8 Tanda Hubungan Tidak Sehat, Mungkin Kamu Pernah Mengalaminya.

Yang namanya hubungan tidak selamanya akan berjalan mulus. Apakah itu hubungan antar keluarga, teman dan juga hubungan asmara. Dalam hubungan asmara atau percintaan khususnya, seringkali terlihat tanda hubungan tidak sehat pada beberapa pasangan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Alasannya adalah karena cinta. Salah satu pasangan rela mengalah dan menerima segala sesuatunya dalam hubungan tersebut meskipun ia dirugikan. Simak beberapa tanda hubungan tidak sehat berikut ini.

ads
  1. Selalu mengalah untuk pasangan.

Tidak peduli apa yang kamu rasakan, tapi kamu selalu mengalah untuk si dia. Selalu menuruti keinginannya dan mengesampingkan keinginan kamu sendiri. Ini sidah pertanda bahwa hubungan asmara yang kamu jalani tidaklah sehat. Dalam suatu hubungan harusnya ada keseimbangan dan saling mengerti satu sama lainnya. Jika kamu terus yang selalu mengalah dengan alasan tidak ingin ribut atau karna kamu terlalu cinta, jangan berharap hubungan kamu akan bahagia. Inilah bahaya cinta mati sama pacar tersayang.

  1. Si dia tidak menghargai kehadiranmu selayaknya.

Pernahkah kamu merasa si dia tidak terlalu menghargai kamu sebagai pasangannya? Atau si dia tidak memperlakukan kamu dengan baik? Bahkan terkadang ia sering mengabaikan kamu? Berhati-hatilah karna kamu sedang berada dalam hubungan yang tidak sehat. Mungkin karna dia tidak mencintaimu dengan tulus atau hanya sekedar mempermainkan kamu. Si dia juga tidak serius dengan hubungan ini. Pria yang serius dalam sebuah hubungan akan berusaha menghargai dan membahagiakan pasangannya.

  1. Sering bertengkar karna hal sepele.

Hubungan yang sering dihiasi pertengkaran hanya akan memberikan rasa sakit hati, marah dan kecewa. Jika masalah kecil dan hal sepele menjadi penyulut dalam pertengkaran antara kamu dan si dia, lebih baik berpikir ulang untuk melanjutkan hubungan ini. Jika diteruskan karena dasar cinta hanya akan memberikan luka dan pada akhirnya hubungan tidak berjalan dengan baik. Kamu hanya akan membuang waktu untuk berpacaran dengannya.  Hal ini juga termasuk pada ciri-ciri pacar selingkuh.

  1. Tidak ada kenyamanan dalam hubungan.

Hubungan asmara yang sehat adalah ketika kamu merasa nyaman dalam menjalaninya. Tidak membuat kamu merasa tertekan atau terbebani karena ulah si dia yang mau seenaknya. Hubungan yang nyaman bisa terjadi karena ada rasa saling pegertian dan komunikasi yang baik sehingga kamu merasa nyaman saat berada di dekatnya. Sedangkan pacar yang baik akan memberikan pengertiannya agar pasangannya bisa merasa nyaman.

  1. Ketika kamu merasa terkekang.

Memiliki pacar yang posesif dan sangat cemburuan hanya akan membuat hubungan berjalan tidak sehat. Ruang gerak dan aktivitas kamu terbatasi karena sifatnya yang suka melarang-larang kamu. Dalam bersosialisasi juga akan membuat kamu merasa terkekang karena sifatnya yang terlalu cemburuan dan curigaan. Seakan-akan si dia tidak ingin kamu berhubungan dengan orang lain. Kamu hanyalah miliknya. Apakah kamu masih merasa hubungan seperti ini sehat?


  1. Si dia yang bersikap tertutup.

Sebagai pasangannya, sudah sewajarnya kamu sekedar mengetahui banyak hal tentang dirinya, aktivitasnya dan teman-temannya. Pada dasarnya seseorang selalu ingin berbagi apa saja dengan orang yang dicintainya. Baik hal kecil sekalipun, karena ia sudah menganggap pasangannya adalah belahan jiwanya. Apabila si dia bersikap sebaliknya, selalu merahasiakan banyak hal tentang apa yang dilakukannya, ini bukanlah cara pacaran yang baik dan benar. Kamu patut mencurigai sikap pasangan kamu. Mungkin hatinya tidak sepenuhnya untuk kamu sehingga ia hanya ingin menyimpan segala hal dalam hidupnya sendiri. Hubungan yang baik adalah yang di dalamnya memiliki keterbukaan satu sama lainnya.

  1. Adanya kekerasan dalam hubungan.

Baiknya kamu berpikir dua kali jika pasangan kamu sering melakukan kekerasan secara fisik maupun emosional seperti ucapan yang menyakitkan hati. Meskipun kamu memahami semua itu karna wataknya yang memang keras, tapi kalau sudah menyakiti kamu lebih baik tinggalkan. Dalam hubungan asmara yang sehat, tidak ada kekerasan dengan alasan apa pun. Apalagi kamu selalu menjadi sasaran untuk melampiaskan emosinya. Lebih baik cari pasangan yang bisa memperlakukan kamun dengan baik dan bisa menjaga kamu seperti seharusnya.

  1. Tidak terlalu mempedulikanmu.

Entah itu kamu sakit, sedang dalam masalah, dalam kesulitan atau dalam keadaan kamu membutuhkan seseorang, bagaimana sikapnya kepada kamu? Apakah ia selalu ada disampingmu dan siap membantu kamu? Atau hanya sekedar mendengar dan melihat tanpa bertindak? Jika ia tidak banyak membantu padahal ia mampu melakukan itu, bisa jadi si dia tidak peduli dengan kamu. Hal ini berbeda dengan ciri-ciri pria cuek tapi sayang. Meskipun kamu seseorang yang mandiri, pasangan yang baik tidak melihat hal itu. Yang ada dia akan membantu sebisa yang ia mampu. Kalau dia saja tidak terlalu peduli dan peka dengan kamu, bagaimana hubungan ini akan berjalan dengan baik?

Dari 8 poin di atas manakah yang kamu alami? Apakah hal tersebut sering kamu alami dalam hubungan dengan si dia? Jika ya berarti hubungan yang kamu jalani tidaklah sehat. Mungkin kamu saat ini juga membutuhkan tips pacaran yang sehat dan cara memilih pendamping hidup yang baik.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Percintaan