7 Cara Menghadapi Suami yang Mendiamkan Istri, Sudah Coba?

Pertengkaran dan perselisihan dalam rumah tangga adalah hal yang biasa terjadi. Banyak hal yang bisa memicu terjadinya pertengkaran dan perselisihan dan menjadi penyebab rumah tangga sering cekcok. Setiap pasangan suami istri pasti pernah mengalaminya. Baik pasangan suami istri yang baru menikah maupun yang sudah lama menikah dan banyak mengecap pahit manisnya kehidupan berumah tangga.

ads

Beragam tingkah suami yang mengiringi pertengkaran. Namun yang terpenting adalah cara suami dan istri dalam menghadapi dan menyikapi semua itu. Seperti saat adanya pertengkaran yang membuat suami membisu, hendaknya harus tahu bagaimana cara menghadapi suami yang mendiamkan istri ini. Tujuannya jelas agar ketegangan dan pertengkaran dalam rumah tangga segera berakhir. Bagaimana cara menghadapi suami yang mendiamkan istri ini?

1. Tetap Jaga Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang baik adalah hal terpenting dalam tips menjaga keharmonisan rumah tangga. Jangan biarkan suami terus membisu dan berdiam diri. Tak apa mengalah demi keutuhan dan kebahagiaan rumah tangga. Meski suami tidak menggubris, tetaplah bersabar dan terus bangun komunikasi dengannya. Lambat laun akan ada masa dimana dirinya menyerah melihat sikap istri yang terus berusaha baik padanya.

2. Intropeksi Diri dan Ingat Kesalahan yang Dilakukan

Diam juga menjadi salah satu cara mengekspresikan rasa marah. Maka mungkin saja suami sengaja berdiam diri agar istrinya bisa sadar dengan kesalahan sendiri tanpa harus diberitahu. Jadi, cobalah untuk mengingat kembali kesalahan yang mungkin telah dilakukan, meski itu kesalahan kecil sekali pun.

Mungkin ada hal yang telah diperingatkan suami namun masih saja dilanggar karena lupa. Jika sudah ingat dan menyadari kesalahan, segeralah minta maaf atas kesalahan yang telah dilakukan.

3. Minta Maaf Meski Lupa atau Tidak Merasa Melakukan Kesalahan

Kesalahan kecil bisa saja tidak disadari, seperti ucapan yang menyakitkan hati dan membuat suami tersinggung. Meski merasa tidak melakukan kesalahan apa pun, jangan egois. Tidak ada gunanya egois dan gengsi untuk meminta maaf kepada suami sendiri. Minta maaf dan bujuklah suami untuk mengatakan kesalahan yang telah dilakukan.

Permintaan maaf yang tulus dari seorang istri pasti bisa membuat hati suami luluh, kok. Minta maaf juga merupakan cara baikan dengan suami setelah bertengkar hebat dan juga menjadi cara meluluhkan hati pria yang kecewa berat.

4. Bicara di Waktu yang Tepat

Selain tiga hal di atas, yang perlu diperhatikan juga dalam cara menghadapi suami yang mendiamkan istri adalah waktunya. Saat berusaha berkomunikasi dan membahas perubahan sikap suami, perhatikan waktu yang tepat untuk berbicara.

Hindari waktu-waktu dimana dirinya sedang merasa lelah atau tidak memungkinkan. Seperti pulang bekerja atau saat ia sedang sibuk mengerjakan sesuatu yang penting. Waktu yang tidak tepat bisa saja membuat dirinya berada dalam mood yang buruk.

5. Lakukan Pendekatan dengan Bersikap Baik dan Lembut

Selanjutnya, cara menghadapi suami yang mendiamkan istri yang bisa dilakukan adalah mendekatinya dengan sikap yang baik dan lembut. Meski sudah geram dengan tingkah suami yang tak mau bicara, tetaplah bersikap baik dan lemah lembut padanya. Sebaliknya, jika bersikap keras, hanya akan membuat suasana menjadi semakin panas. Bujuklah suami di waktu yang tepat namun jangan terlalu mendesak pula.


6. Beri Waktu

Hindari mendesak suami agar mau bicara dengan mengambil cara keras karena akan menambah masalah lagi karena pertengkaran pasti akan terjadi. Jika berbagai upaya telah dilakukan, berhentilah hingga beberapa waktu ke depan dan baru mulai lagi.

Berikan ia waktu untuk bisa membuka hatinya kembali dan mau memaafkan kesalahan istrinya. Maka dari itu, penting sekali untuk bersikap baik dan tidak memancingnya dengan hal-hal yang bisa mengundang kesalahpahaman dan amarah suami.

7. Tegas

Setelah sekian lama bersabar menunggu sikap suami melunak namun masih tidak ada perubahan, maka ini adalah waktu yang tepat untuk bertindak tegas. Tegas bukan dengan kekerasan atau membuat keributan, tapi dengan membuat pilihan. Jika suami masih tidak mau bicara, mintalah ia untuk membuat keputusan setelah sekian lama mendiamkan istrinya.

Katakanlah padanya bahwa kamu siap menerima apapun yang akan diucapkannya. Dan sebelumnya tentu mau tak mau kamu juga harus siap menerima segala kemungkinan terburuknya. Namun akan lebih baik jika istri terus sabar menunggu selama ia tidak berbuat kekerasan dan masih memenuhi tanggung jawabnya.

Itulah 7 cara menghadapi suami yang mendiamkan istri tanpa sebab yang jelas. Ketahui juga alasan kenapa suami marah tanpa sebab yang kadang tidak disadari dan kenapa suami tidak betah di rumah.


, ,
Oleh :
Kategori : Suami Istri