap langkah yang harus diperhitungkan agar tidak salah langkah.

  1. Mulailah untuk bertanggung jawab pada diri sendiri lebih dulu.

Kamu bisa mulai menumbuhkan rasa tanggung jawab dari sendiri dengan memberikan yang terbaik untuk diri sendiri. Setidaknya kamu bisa bertanggung jawab untuk membawa diri kamu menjadi lebih baik lagi dan bisa berjalan dijalan yang benar.

  1. Penuhi tanggung jawab dari hal-hal kecil.

Membiasakan diri untuk lebih bertanggung jawab bisa juga dimulai dari hal-hal kecil dalam kehidupan. Seperti memenuhi tanggung jawab sebagai anak, yakni belajar dengan baik dan berbakti kepada orang tua atau bertanggung jawab untuk pekerjaan yang tengah kamu jalani. Memiliki sifat tanggung jawab menjadi salah satu cara agar disukai banyak orang dalam lingkungan.


  1. Sadarilah bahwa setiap manusia memiliki tanggung jawabnya masing-masing.

Setip orang memiliki tanggung jawab dan kamu harus sadar akan hal itu. Dengan menyadarinya juga akan timbul keingingan dari dalam diri untuk bisa menjadi bertanggung jawab dalam kehidupan kamu.

  1. Bayangkan apa jadinya jika manusia hidup tanpa menyadari tanggung jawabnya.

Kamu bisa membayangkan jika manusia tidak menjalankan tanggung jawabnya dengan baik? Maka manusia akan hidup berantakan dan hanya akan mementingkan diri sendiri. Dan bagaimana rasanya jika kamu melihat orang tua yang menelantarkan anaknya?Tentu kamu tidak ingin menjadi bagian dari mereka yang tidak bertanggung jawab bukan?

  1. Ketahuilah, bahwa dengan menjadi pribadi yang bertanggung jawab kamu akan mendapatkan kemudahan dalam hidup.

Dengan memilih dan berniat untuk menjadi orang yang bertanggung jawab hidup kamu akan menjadi lebih mudah dan lapang. Kehidupan kamu akan berjalan lancar karena kamu menyelesaikan setiap tanggung jawab kamu dengan baik. Oleh karena itu bertanggung jawablah atas pekerjaan kamu sendiri.

  1. Jika kamu menginginkan hak, bertanggung jawablah dalam menjalani kewajibanmu.

Jangan hanya menginginkan hak saja tanpa memenuhi kewajiban kamu. Kamu harus bertanggung jawab dengan baik untuk memenuhi kewajiban kamu sebelum mendapatkan hak. Oleh karena itu jadilah manusia yang bertanggung jawab atas segala hal yang menjadi kewajibanmu agar hidup kamu berjalan dengan baik dan seimbang.

Demikianlah cara menumbuhkan rasa tanggung jawab dari dalam diri sendiri untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi dari sekarang.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan