7 Cara Mengatasi Malas Belajar pada Diri Sendiri Paling Jitu

Belajar merupakan suatu proses untuk mendapatkan ilmu baru yang belum diketahui sebelumnya. Belajar juga merupakan langkah awal dan cara menjadi orang sukses dan pintar. Memang terkadang ada rasa jenuh dan bosan jika belajar terus-terusan. Bosan dan jenuh menjadi pertanda bahwa tubuh dan pikiran kita juga butuh relaksasi. Untuk mengatasi itu cukup dengan mengikuti berbagai tips menghilangkan rasa bosan dalam belajar seperti meluangkan sedikit waktu untuk suatu aktivitas yang dilakukan ketika bosan dan jenuh melanda.

ads

Meskipun belajar akan membuat kita menjadi pintar terkadang kita masih saja malas untuk belajar. Penyebab rasa malas belajar ini bisa datang karena banyak faktor, seperti :

  • Kecanduan bermain game.
  • Rasa malas yang memang datang dari dalam diri.
  • Terlalu lelah karena banyaknya kegiatan atau bermain.
  • Tidak memiliki motivasi untuk belajar dan berilmu pengetahuan.
  • Banyak masalah dan tekanan.

Dan berbagai faktor penyebab lainnya yang bisa membuat seseorang menjadi malas untuk belajar. Hal ini perlu di atasi agar tidak lagi malas dalam belajar agar tidak menjadi orang yang minim ilmu pengetahuan. Berikut cara mengatasi malas belajar pada diri sendiri.

  1. Tumbuhkan semangat belajar.

Pertama, kita harus menumbuhkan semangat belajar untuk membunuh rasa malas dari dalam diri. Berbicaralah pada diri sendiri untuk membangkitkan semangat kita. Ucapkan kata-kata yang akan bisa membangkitkan semangat kita untuk belajar seperti “Aku harus menjadi orang yang pintar”, “Aku harus berubah dan mendapat nilai baik”, “Aku harus belajar dengan baik agar pintar dan bisa membahagiakan orang tua”. Dengan begitu akan timbul semangat baru dari dalam diri kita untuk belajar.

  1. Harus ada kesadaran diri untuk menjadi lebih baik.

Kedua, lawan rasa malas belajar dengan kesadaran diri sendiri. Kalau kita malas belajar mau jadi apa nanti? Akan seperti apa masa depan kelak? Sementara belajar merupakan bekal yang akan kita bawa untuk menyongsong hari esok. Sadarkan diri dengan pola pikir yang lebih dewasa agar kita sadar benar bahwa kita harus belajar. Tanpa kesadaran dari dalam diri sendiri akan sulit bagi kita untuk merubah diri menjadi lebih baik. Bahkan seberapa banyak pun nasehat dan saran yang diberikan orang lain kepada kita, jika kita tidak memiliki kesadaran diri usaha orang-orang tersebut untuk memotivasi dan menyadarkan kita hanya sia-sia.

  1. Hilangkan malas dengan memotivasi diri sendiri.

Ketiga, tips mengatasi rasa malas yang berlebihan dalam belajar bisa diatasi dengan cara memotivasi diri sendiri. Bagaimana cara memotivasi diri sendiri? Bisa dengan memiliki mimpi dan cita-cita sehingga kita memiliki keinginan untuk mewujudkannya, menetapkan masa depan seperti apa yang kita inginkan, atau dengan menetapkan suatu tujuan untuk kehidupanmu.


  1. Datangkan keinginan untuk menjadi juara.

Memang tidak semua orang memiliki tekad untuk menjadi juara. Ada orang yang memilih untuk biasa-biasa saja, ada yang tidak peduli dengan prestasinya dan ada orang yang ingin untuk menjadi juara. Dan orang yang kebanyakan malas biasanya tidak ada keinginan untuk maju. Maka dari itu cobalah untuk berkeinginan menjadi orang yang berprestasi dan mendapat juara. Apa kita tidak ingin mencoba bagaimana berada di posisi mereka yang berprestasi dan membuat bangga semua orang terutama orang tua?

  1. Hidup lebih disiplin dan bisa mengatur waktu.

Kita harus disiplin dalam hidup. Jika kita disiplin kehidupan kita akan lebih teratur yang bisa membuat kita memiliki cukup waktu untuk belajar dan istirahat sehingga rasa malas untuk belajar tidak datang. Atur waktu untuk belajar, bermain, istirahat dan melakukan kegiatan lain dan jalanilah dengan disiplin.

  1. Membuat kelompok belajar.

Cara lain untuk menghilangkan rasa malas dalam belajar adalah dengan membuat kelompok belajar. Tapi kelompok belajar yang benar-benar untuk belajar ya, jangan sampai kelompok belajarnya malah menjadi fokus untuk ngerumpi dan membahas hal lain di luar jam pelajaran. Kalau sudah begini lebih baik belajar sendiri saja.

  1. Iri dengan kepintaran orang lain.

Sifat iri memang tidak baik untuk di pelihara namun tidak ada salahnya jika rasa iri itu bisa memacu semangat belajar kita. Seperti iri melihat teman yang lebih pintar atau iri melihat kesuksesan orang lain sehingga memuat diri kita terpacu juga untuk menjadi sukses dengan lebih giat dalam belajar. Jadi buatlah rasa iri itu menjadi sesuatu yang positif untuk diri kita.

Itulah 7 cara mengatasi malas belajar pada diri sendiri. Jadikanlah belajar suatu kegiatan yang menyenangkan serta kurangi aktivitas yang membuat waktu belajar kamu menjadi terganggu. Ingatlah kehidupan itu tidak semudah yang kamu bayangkan dan dengan belajar kamu akan banyak tahu cara menghadapi masalah hidup di masa yang akan datang.

 

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan