7 Cara Mengatasi Sifat Cuek Pacar dan Pasangan

Sifat cuek adalah sebuah sifat yang dinilai kurang baik dan tidak terpuji di dalam diri seseorang, karena sifat cuek akan membuat seseorang bagaikan hidup dalam dunianya sendiri. Orang yang bersifat cuek sering kali mengabaikan keadaan sekitarnya, entah itu ada orang yang sedang kesusahan atau ada orang yang sedang membutuhkan pertolongan. Bahkan orang cuek cenderung bersifat egois yang mementingkan diri sendiri dari pada orang lain.

ads

Tak hanya itu, orang yang memiliki sikap cuek juga sering kali mengabaikan dirinya sendiri, seperti mengabaikan penampilannya, tak peduli dengan pandangan orang lain melihatnya, ia akan tetap PD dengan apa yang dikenakannya. Dan orang cuek biasanya juga menyebalkan karena ia tak peduli dengan perasaan orang lain dan sering berbuat seenaknya, maka sebaiknya kita tahu cara menghadapi orang cuek.

Lalu bagaimana dengan diri kita sendiri? Apakah kita termasuk pada kategori orang yang bersifat cuek dan acuh tak acuh? Jika memang ia, lebih baik kita segera mengubah sifat kita yang cuek itu untuk lebih peka dan bisa lebih peduli dengan lingkungan sekitar bahkan dengan diri kita sendiri. Baca tips berikut agar kita bisa tahu cara merubah sifat cuek yang sedang bersarang dalam diri kita.

  1. Mulailah untuk melihat keadaan sekitar kita.

Dengan melihat dan mendengar apa yang sedang terjadi di lingkungan sekitar kita akan membuat mata dan hati kita lebih terbuka dan bisa menyadarkan diri kita dari sifat yang tidak pernah peduli dengan apapun di sekitar kita.

  1. Belajar untuk lebih peduli dengan apa yang sedang terjadi.

Mulailah ajarkan diri kita untuk mau lebih bisa merasakan apa yang sedang terjadi di hadapan kita. Jika ada orang yang sedang kesusahan doronglah diri kita untuk mengulurkan tangan dan membantunya. Dengan membiasakan diri untuk mau membantu orang lain akan membuat kita bisa menghilangkan sifat cuek itu.

  1. Lebih peka terhadap apa yang sedang dirasakan orang lain.

Setidaknya rasakan apa yang sedang dialami dan dirasakan orang lain, jika ada orang lain yang sedang sedih dan tersinggung akibat perkataan dan perbuatan seseorang, cobalah kita pahami perasaannya. Ini akan membantu kita untuk lebih bisa merasakan simpati kita pada orang lain. Kalau kita sudah bisa bersikap empati pada orang lain, itu tandanya kita telah bisa mengatasi sifat cuek yang kita miliki.

  1. Perbanyak mengikuti kegiatan sosial.

Bergabunglah dengan teman-teman yang rajun mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, seperti ikut dalam menolong masyarakat yang sedang dilanda musibah, ikut memberi makan, berbagi dan menghibur anak yatim di panti asuhan atau kegiatan sosial lainnya. Karena dengan ikut dalam kegiatan ini merupakan salah satu cara merubah diri menjadi lebih baik.

  1. Rasakan juga apa yang dirasakan orang lain.

Jika orang lain lagi susah dan kepayahan jangan ditertawakan atau malah senang. Tapi ikutlah merasa sedih atas apa yang menimpanya dan bayangkan jika kita yang sedang berada diposisi itu. Kalau ada orang yang sedang bahagia ikutlah berbahagia atas apa yang di dapatkannya. Itu akan membuat perasaan kita lebih halus dan dapat menimbulkan rasa peduli dengan lingkungan sekitar.


  1. Bayangkan jika kita berada diposisi orang yang tidak kita pedulikan.

Banyangkan kalau kita lagi susah, sedih atau bahagia, tapi orang disekitar kita hanya cuek ddan tidak mau tahu dengan apa yang sedang kita rasakan. Sehingga kita merasa sendiri dan tidak dipedulikan orang lain. Tidak enak bukan, begitu juga sebaliknya. Maka dari itu jangan lagi bersikap cuek terhadap apa pun dan siapa pun. 


  1. Ingatkan diri kita bahwa tak selamanya kita akan baik-baik saja.

Jika kita tidak mau peduli dengan orang lain, lalu bagaimana dengan kita nantinya? Bagaimana jika kita sedang membutuhkan orang lain tapi tidak ada yang mau peduli dengan kita? Ingatlah bahwa tidak selamanya kita mampu hidup mandiri tanpa bantuan orang lain. Cepat atau lambat kita juga akan membutuhkan bantuan orang lain. Untuk itu jangan simpan sifat cuek itu dalam diri jika nantinya kita juga tidak mau dicuekkan orang lain.

Sifat cuek tidak akan membawa manfaat untuk diri kita, malah kita bisa di pandang sombong, egois dan arogan dimata orang lain karena tidak mau peduli dengan lingkungan sekitar. Tentunya kita tidak ingin di cap yang tidak baik oleh orang lain bukan, maka dari itu buanglah sifat cuek dengan cara menjadi pribadi yang baik.

Itu lah beberapa penjelasan cara menghilangkan sifat cuek yang ada dalam diri kita. Mulailah untuk membuka diri dan mau membantu dan merasakan apa yang dirasakan orang lain. Dengan begitu orang sekitar kita dan teman-teman kita pun juga akan senang berada di dekat kita karena kita selalu peduli dan mau mendengarkan mereka.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan