11 Cara Menghadapi Calon Mertua agar di Terima dengan Baik

Pasangan yang tengah menjalani hubungan pacaran dan berniat untuk lebih serius dalam menjalani hubungan ke depannya hingga memasuki jenjang pernikahan, tentu harus bersiap diri untuk bertemu dengan calon mertua. Dan yang pasti setiap pasangan akan berusaha untuk memberikan kesan yang baik dan positif terhadap calon mertua masing-masing dengan cara mengambil hati mertua agar bisa di terima sebagai calon mantunya.

ads

Dan sikap seperti apa yang sebaiknya dilakukan saat bertemu dengan calon mertua? Apa yang harus dilakukan untuk meninggalkan kesan yang baik kepada calon mertua? Hal seperti apa yang akan membuat calon mertua merasa senang dan mau menerima dengan tangan terbuka? Apakah reaksi calon mertua nantinya akan baik? Apakah calon mertua akan menyukainya?

Itulah kira-kira pertanyaan yang akan muncul dalam benak setiap pasangan yang akan bertemu dengan calon mertua. Agar bisa menjawab semua pertayaan itu dengan sukses sebaiknya simak beberapa langkah berikut sebagai cara menghadapi calon mertua agar meninggalkan kesan yang baik dan positif di mata calon mertua.

  1. Jaga penampilan dengan berpakaian yang rapi dan sopan.

Menata cara berpakaian untuk bertemu dengan calon mertua sangatlah penting, karena dari cara berpakaian saja calon mertua kamu akan bisa menilai bagaimana diri kamu. Oleh karena itu berpakaianlah dengan cara berpenampilan menarik, baik, rapi dan sopan agar tidak memperlihatkan kesan yang kurang baik saat bertemu.

  1. Bersikap hormat dan santun saat bertemu calon mertua.

Calon menantu yang bersikap hormat, santun dan ramah akan berpeluang besar untuk disenangi oleh calon mertua mereka. Maka dari itu bersikaplah seperti demikian agar calon mertua kamu senang dan bisa menerima kamu dengan baik sebagai calon pasangan untuk anaknya. Poin ini merupakan tips bertemu calon mertua yang ampuh dan di sukai oleh banyak calon mertua. Oleh karena itu kamu juga harus tahu cara menghormati orang tua.

  1. Datang dengan membawa buah tangan.

Janganlah datang ke rumah pasangan dengan tangan kosong apalagi ini adalah pertemuan dengan orang tua dan keluarga pasangan. Sedikit berbasa basi untuk membawakan bingkisan seperti makanan akan membuat kamu tampak peduli dan menghormati keluarga pasangan kamu dan merupakan salah satu cara mengambil hati calon mertua.

  1. Jaga sikap selama berbicara dengan calon mertua.

Pandai menjaga sikap dan membawa diri saat berbicara dengan calon mertua akan memberikan kesan yang sangat baik untuk calon mertua kamu. Sehingga kamu akan nampak seperti orang yang pandai membawa diri dan calon mertua akan menganggap kamu bisa menjadi kepala keluarga yang baik untuk pasangan kamu nanti.

  1. Jangan asik berduaan dengan pasangan hingga melupakan kehadiran mertua.

Ini bukanlah waktunya untuk kamu berduaan dengan pasangan, jika hal ini terjadi maka kamu akan memberikan kesan yang tidak baik di mata calon mertua. Kamua akan dinilai tidak sopan dan kurang tata krama serta tidak menghormati kehadiran mereka. Sehingga bisa saja calon mertua tidak menyetujui hubungan kamu dan pasangan.

  1. Ingat waktu dan jangan lewatkan jam tamu untuk pulang.

Jangan bertamu hingga larut malam dan pulanglah pada batas waktu untuk bertamu. Hal ini juga bisa menjadi penilaian bagi calon mertua, bisa-bisa kamu dinilai tidak tahu tata krama.

  1. Jadilah pendengar yang baik untuk calon mertua.

Saat berbicara dengan calon mertua jadilah pendengar yang baik dan respon yang baik di setiap pembicaraan dan ini merupakan salah satu adab terhadap orang tua. Dan jangan pula memotong pembicaraan calon mertua kamu karna hal yang demikian sangat tidak sopan.

  1. Bersikap natural dan tidak berlebihan selama berhadapan dengan calon mertua.

Jangan bersikap berlebihan dalam berbicara maupun bersikap, bersikaplah sewajarnya dan sepantasnya. Jika kamu terlalu berlebiha, misalnya dalam memuji akan terlihat kamu seperti mencari muka di hadapan calon mertua.


  1. Tunjukkan sikap yang tulus terhadap mertua dan keluarga.

Dalam melakukan apa pun berusahalah untuk tidak terpaksa dan berikan sikap dan perhatian yang tulus kepada calon mertua. Jangan bersikap hanya karna ingin di nilai baik oleh calon mertua dan keluarga.

  1. Lakukan penyesuaian dengan keluarga pasangan dan calon mertua.

Sebagai calon menantu yang akan menjadi bagian dari anggota keluarga pasangan, cobalah untuk bisa menyesuaikan diri dengan keluarga pasangan agar lebih bisa mendekatkan diri dengan seluruh anggota keluarga dari pasangan kamu.

  1. Sebelum bertemu dengan calon mertua dan keluarga, ketahui dulu sedikit banyaknya mengenai karakter dari keluarga pasangan.

Tanyalah seputar kebiasaan, hobi atau kesukaan dan hal yang tidak disukai oleh keluarga pasangan kamu, terutama calon mertua kamu. Dengan bocoran ini maka kamu akan lebih bisa dan mudah untuk menentukan bagaimana harus bersikap dengan keluarga pasangan kamu.

Itulah cara menghadapi calon mertua agar tidak mendapatkan cap negatif dari calon mertua tentang diri kamu. Bagi yang cewek ketahui juga cara mendekati calon mertua bagi wanita agar bisa cepat akbrab.

, ,
Oleh :
Kategori : Keluarga