11 Cara Menghadapi Mertua Jahat kepada Menantunya Sendiri

Masalah yang sering terjadi di dalam kehidupan rumah tangga baru adalah terjadinya hubungan yang kurang baik antara mertua dan menantu. Dan tak jarang hal ini sering kali berujung pada rusaknya hubungan dalam rumah tangga. Baik itu antara suami dan istri maupun antara mertua dan sang menantu yang lambat laun bisa menjadi penyebab retaknya rumah tangga.

ads

Terjadinya keretakan dalam hubungan keluarga bisa dipicu oleh kehadiran sang mertua yang bersikap terlalu keras kepada sang menantu dan suka menyalahkan serta bersikap egois, hal ini bisa mengarah pada ciri-ciri mertua perusak rumah tangga.

Bagi menantu yang harus berhadapan dengan mertua yang jahat pastilah hal ini menjadi suatu dilema karena ia akan sulit untuk mengadapi sikap mertuanya yang jahat ini. Lalu bagaimana cara menghadapi mertua jahat kepada kita? Apa yang harus kita lakukan agar tidak terus tertekan? Coba simak tips berikut.

  1. Cari tahu penyebab mertua bersikap jahat.

Dari pada pusing memikirkan sikap mertua yang jahat kepada anda, sebaiknya coba cari tahu terlebih dahulu penyebab dari sikap mertua yang demikian. Mungkin ada sesuatu yang melatarbelakangi sikap beliau atau mungkin sudah memang sifatnya yang begitu. Bisa jadi sifat jahatnya itu tidak hanya kepada anda, tapi juga kepada menantu yang lain.

  1. Minta bantuan suami untuk mencari solusi bersama.

Sebaiknya bicarakan tentang sikap mertua anda kepada pasangan, terbuka kepada pasangan itu lebih baik terlebih beliau adalah orang tua dari pasangan anda, tentu saja pasangan anda yang lebih tahu tentang sikap orang tuanya. Tapi tetap sampaikan dengan baik tanpa terlalu men-judge mertua anda.

  1. Ajak mertua bicara tentang apa yang membuatnya bersikap jahat.

Coba ajak mertua anda untuk berbicara baik-baik mengenai sikapnya yang kurang enak kepada anda. Bicaralah dari hati ke hati, dan mungkin saja dengan cara seperti ini mertua anda bisa menyadari kesalahannya.

  1. Minta bantuan saudara ipar atau orang ketiga dari pihak keluarga pasangan jika memungkinkan.

Jika pasangan anda memiliki saudara yang bisa diajak kompromi dan juga bersikap netral dalam menilai situasi ini, lebih baik minta bantuan mereka untuk mencarikan solusi terbaik untuk hubungan anda dan mertua jika anda dan pasangan memang tidak menemukan solusi yang baik.

  1. Selalu berusaha untuk tetap sabar dan tabah.

Sabar dan tabah selalu menjadi hal utama yang harus dilakukan, karena hanya dengan sabar dan tabahlah kita bisa kuat menjalani semua problematika kehidupan. Dan banyaklah belajar mengenai cara menghadapi masalah dengan sabar.

  1. Tak ada salahnya untuk intropeksi diri terlebih dahulu.

Coba intropeksi diri sendiri, mungkin ada yang salah dengan diri atau sikap anda selama ini yang membuat mertua anda menjadi jahat kepada anda tanpa di sadari. Jika memang ada cobalah untuk perbaiki diri dengan cara merubah diri menjadi lebih baik.

  1. Coba ajak mertua anda untuk berdamai.

Jika memungkinkan ajak mertua anda untuk berdamai dengan cara mengambil hati mertua dan tetap bersikap baik padanya serta melakukan berbagai hal yang bisa meluluhkan hatinya. Dan semoga saja nantinya beliau akan sadar dengan kesalahannya selama ini dan hubungan anda bisa akur lagi dengan mertua.

  1. Jauhkan hal-hal yang akan mengundang perhatian mertua kepada anda.

Berusahalah untuk bersikap biasa-biasa saja di depan mertua. Karena mertua yang jahat kepada anda akan selalu menemukan celah untuk menyalahkan dan mengintimidasi anda. Oleh karena itu jangan melakukan hal yang bisa mengundang perhatian mertua.


  1. Berusaha untuk menjaga jarak dengan mertua demi kebaikan.

Jarak yang berjauhan bisa mengurangi ketegangan pada hubungan anda dan mertua. Dengan jarang bertemu dan berjauhan mertua anda tidak akan bisa banyak berbuat apa-apa. Dan tindakan ini merupakan salah satu tips menjaga hubungan dengan mertua.

  1. Belajar untuk memahami sikap mertua.

Belajarlah untuk memahami sikap mertua anda agar anda bisa menerima semua perlakuan mertua dengan lapang dada. Dan yang terpenting tetaplah untuk berusaha menjadi menantu yang baik, karena sikap anda terhadap mertua juga akan mempengaruhi sikap pasangan anda. Jangan sampai membuat pasangan keliru sehingga andalah yang terlihat jahat terhadap orang tuanya.

  1. Jangan terlalu memikirkan sikap mertua.

Jangan di ambil pusing sikap dari mertua anda karena hanya akan membuat anda stress dan tertekan. Lebih baik pikirkan diri anda sendiri dan cobalah santai menghadapi perlakuan mertua anda dengan cara bersikap tenang dalam menghadapinya.

Demikianlah 11 cara menghadapi mertua jahat yang bisa dilakukan agar tidak terlalu tertekan dalam menerima semua perlakuan mertua dan bisa menyelesaikan permasalahan dengan cepat. Selain itu ketahui juga cara menghadapi mertua egois sehingga kita bisa lebih tahu cara menyikapi mertua.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Keluarga