10 Cara Merubah Sikap Pemalu Dan Kurang Percaya Diri

Cara merubah sikap pemalu dan cara menghilangkan sifat pemalu adalah dengan banyak berpartisipasi dalam kegiatan yang melibatkan banyak orang sehingga akn terbiasa dengan lingkungan yang ramai. Sifat pemalu pada umumnya terjadi karena kurangnya pelatihan dalam kontribusi secara aktif dalam lingkungan. Ini menjadi salah satu cara untuk merubah sifat pemalu dan cara menghadapi anak pendiam yang berada dalam diri.

ads

Jika ingin merubah sifat pemalu harus memiliki tekad yang kuat untuk mengajak diri menjadi lebih berani dalam berinteraksi. Adaptasi dalam interaksi dengan banyak orang akan membiasakan diri untuk terus menjadi diri sendiri dalam keramaian. Ini menjadi penting karena merubah sifat pemalu bukan berarti merubah kepribadian.

1. Mengikuti Komunitas

Cara menghilangkan rasa pemalu adalah dengan mengikuti komunitas. Komunitas adalah kumpulan orang dengan tujuan yang sama. Komunitas sebagai wadah untuk pertemanan dan persahabatan yang sangat baik untuk mengembangkan kemampuan dan bakat. Komunitas juga menjadi wadah untuk menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan. Ini menjadi sangat bermanfaat dalam mengubah sifat dari pribadi yang pemalu. Banyak berinteraksi akan membuat kita menjadi mudah bergaul dan memiliki banyak teman. Hal ini kemudian menjadi modal dalam menghilangkan sifat pemalu. Sifat ini akan hilang dengan perlahan.

2. Mengajak Kenalan Lebih Dulu

Cara merubah sikap pemalu dan cara menghilangkan sifat pendiam adalah dengan mencoba mengajak kenalan lebih dulu. Jika ingin mengubah sifat pemalu sebaiknya mengunjungi lingkungan baru, kemudian kita dapat menjadi pribadi yang baru tanpa harus memikirkan perubahan yang teman ketahui tentang kita. Hal ini sangat bermanfaat untuk memacu keberanian menjadi lebih baik. Perubahan di lingkungan baru dinilai cenderung lebih mudah dibanding dengan perubahan yang dilakukan di lingkungan yang lama. Ini hanya akan membuat nyali menjadi ciut dengan pemikiran tentang orang terhadap kita.

3. Merubah Tekad dan Keberanian

Cara merubah sikap pemalu adalah dengan merubah tekad dan keberanian. Ini menjadi hal yang sangat penting karena kita akan mudah goyah saat melakukan perubahan. Pada lingkungan lama akan ada mental yang harus diuji lebih besar karena orang – orang di sekeliling kita memiliki anggapan atau tekad yang sama. Tentu hal ini menjadi perhatian dalam melakukan perubahan. Penanaman tekad ini sebaiknya dikuatkan selama diri berubah menjadi lebih baik, dan selama kita tidak pernah menyakiti maupun merugikan orang lain.

4. Mencari Lingkungan Baru

Cara merubah sikap pemalu dan cara menghadapi anak apatis adalah dengan mencari lingkungan baru. Lingkungan baru akan merubah diri menjadi lebih berani dalam menjadi pribadi baru yang lebih baik. Ini bisa dilakukan dengan mengikuti organisasi atau mengkuti berbagai kegiatan yang sebelumnya belum pernah dilakukan.

5. Mengikuti Kegiatan Sosial

cara merubah sikap pemalu adalah dengan mengikuti kegiatan sosial. Kegiatan sosial akan merubah diri menjadi lebih peduli dan peka terhadap lingkungan. Hal ini menjadi penting karena kegiatan sosial akan mengajak kita bertemu dengan banyak orang dengan beralatar belakang yang berbeda. Hal ini akan membuka pikiran dan hati kita untuk bergerak menjadi lebih aktif dalam peduli terhadap sesama.

6. Meminta Dukungan Orang Terdekat

Cara merubah sikap pemalu adalah dengan meminta dukungan dari orang terdekat. Dukungan ini akan sangat berarti ketika kita merasa lelah dan ingin menyerah untuk melakukan perubahan. Lakukan ini dengan cara bercerita dengan orang terdekat, hal yang positif akan membuat mereka memberikan dukungan yang secara langsung maupun tidak langsung membuat diri menjadi lebih kuat.

7. Mengikuti Perlombaan

Cara merubah sikap pemalu adalah dengan mengikuti perlombaan. Perlombaan sangat penting untuk membuat pikiran dan hati menjadi lebih berani dan memiliki daya saing. Daya saing akan menjadi pelatihan untuk tertantang menggapai sebuah tujuan. Ini akan memberikan kekuatan pada keberanian. Hal ini juga yang akan mengokohkan untuk terus mencoba meski gagal berulang. Banyak pesaing maupun teman yang juga akan ditemukan. Ilmu dan berbagai pengalaman akan bertambah.

8. Melawan Rasa Takut

Cara merubah sikap pemalu adalah dengan melawan rasa takut. Rsa takut dapat dilawan dengan kemauan yang kuat di dalam diri. Rasa takut tersebut hanya akan terselesaikan jika dihadapi.

9. Menjadi Diri Sendiri

Cara merubah sikap pemalu adalah dengan menjadi diri sendiri. Ini merupakan hal yang harus dilakukan oleh orang yang mau berkembang. Melakukan perubahan bukan berarti harus merubah karakter yang mengurangi kenyamanan. Menjadi lebih berani bukan berarti harus berubah menjadi pribadi yang berbeda.

10. Mencari Teman Baru

Cara merubah sikap pemalu adalah mencari teman baru. Hal ini dapat dilakukan dimanapun berada. Kita kemudian akan memperbanyak teman sehingga teman bertambah. Semakin banyak interaksi maka rasa malu akan terkikis. Tubuh dan pikiran akan terbiasa dalam menghadapi siapapun di keramaian.

, ,