Ketahui 11 Cara Mendidik Anak Perempuan Usia 2 Tahun

Bukan hal mudah dalam mendidik anak usia 2 tahun. Dibutuhkan peran keluarga yang akan menjadi panutan bagi si kecil dalam kesehariannya. Sekilas mungkin cara mendidik anak laki-laki dan perempuan pada usia 2 tahun ini hampir sama. Namun ternyata ada sedikit perbedaan dalam mendidiknya dalam beberapa hal. Seperti mainan, pakaian dan hal-hal lainnya yang bisa membangun karakter mereka masing-masing. Ada beberapa cara mendidik anak perempuan usia 2 tahun agar ia bisa tumbuh menjadi anak perempuan yang baik dan pintar, yakni :

ads
  1. Bersikap tegas dalam melarang anak.

Orang tua harus bersikap tegas dalam memberikan larangan pada anak sejak mereka masih berusia 2 tahun agar ia bisa menjadi anak yang penurut dan mau mendengarkan perintah orang tuanya. Kalau sudah besar baru di tegaskan akan menjadi lebih susah. Seperti melarang keras anak perempuan yang bersikap seperti kelaki-lakian.

  1. Jadilah contoh yang baik untuk anak.

Anak usia 2 tahun belajar dari apa yang ia lihat dilingkungannya. Jadi untuk memberikan contoh yang baik pada anak perempuan dibutuhkan peran ibu dalam keluarga untuk mendidik dan membesarkan anak perempuan yang pasti membutuhkan figur seorang ibu sebagai teladannya.

  1. Ajak anak bermain dan bercerita dengan bonekanya.

Anak perempuan idendik dengan boneka yang menjadi teman bermainnya. Seringlah ajak anak bermain dengan boneka kesayangannya. Dari sebuah boneka kita bisa menceritakan dan mencontohkan nilai-nilai moral yang baik pada si anak.

  1. Biasakan memberikan mainan untuk anak perempuan.

Mungkin terlihat sepele jika membiarkan anak perempuan usia 2 tahun memainkan mainan anak laki-laki seperti robot-robotan atau pistol-pistolan. Namun jika dibiarkan bisa-bisa anak akan tumbuh dengan sikap seperti anak laki-laki karena sedari kecil ia terbiasa dengan hal yang berhubungan dengan anak laki-laki. Dan semakin besar mungkin anak perempuan tersebut menjadi tidak terbiasa untuk bermain mainan anak perempuan seperti boneka dan masak-masakan. Oleh karena itu sebaiknya hindari hal ini terjadi ya bunda.

  1. Latih anak untuk bersikap baik.

Anak dari sedini mungkin harus dilatih untuk bisa bersikap baik kepada siapa saja. Jangan membiarkan anak menjadi nakal hanya karena masih beranggapan bahwa ia masih kecil. Justru dari usia dini inilah anak bisa menyerap dengan baik apa yang diterimanya.

  1. Biasakan anak untuk mellihat hal-hal yang baik.

Anak juga harus dibiasakan untuk melihat hal-hal baik agar ia bisa menyerapnya dan juga tumbuh dengan baik karena sikap dan sifat anak bisa terbentuk dari lingkungan tempat ia tumbuh. Seperti menghadirkan suasana yang hangat yang bisa hadirkan dengan mengikuti tips menjaga keharmonisan rumah tangga.

  1. Bangun kedekatan dengan anak.

Sebagai seorang ibu kita harus bisa membangun kedekatan dengan anak. Anak akan merasa aman dan nyaman jika kedekatan sudah terbentuk. Dengan begitu akan lebih mudah untuk mengajarkan hal-hal baik pada anak. Hal ini juga berguna sebagai cara mendidik anak agar patuh pada orang tua.


  1. Didik anak dengan kasih sayang.

Mendidik anak dengan kasih sayang itu sangat penting karena memang itu yang dibutuhkan anak dari orang tuanya. Bahkan bisa dilihat anak yang kekurangan kasih sayang dari orang tuanya akan menjadi lebih nakal dari pada anak yang tumbuh dengan baik dari kasih sayang orang tuanya. Oleh karena itu bangunlah keluarga sakinah mawaddah warahmah agar di dalamnya anak juga bisa tumbuh dengan baik.

  1. Bersikap lemah lembut pada anak.

Anak perempuan harus di didik agar bisa bersikap lemah lembut. Dan dari usia 2 tahun harus dibiasakan untuk bersikap lemah lembut dengan memberikan contoh kepadanya, yakni dengan bersikap lemah lembut juga kepadanya agar ia bisa menyerap dan melakukannya juga hingga ia tumbuh besar.

  1. Batasi anak untuk bermain dengan anak laki-laki.

Anak usia 2 tahun akan sangat senang bermain dengan anak-anak lainnya. Namun sebaiknya batasi anak untuk bermain dengan anak laki-laki karena biasanya mereka lebih keras dalam bermain. Apalagi jika ia hanya satu-satunya anak perempuan dalam kelompok bermainnya. Selain kurang baik juga bisa membuat anak tumbuh menjadi anak yang tomboi dan keras.

  1. Sering mengajak anak berinteraksi.

Sering-seringlah mengajak anak untuk berinteraksi agar ia bisa mengenal dan mendengar lebih banyak kosakata untuk meningkatkan kemampuan bahasanya. Ajaklah anak berkomunikasi dengan lembut agar nantinya ia tidak berbicara keras dan kasar yang seharusnya tidak dilakukan oleh anak perempuan.

Itulah 11 cara mendidik anak perempuan usia 2 tahun yang perlu diketahui oleh orang tua. Tidak hanya ibu, ada juga kewajiban ayah terhadap anak perempuan dalam cara mendidik anak perempuan, yakni memberikan perlindungan, rasa nyaman, kasih sayang dan mencintainya dengan tulus yang juga akan berguna dalam membentuk kepribadiannya karena anak perempuan juga membutuhkan figur seorang ayah.

, ,
Oleh :
Kategori : Anak Anak