12 Cara Mendidik Anak Perempuan Sejak Dini

Anak adalah titipan Tuhan yang harus dijaga dengan baik. Sudah menjadi kewajiban orang tua kepada anak untuk mendidiknya agar tumbuh menjadi anak baik dan patuh. Terlebih jika kita memiliki anak perempuan, kita harus menjaganya dan mendidiknya dengan baik agar nantinya ia tidak tumbuh melenceng menjadi anak perempuan yang tomboi dan kasar serta kelaki-lakian. Bagaimana pun juga perempuan itu harus ada di kodratnya yakni penuh dengan kelembutan dan kasih sayang karena nantinya ia akan menjadi seorang ibu. Oleh karena itu baiknya dari kecil dibiasakan untuk bersikap lembut padanya.

ads

Anak perempuan juga harus di didik untuk lebih mandiri dan bisa menjaga dirinya sendiri. Ia juga harus diajarkan untuk bisa menghargai dirinya sendiri. Jika anak perempuan dibiarkan tumbuh tanpa didikan yang benar bisa-bisa nantinya ia bisa terhindar dari akibat pergaulan bebas di kalangan pelajar.

  1. Ajarkan anak cara bersikap lemah lembut.

Sikap lemah lembut adalah suatu sikap yang harus dimiliki seorang perempuan. Jadi sejak dini ajarkan anak untuk bersikap lemah lembut dalam sehari-hari agar terbiasa hingga ia dewasa kelak. Dan sebagai orang tua tentu juga harus memberikan contoh bagaimana cara bersikap yang lemah lembut.

  1. Latih anak untuk bisa bersikap baik dan sopan.

Anak perempuan harus diajarkan cara bersikap baik dan sopan kepada semua orang agar pada saat ia tumbuh remaja dan dewasa tidak bersikap kasar. Terus latih anak dan selalu tegur ketika ia bertindak kasar. Anak perempuan yang sopan juga akan disenangi banyak orang.

  1. Tidak membiarkan anak memainkan mainan anak laki-laki.

Untuk mengantisipasi anak perempuan yang tumbuh menjadi anak yang tomboi, jangan biarkan anak terus bermain dan menyukai mainan anak laki-laki. Hobi memainkan mainan anak laki-laki bisa terbawa hingga ia tumbuh besar dan bisa membuatnya lebih menyukai bermain dan bergaul dengan anak laki-laki.

  1. Mengenalkan anak pada tokoh karakter untuk anak perempuan.

Biasakan untuk mengenalkan tokoh-tokoh karakter perempuan seperti barbie, frozen dan karakter lainnya sehingga ia bisa tumbuh layaknya anak perempuan yang menyukai hal-hal yang berbau perempuan seperti berhias, dandan, masak-masakan dan berbagai permainan dan kegiatan lainnya.

  1. Menumbuhkan rasa feminim pada anak.

Sejak dini anak juga harus diajarkan untuk menjadi feminim agar ia juga jadi terbiasa hingga dewasa. Dandani anak dan berikan pakaian yang feminim seperti gaun dan rok agar nanti besarnya anak juga terbawa untuk menjadi feminim. Disini peran ibu dalam keluarga sangat dibutuhkan yang bisa menjadi contoh bagi anak.

  1. Mengajarkan anak tentang akhlak.

Anak juga harus diajarkan tentang akhlak agar ia bisa menjadi anak yang berakhlak terpuji dan bisa menghargai orang lain. Ajarkan anak tentang baiknya memiliki akhlak terpuji.

  1. Mengenalkan tata krama pada anak.

Tata krama dan cara bersikap juga penting diajarkan pada anak sejak dini agar cara bertata krama yang baik bisa tertanam di dalam dirinya dan bisa ia gunakan ketika ia tumbuh besar nanti.

  1. Memberikan banyak kasih sayang pada anak.

Sebagai orang tua tentunya kita harus memberikan kasih sayang pada anak, begitu juga dalam mendidiknya harus dengan kasih sayang. Anak yang tumbuh dengan kasih sayang yang baik dari orang tuanya juga akan tumbuh menjadi lebih baik.


  1. Mengajarkan anak untuk menutup auratnya.

Biasakan untuk menyuruh anak menutup auratnya sejak dini agar tidak terbiasa hingga ia besar. Jika sejak kecil terbiasa mengenakan pakaian yang auratnya terbuka, maka saat ia tumbuh besar ia menjadi terbiasa dan tidak risih memperlihatkan auratnya. Oleh karena itu biasakanlah menutup aurat anak meski ia masih kecil.

  1. Mengenalkan ilmu tauhid kepada anak.

Ilmu tentang ketuhanan harus dikenalkan pada anak agar ia tahu bahwa ia punya Tuhan dan agama yang di dalamnya mengajarkan bagaimana cara hidup yang baik dan benar sesuai ajaran agama. Hadirkan dan terapkanlah  pendidikan agama dalam keluarga.

  1. Mendidik anak untuk bisa menjaga diri sendiri.

Anak juga di didik untuk bisa menjaga dirinya sendiri, seperti tidak hanya diam ketika ia dilecehkan oleh anak laki-lakinya atau tidak terlalu dekat dengan orang yang baru dikenal dan tidak mudah percaya dengan bujukan orang lain.

  1. Mengajak anak untuk melakukan kegiatan perempuan.

Jika anak sudah mulai tumbuh dan bisa membantu dalam mengerjakan pekerjaan rumah yang ringan, sebaiknya ajak anak untuk melakukan pekerjaan itu bersama seperti memasak, menyapu, merapikan rumah dan kegiatan lainnya agar nantinya anak tahu tugas dan kewajiban anak dirumah sebagai anak perempuan.

Demikianlah cara mendidik anak yang bisa diterapkan dalam mendidik anak perempuan sejak dari usia dini agar ia bisa tumbuh menjadi anak perempuan yang baik, sopan, lembut, ramah dan kuat. Sebagai orang tua kita harus banyak belajar Cara menjadi orang tua yang baik bagi anak.

, ,
Oleh :
Kategori : Anak Anak