7 Cara Mendidik Anak agar Patuh pada Orang Tua

Semua orang tua pasti menginginkan anak-anaknya tumbuh menjadi seseorang yang baik tingkah laku dan perbuatannya, patuh pada orang tua dan tidak mudah terseret dalam pergaulan dan kenakalan anak jaman sekarang yang kebanyakan sudah melampaui batas. Agar anak-anak bisa patuh dan menurut dengan perkataan orang tuanya, sangat diperlukan peran orang tua dalam mendidik anak. Jika orang tua mempersiapkan sebuah metode dan cara mengatasi anak nakal yang suka membantah kepada orang tua, maka insyaallah anak akan terdidik dengan baik.

ads

Mendidik anak harus dibiasakan sejak dini karena semakin besar usia anak maka akan semakin sulit pula untuk membentuk prilaku anak. Dan dalam mendidik anak juga tidak bisa menggunakan kekerasan yang justru malah membuat anak menjadi pembangkak dan tumbuh dengan karakter dan prilaku yang kasar sesuai dengan apa yang ia terima dan dapatkan dari hari ke hari kerena orang tua dan lingkungan keluarga merupakan cerminan nyata bagi sang anak. Simak cara mendidik anak agar patuh kepada orang tua berikut ini.

  1. Jaga sikap dan berikan contoh teladan yang baik kepada anak.

Anak-anak biasanya akan mencontoh apa yang dilihat dan didapatkannya dari orang-orang terdekatnya. Sebagai orang tua, jika kita menginginkan anak tumbuh menjadi anak yang baik dan patuh kita harus menjadi contoh teladan bagi sang anak. Orang tua sebagai orang yang paling dekat dengan anak, harus bisa pula untuk menjaga sikap dengan baik dan berusaha menjauhkan sikap yang tidak baik dari sang anak agar ia tidak ikut meniru perilaku yang tidak baik tersebut.

  1. Bangunlah lingkungan keluarga yang hangat, harmonis dan pernuh kasih sayang.

Lingkungan dalam keluarga juga sangat berpengaruh dalam perkembangan tingkah laku anak. Jika dalam keluarga ada anggota yang tidak patuh kepada orang yang lebih besar, maka kemungkinan besar anak juga akan ikut meniru perbuatan tersebut. Oleh karena itu sebagai orang tua cobalah untuk menciptakan lingkungan keluarga yang baik, rukun, harmonis dan menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah agar anak bisa menjadi anak yang penurut kepada orang tuanya.

  1. Jangan perintah anak ketika ia lelah.

Mungkin sebagai orang tua kita kurang memperhatikan waktu dalam memerintah dan menyuruh anak-anak untuk dimintai pertolongan. Seperti saat-saat ketika ia merasa lelah setelah melakukan banyak aktivitas seperti bermain dan belajar, di waktu ini anak akan merasa sangat berat hati untuk memenuhi perintah orang tua sehingga anak akan menolak dan mengabaikan perintah orang tua. Berikan waktu istirahat untuk anak hingga ia merasa bugar kembali.

  1. Ajarkan sifat ringan tangan pada anak.

Ringan tangan adalah sifat mudah menolong orang lain yang sangat baik untuk diajarkan kepada anak agar nantinya ia menjadi anak yang suka dan mau menolong orang lain. Dengan menanamkan sifat ini kepada anak, maka anak pun akan menjadi anak yang mau menuruti perintah orang tuanya dan tidak malas untuk membantu orang tuanya sendiri karena dalam dirinya sudah tertanam sifat suka membantu.

  1. Jangan membiasakan anak hidup manja.

Latih anak untuk mau mengerjakan segala sesuatu yang ia inginkan dan butuhkan. Biarkan anak untuk bisa hidup mandiri sedari kecil mulai dari mengambil makan sendiri, minum sendiri, berpakaian sendiri, merapikan mainan sendiri dan hal-hal lainnya. Jika segala sesuatunya si anak masih mengandalkan orang tua maka kebiasaan ini akan terbawa hingga ia besar yang membuatnya menjadi anak yang pemalas bahkan tidak akan mau diperintah oleh orang tuanya meski hanya sekedar untuk membantu karena ia terbiasa untuk hidup senang dan manja.


  1. Bangun kedekatan antara orang tua dengan anak.

Anak yang penurut biasanya memiliki hubungan yang sangat dekat dan hangat dengan orang tuanya. Kasih sayang yang tulus dari orang tua dalam mendidik dan membesarkan anak juga sangat berperan penting dalam membentuk pribadi anak yang penurut pada orang tua. Hubungan yang terjalin dengan baik antara orang tua dan anak akan membuat si anak ingin memberikan yang terbaik untuk orang tuanya serta tidak ingin membuat orang tuanya kecewa.

  1. Jangan perlakukan anak dengan keras.

Anak-anak juga memiliki emosi dan akan mengekspresikannya dengan membantah, mengabaikan atau dengan cara lainnya untuk melampiaskan emosi yang dimilikinya. Begitu juga jika orang tua memperlakukan anak dengan keras, si anak anak merasa kesal, marah dan tidak senang yang menjadi penyebab anak melawan orang tua dan tidak mau nurut perkataan orang tua.

Demikianlah cara mendidik anak agar patuh pada orang tua yang bisa membantu orang tua dalam mendidik anak-anak. Selaku orang tua kita harus banyak belajar cara mendidik anak yang baik dan mengetahui banyak tentang pendidikan keluarga dan cara menerapkannya dalam mengasuh dan membesarkan anak.

 

 

, ,
Oleh :
Kategori : Anak Anak