11 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri Yang Harus Diketahui

Bagaimana cara berdamai dengan diri sendiri? Mungkin sebagian dari kita merasa bingung dengan apa yang di maksudkan kalimat itu, karena kita tidak merasa bertengkar dengan diri sendiri atau sedang bermusuhan dengan diri sendiri. Namun yang dimaksudkan berdamai dengan diri sendiri adalah suatu keadaan dimana kita harus menerima kenyatan dan realita yang sedang kita jalani dan hadapi selama ini di dalam kehidupan kita.

ads

Selama menjalani kehidupan ini tentu kita pernah mengalami kegagalan atau sesuatu yang tak sesuai dengan keinginan dan harapan kita, dan tanpa kita sadari kita sadari, kita selalu menyalahkan diri sendiri atas apa yang telah terjadi sehingga kita melakukan hal-hal yang menyakiti diri sendiri.

Hal ini juga berlaku untuk perang batin atau konflik batin, yang mana pikiran dan hati kita tak bisa menyatu serta perasaan dan logika tidak bisa sinkron. Seperti dalam menyelesaikan masalah, sering kita mengalami hal ini, dimana logika dan pikiran kita merasa A adalah jalan yang baik, sementara hati dan perasaan kita mengatakan tidak karena adanya sesuatu yang terasa berat dihati atau merasa tidak ikhlas.

Setelah gambaran diatas, sekarang waktunya kita berdamai dengan diri sendiri, meskipun tidak mudah namun kita bisa menjalankannya dengan beberapa langkah berikut.

  1. Memiliki Kemauan yang kuat.

Untuk bisa mencapai suatu tujuan kita harus memiliki tekad dan kemauan yang kuat. Begitu juga dengan berdamai dengan diri sendiri, kita harus memiliki kemauan yang kuat untuk bangkit dan berubah menjadi lebih baik.

  1. Harus ikhlas menerima kenyataan.

Kita harus tau cara membuat hati ikhlas dalam menghadapi kenyataan dan menerima segala sesuatu yang tak sesuai dengan harapan kita. Meski untuk mengikhlaskan sesuatu itu berat, kita harus bisa mencoba untuk ikhlas. Karena tanpa keikhlasan kita tak kan pernah bisa berdamai dengan diri sendiri.

  1. Sayangi diri sendiri.

Orang yang tidak bisa menerima kenyataan dan takdir hidup kerap kali menyakiti dirinya sendiri dengan berbagai cara sebagai ungkapan kekecewaannya. Lihatlah ke cermin dan sadari yang sedang berdiri itu adalah kita, yang selama ini terabaikan karena kita sibuk menyalahkannya. Cobalah untuk menyayangi diri kita sendiri, dengan begitu kita akan membuat diri kita sendiri untuk menjadi lebih baik.

  1. Jangan menyalahkan diri atas sebuah penyesalan.

Penyesalan selalu datang belakangan dan tidak akan pernah mengembalikan keadaan seperti semula. Tapi jangan meratapi penyesalan yang tak ada gunanya dan hanya akan menambah derita hati. Buang jauh penyesalan itu dan bawalah diri kita ke arah yang lebih baik.

  1. Buang jauh pikiran negatif.

Selalu berpikiran negatif akan membuat diri kita terbawa aura negatif yang sangat tidak baik untuk kehidupan kita. Hal-hal negatif akan membuat kita selalu berpikiran yang buruk yang membuat hidup kita jauh dari kata bahagia.


  1. Selalu berpikiran positif.

Apa pun yang terjadi di dalam kehidupan kita, cobalah untuk menilainya dari sisi yang positif. Sesuatu yang tidak dapat kita gapai saat ini, mungkin tak kan baik untuk kita di kemudian hari. Dengan berpikiran demikian kita bisa lebih menerima kenyataan dan ikhlas.

  1. Renungi apa yang telah kita lakukan.

Apa yang telah terjadi pada diri kita? Apa saja yang telah kita lakukan pada diri kita? Pernahkah kita membuat diri kita bahagia? Jawaban dari semua pertanyaan itu akan membuat kita sadar jika kita telah berlaku jahat pada diri sendiri. Renungkan semua kesalahan – kesalahan yang telah membuat diri kita tersakiti tanpa disadari. Dengan begitu kita akan lebih bisa untuk menyayangi diri kita.

  1. Sabar dalam menghadapi kemauan sendiri.

Terkadang kita memiliki keinginan yang tak kunjung terpenuhi, sehingga kita begitu memaksakan diri kita sendiri untuk menuruti kehendak yang belum tentu mampu kita raih. Bersabarlah untuk menjalankannya, nikmati prosesnya walaupun berlahan. Untuk itu kita juga harus tau cara menghadapi masalah dengan sabar.


  1. Sadarkan diri kita untuk menjadi lebih baik.

Kadang kita lupa dengan apa yang telah kita lakukan, lewati dan jalani di dalam hidup, terkadang kita tanpa sadar berada di jalan yang salah dan terlena olehnya, dan di dukung faktor lingkungan yang juga memberi pengaruh buruk. Segara sadarkan diri kita bahwa ini adalah jalan yang salah, segera lawan semua kebiasaan buruk kita yang terasa itu.

  1. Perbanyak ilmu yang bermanfaat.

Ilmu yang bermanfaat tidak akan membawa kita ke jalan yang salah, untuk itu banyaklah menimba ilmu yang bisa di dapat dari buku, media digital, dan lingkungan masyarakat.

  1. Bergaul dengan lingkungan yang positif.

Lupakan semua pergaulan yang akan membawa kita ke jalan yang tidak benar, karna hal itu juga akan mempengaruhi diri kita untuk bisa kembali ke jalan yang salah. Carilah pergaulan yang lebih membawa manfaat yang baik dan positif untuk kita.

Itulah beberapa cara berdamai dengan diri sendiri yang bisa membantu kita untuk melawan diri kita sendiri, membawa diri kita untuk menjadi lebih baik. Agar kita bisa berdamai terus dengan diri sendiri kita juga harus mengetahui cara menghadapi masalah hidup dengan benar.

,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan