Sponsors Link

11 Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua Menurut Islam

Sponsors Link

Sebagai anak, kita patut bersyukur jika telah diberkahi kehidupan yang aman dan tentram serta serba berkecukupan. Seorang anak akan selalu dilindungi dan dijaga oleh orang tuanya bagaimanapun caranya, karena anak adalah buah hati orang tua dan tumpuan harapan mereka. Sejak kecil, anak dirawat dan dididik oleh orang tua untuk menjadi orang yang bisa berkelakuan baik dan bisa menjaga diri sendiri serta tahu cara menghargai orang lain.

Tidak ada yang bisa menandingi kasih orang tua yang tulus kepada anaknya. Yang bisa dilakukan seorang anak untuk membalas budi kepada orang tua hanyalah menunjukkan bakti sebagai seorang anak. Bisa jadi, penyebab orang tua pilih kasih terhadap anaknya adalah karena setelah dewasa, ada salah satu anaknya yang terasa lebih tulus dalam berbakti daripada yang lain.

Keutamaan Berbakti

Berbakti kepada orang tua merupakan cara anak untuk menunjukkan bahwa mereka menaruh penghargaan yang tinggi kepada orang tuanya. Macam – macam cara bisa dilakukan untuk menunjukkan rasa bakti kepada orang tua. Sebagai seorang muslim, ada beberapa keutamaan dari berbakti kepada orang tua:

1. Menunjukkan bakti kepada orang tua adalah amalan yang paling utama

Dengan kata lain, sebelum melakukan amalan yang lainnya kita perlu melakukan hal yang menunjukkan bakti terhadap orang tua lebih dulu. Berbakti kepada orang tua adalah cara membahagiakan orang tua karena mereka tahu kita tetap mempedulikan dan menghormati mereka.

2. Ridho dari Allah akan didapat jika orang tua pun memberikan ridhonya.

Ketika mengerjakan segala sesuatu, hendaknya kita meminta ridho orang tua agar semuanya berjalan lancar. Ridho yang diberikan orang tua berarti Allah SWT juga akan meridhoi apapun hal baik yang kita kerjakan. Cara mengetahui apakah orang tua memberikan ridhonya adalah dengan memintanya secara langsung untuk apapun yang sedang kita usahakan atau cita – citakan. Misalnya jika orang tua tidak memberikan restu kepada pasangan hidup yang kita pilih, pastilah ada penyebab hubungan tidak direstui orang tua. Karena itu kita harus terus berusaha memperoleh restu jika ingin meneruskan hubungan.

“Ridho Allah adalah ridho orang tua, dan murka Allah adalah kemurkaan orang tua” (HR Tirmidzi, Imam Bukhari, Dan Hakim).

3. Berbakti kepada orang tua dapat mempunyai nilai yang sama dengan berjihad.

Jihad adalah cara umat Islam dalam memperjuangkan keyakinannya. Berbakti kepada orang tua mempunyai nilai yang sama besarnya dengan berjuang di jalan jihad. Terlebih lagi jika orang tua sudah berusaha menerapkan cara menjadi orang tua yang baik.

4. Berbakti kepada orang tua mempunyai pahala setara dengan hijrah.

Yang dimaksud disini adalah jika kita ingin berhijrah, sebaiknya mempertimbangkan keberadaan orang tua terlebih dulu. Kewajiban kita untuk selalu berada dekat dengan orang tua agar bisa selalu bersilaturahmi dan menjenguk mereka. Jika kita mendulukan orang tua daripada keinginan berhijrah, maka kita akan mendapat pahala yang sama nilainya. Tidak ada salahnya kita mendulukan orang tua jika mengingat peran orang tua dalam mendidik anak yang sangat besar.

Sponsors Link

5. Orang tua adalah tiket menuju pintu surga.

Jika kita ingin menjadi orang yang masuk surga, maka tiketnya adalah dengan berbakti kepada orang tua. Tetaplah berbakti kepada orang tua, sekalipun mereka berlaku zhalim. Senantiasa meninggikan peran ibu dalam keluarga dan peran ayah dalam keluarga akan membawa kita memasuki pintu surga. Begini sabda Rasulullah mengenai hal ini:

“Orangtua adalah pertengahan dari pintu surga. Jika kamu mau, sia – siakanlah pintu itu (kau tidak mendapat surga) atau jagalah ia (untuk mendapatkan pintu surga itu). “ (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

6. Dilapangkan rejeki dan usia jika berbakti kepada orang tua.

Peran anak dalam keluarga adalah untuk berbakti kepada orang tua. Jika kita selalu berusaha berbakti kepada orangtua maka kita akan mendapat kemudahan rezeki dan dipanjangkan usia. Sesuai dengan hadits berikut ini:

“Siapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rejekinya, maka hendaklah ia berbakti kepada kedua orangtuanya dan menyambung silaturahim” (HR Ahmad).

7. Memperoleh ampunan dari Allah SWT.

Jika kita berbakti kepada orang tua, itu adalah salah satu cara untuk mendapatkan ampunan dari Allah atas segala kesalahan kita. Ciri – ciri orang baik hati salah satunya yaitu orang tersebut berbakti kepada orang tuanya dengan tulus.

“Siapa yang mendapati salah satu dari kedua orang tuanya kemudian ia tidak diampuni, maka Allah telah menjauhkannya (dari rahmat)” (HR Ahmad).

8. Bila kita taat kepada orang tua, itu adalah salah satu bentuk ketaatan kepada Allah.

Menuruti perkataan orang tua atau menjadi anak yang taat merupakan salah satu bentuk rasa taat kepada Allah juga. Tetapi ingatlah bahwa perkataan orang tua yang wajib ditaati adalah yang tidak mengarah kepada maksiat. Tidak taat kepada orang tua dalam jalan kebaikan akan membuat anak menjadi durhaka, dan sudah banyak cerita anak yang durhaka pada ibunya. Haditsnya seperti berikut ini:

“Taat kepada Allah (salah satu bentuknya) adalah taat kepada orang tua. Durhaka terhadap Allah (salah satu bentuknya) adalah durhaka terhadap orang tua” (HR Thabrani).

Sponsors Link

9. Berbakti kepada orang tua bisa menjadi salah satu wujud kita bertaubat kepada Allah.

Jika seseorang telah melakukan dosa dan ingin menebus dosanya itu dengan bertaubat maka ia bisa melakukannya dengan berbakti kepada orang tuanya atau keluarga yang terdekat dengan orang tua. Dengan demikian hal itu akan menjadi salah satu cara bertaubat kepada Allah yang bisa diterima. Anak yang berbakti tidak akan menunjukkan ciri anak durhaka terhadap orang tuanya.

10. Dapat menghilangkan kesulitan hidup yang dialami

Ketika kita mengalami kesulitan dalam hidup, bakti yang pernah kita lakukan terhadap orang tua akan menjadi cara untuk keluar dari kesulitan tersebut. Kewajiban anak di rumah adalah salah satunya untuk berbakti kepada orang tua.

11. Akan mendapatkan keturunan yang sama berbaktinya

Keutamaan berbakti kepada orang tua adalah kita bisa mendapatkan bakti yang sama dari keturunan kita kelak karena mereka melihat dari contoh yang kita berikan bahwa kita sebagai anak bisa menunjukkan bakti kepada orang tua. Berbakti kepada orang tua termasuk cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal.

Sebagai anak, kita harus selalu berusaha menunjukkan bakti kepada orang tua yang sudah sangat berjasa merawat kita hingga dewasa. Sangat sulit untuk benar – benar bisa membalas jasa orang tua yang telah banyak berkorban dalam merawat kita. Berbakti kepada kedua orang tua dapat menjadi jalan untuk kita belajar mengenai cara menjaga perasaan orang lain. Karena itu usahakan untuk berbakti dengan ikhlas dan tulus kepada orang tua agar semua keutamaan ini bisa kita dapatkan.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 08th, September 2016 / 16:46 Oleh :
Kategori : Orang Tua