12 Cara Mengatasi Rasa Takut Terhadap Orang Lain dengan Mudah

Setiap manusia memiliki rasa takut yang datang dari dalam diri dan setiap orang memiliki ketakutannya masing-masing terhadap sesuatu. Ada juga rasa takut yang muncul terhadap orang lain yang juga sesama manusia. Rasa takut tersebut muncul juga karena alasan yang beragam, seperti fobia dan alasan-alasan lainnya yang menimbulkan rasa takut terhadap orang tersebut.

ads

Rasa takut kepada orang lain akan senantiasa membuat seseorang selalu ingin menghindar agar tidak bisa bertemu dengan orang yang ditakuti tersebut. Tapi sampai kapan bisa menghindar? Suatu saat juga bisa saja tiba-tiba bertemu dengan orang tersebut tanpa disengaja. Maka dari itu menghindar bukanlah solusi yang tepat untuk seseorang yang ditakuti. Mari simak cara mengatasi rasa takut terhadap orang lain berikut ini.

  1. Belajarlah untuk mengendalikan rasa takut yang ada di dalam diri.

Kendalikan rasa takut yang ada dalam diri dengan cara menenangkan hati dan pikiran ketika rasa takut mulai muncul ketika harus berurussan dengan orang lain yang belum pernah dikenal atau ditakuti. Berusahalah untuk tetap tenang dan relaks meskipun kamu merasa gugup.

  1. Kendalikan rasa cemas yang muncul di saat merasa takut.

Rasa takut biasanya disertai dengan rasa cemas yang membuat hati menjadi tidak karuan. Kendalikan rasa cemas ini dengan mengalihkan pikiran kepada hal-hal lain yang ada disekeliling kita. Berusalah untuk tidak cemas dengan cara bersikap tenang dan rileks ketika harus bertemu dengan orang lain yang membuat diri merasa takut.

  1. Tanamkan pemikiran dan pandangan positif terhadap orang lain.

Takut dengan orang lain bisa jadi karena sebelumnya kita pernah mendengar hal-hal buruk tentang orang tersebut yang belum tentu kebenarannya sehingga hal tersebut mengganggu pikiran kita. Ubahlah cara pandang kita menjadi positif kepada orang tersebut.

  1. Pertanyakan kepada diri sendiri ‘Kenapa harus takut dengan orang tersebut?’.

Tanyakan pertanyaan tersebut kepada diri kita secara berulang hingga kita menyadari bahwa tidak ada yang perlu ditakutkan dari orang tersebut. Pertanyaan ini juga akan membantu kita untuk menghilangkan ketakutan yang sedang mempengaruhi pikiran kita.

  1. Beranikan diri untuk bertemu bahkan berkomunikasi dengan orang lain.

Salah satu cara melawan ketakutan itu sendiri adalah dengan menghadapinya secara langsung. Beranikan diri untuk bertemu dan berkomunikasi dengan orang lain agar ketakutan yang selama ini selalu mengganggu bisa terkendalikan. Dan pelajari pula cara mudah bersosialisasi dengan orang lain dan juga lingkungan agar terbiasa.

  1. Motivasi diri untuk menghilangkan rasa takut kepada orang lain.

Memotivasi diri sendiri untuk bisa menghilangkan rasa takut itu sangat penting. Kemauan yang kuat dari dalam diri merupakan sebuah energi besar yang bisa mendorong diri untuk mau maju dan melawan rasa takut tersebut.

  1. Datangkan pemikiran bahwa orang lain itu sama dengan diri kita.

Mungkin selama ini kita mengotak-ngotakkan orang lain dalam beberapa tipe sehingga menimbulkan kesenjangan dalam pemikiran kita yang membuat diri kita sendiri merasa jauh dari orang lain. Kini anggaplah bahwa orang lain itu sama halnya dengan diri kita yang tidak perlu ditakuti.

  1. Doronglah diri untuk bisa menjadi lebih berani.

Melawan ketakutan ya hanya dengan sebuah keberanian dari dalam diri. Jadi mulailah untuk memberanikan diri untuk tidak lagi merasa takut dengan orang lain, baik itu orang asing, orang yang baru dikenal atau orang yang memiliki gambaran negatif di pikiran kamu.


  1. Biasakan diri untuk bersosialisi dengan lingkungan.

Biasakan diri untuk berinteraksi dan bersosialisasi mulai dari lingkungan terdekat seperti tetangga, sekolah dan perluas cakupan tersebut dengan terus membiasakan diri untuk bertemu dengan orang-orang baru hingga ketakutan terhadap orang lain itu bisa hilang.

  1. Mulailah untuk membangun kepercayaan diri.

Rasa takut terkadang juga bisa muncul karena tidak memiliki rasa percaya diri yang cukup. Cara agar percaya diri adalah dengan cara meningkatkan keyakinan diri bahwa kamu bisa melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan, termasuk untuk tidak takut lagi kepada orang lain.

  1. Yakinlah bahwa kamu bisa untuk melawan ketakukan tersebut.

Teruslah merasa yakin dengan kemampuan kamu dalam menghilangkan ketakutan terhadap orang lain. Keyakinan yang dimiliki tersebut akan terus mendorong kamu untuk mengeluarkan keberanian dari dalam diri untuk tidak lagi takut berhadapan dengan orang lain.

  1. Ubahlah cara pandang dalam menilai orang lain.

Mungkin saja selama ini cara pandang kita salah kepada orang lain sehingga kita salah dalam menilai yang menimbulkan ketakutan tersendiri terhadap orang tersebut.

Demikianlah 11 cara menghilangkan rasa takut terhadap orang lain yang bisa dipraktekan secara perlahan dalam kehidupan agar bisa menjadi lebih berani. Ketahui juga cara menghilangkan rasa malu karena terkadang rasa malu yang berlebihan juga bisa membuat diri merasa takut untuk berhubungan dengan orang lain.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan