13 Cara Merubah Sifat Seseorang Menjadi Lebih Baik dalam Kehidupan

Untuk mengubah sifat seseorang itu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan seperti cara merubah sifat kekanak-kanakan menjadi dewasa, karena sifat seseorang menggambarkan dirinya secara keseluruhan. Sifat seseorang dapat menjelaskan bagaimana cara seseorang itu dalam berperilaku dan bersosialisasi. Tapi sifat seseorang masih bisa berubah, dari sifat buruk menjadi baik atau malah sebaliknya. Dan semuanya bergantung lagi pada kesadaran diri dan kemauan orang tersebut.

ads

Lalu bagaimana cara merubah sifat seseorang agar bisa menjadi lebih baik? Mungkin dari sifat yang cuek menjadi lebih peduli, dari sifat sombong menjadi rendah hati atau ingin merubah sifat pria pendiam jadi lebih terbuka?  Jawabannya bisa ditemukan pada poin-poin dibawah ini.

  1. Kita harus tahu betul karakter dan watak orang tersebut.

Untuk bisa bisa merubah sifat seseorang kita harus tahu betul bagaimana karakter dari orang tersebut, guna menyusun siasat dan trik yang akan kita gunakan untuk merubah orang tersebut. Jika orang itu berwatak keras kepala tentu akan sulit bagi kita untuk merubahnya, untuk itu kita harus menggunakan cara yang halus.

  1. Beri masukan positif.

Di setiap ada kesempatan bersama orang tersebut berikan masukan-masukan yang positif yang mengarah pada sifatnya yang ingin kita rubah.

  1. Tuntun ia ke arah yang lebih baik.

Dengan menuntun seseorang ke jalan yang lebih baik, secara tidak langsung hal ini bisa membuat sifat seseorang juga ikut terbawa ke arah yang baik.

  1. Perlihatkan contoh yang baik.

Agar orang itu bisa mengerti dengan sesuatu hal, kita harus mencontohkannya terlebih dahulu sehingga ia bisa bercermin dari apa yang ia lihat di hadapannya. Kalau kita ingin merubah orang itu menjadi penyabar kita juga harus menunjukkan sifat yang sabar. Kalau kita ingin orang itu merubah sifatnya dari yang cuek menjadi peduli, kita juga harus bersikap peduli padanya.

  1. Jelaskan hukum sebab akibat.

Apa yang kita tabur itulah yang akan kita tuai. Jika kita menabur kejelekan maka kejelekan jugalah yang akan kita dapatkan. Begitulah hukum sebab akibat, jelaskan padanya jika ia terus bersikap tidak baik maka ia pun tidak akan menerima kebaikan yang mungkin ia harapkan.

  1. Beri dorongan dari dalam dirinya untuk mau berubah.

Bisa atau tidaknya sifat seseorang itu berubah sangat berpengaruh pada kemauan orang itu sendiri, untuk itu kita harus terus mendorong orang tersebut agar mau berubah lebih baik lagi. 


  1. Berilah pujian setiap hal baik yang ia lakukan.

Sebuah pujian akan membuat seseorang merasa bangga dengan dirinya atas apa yang telah ia lakukan. Pujian juga bisa membangkitkan semangat seseorang . Jika kita memberikan pujian atas kebaiakan yang ia lakukan maka ia akan merasa bangga dan ingin berubah untuk menjadi lebih baik lagi.

  1. Tunjukkan penolakan dari setiap sifat buruknya.

Setiap kali ia mengeluarkan sifat jeleknya tunjukkan penolakan kita bahwa kita sama sekali tidak menyukainya. Dan katakan padanya bahwa sifatnya yang kurang baik itu tidak akan mendatangkan manfaat untuknya dimana pun ia berada.

  1. Bawa ia untuk bergaul dengan lingkungan yang positif.

Keadaan lingkungan sekitar tempat ia bergaul bisa membawa pengaruh yang sangat kuat dalam perubahan sifat seseorang. Jika ia terbiasa dengan lingkungan keras maka ia akan memiliki sifat yang keras pula. Dan jika ingin merubah sifatnya untuk lebih baik lagi maka tarik lah ia ke dalam lingkungan pergaulan yang positif.

  1. Ajak ia untuk melakukan kegiatan yang positif.

Dengan membuat ia sibuk dengan kegiatan positif dan lingkungan yang positif, akan dapat membuat ia berubah karena terbawa oleh aura positif dari lingkungan yang baik itu dan sekaligus bisa terhindar dari kenakalan anak jaman sekarang.

  1. Jauhkan ia dari lingkungan yang negatif.

Percuma saja kita membawanya ke pergaulan yang lebih positif jika kita masih membiarkannya untuk bergaul di lingkungan yang jelas-jelas akan memberikan dampak yang tidak baik untuknya. Lebih baik jauhkan ia dari lingkungannya yang kurang baik ini. 


  1. Tegur jika ia masih bersifat kurang baik.

Setiap kali ia mengeluarkan sifat yang kurang baik, tegur dan ingatkan ia dengan cara yang baik pula. Karena merubah sifat seseorang tidak bisa menggunakan kekerasan.

  1. Ajarkan ia untuk bisa mengendalikan diri sendiri.

Jika ia bisa mengontrol dirinya sendiri maka lambat laun sifat negatif yang dimilikinya akan bisa berubah menjadi sifat yang lebih baik. Karena sifat yang kurang baik biasanya keluar karena kita tidak bisa mengontrol dan mengendalikan diri sendiri.

Semua poin cara merubah sifat seseorang menjadi lebih baik yang ada pada diri orang lain dengan cara merubah kepribadian orang itu terlebih dahulu agar bisa menjadi lebih baik. Hanya saja untuk bisa mengubah sifat seseorang itu tidak semudah yang dibayangkan dan itu membutuhkan kesabaran ekstra. Karena belum tentu orang yang ingin kita rubah sifatnya itu mau mengikuti kehendak kita, apa lagi ia orang yang keras kepala dan susah di atur.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan