22 Cara Mendidik Anak Perempuan yang Benar

Sponsors Link

Memiliki seorang anak bukanlah hal yang mudah, meskipun demikian tetapi hal tersebut tetap menjadi kebanggaan dan keinginan setiap individu yang hidup di dunia ini, apalagi bagi para pasangan suami istri yang baru saja menikah. Bukan tidak mungkin mereka menginginkan seorang putra ataupun putri untuk mengisi rumahnya. Kebanyakan cara membahagiakan istri adalah dengan memiliki anak perempuan karena tidak jarang seorang istri lebih mengidamkan anak perempuan, tetapi bukan berarti sema anak harus perempuan. Istripun memiliki cara berbakti kepada suami dengan menuruti perintah suami, apa yang suami inginkan.

Jadi setiap keputusan selalu diambil bersama. Mengambil keputusan bersama merupakan tips menjaga keharmonisan rumah tangga yang super keren. Oleh sebab itu bagi pasangan suami istri lebih baik menjaga keharmonisan rumah tangga sejak awal dari pada suami atau istri selingkuh. Karena tak sedikit penyebab istri selingkuh dari suami ataupun penyebab suami bosan dengan istri. Baik kembali kepada anak perempuan. Anak perempuaan memang diidamkan karena dapat membantu kebutuhan kelak. Tetapi tidak mudah untuk merawat anak perempuan.

Berikut akan dijelaskan lebih lanjut bagaimana cara mendidik anak perempuan yang baik dan benar.

  1. Mengajarkannya hal yang terpuji

Anak perempuan adalah anak yang peka akan perasaannya, anak perempuan lebih senang jika dipuji atau diberi penghargaan akan setiap yang ia lakukan. Oleh sebab itu untuk merawat anak perempuan perlulah mengajarkan hal-hal yang terpuji sejak awal, tidak hanya itu. Ketika anak perempuan melakukan hal yang terpuji maka berilah ia pujian agar semangat dalam melakukan hal-hal terpuji itu.

Hal itu hanya untuk memancing agar anak mau melakukan hal-hal terpuji. Tetapi bukan berarti setiap hari memujinya, karena ditakutkan akan membuat anak menjadi besar kepala nantinya. Pujian diberikan bila memang hal yang dibuat anak itu benar-benar baik. Meskipun untuk awal tidak mengapa selalu memuji anak perempuannya.

  1. Mengajarkan anak untuk menjaga kemaluannya

ciri-ciri orang baik hati adalah mereka yang mampu untuk menjaga kemaluannya, maksudnya adalah mereka yang tidak pernah mengumbar kecantikan hanya untuk diperlihatkan sembarang orang. Apalagi kecantikan itu hanya untuk mencari uang.

Banyak sekali ciri-ciri wanita matre yang tampak, jadi jangan sampai anak perempuan menjadi matre dan mau memberikan kemaluannya dengan siapapun. Karena hal itu tentu akan berakibat tidak baik, entah itu bagi keluarga, pihak pria, ataupun bagi diri mereka sendiri.

  1. Mengajarkan anak perempuan menjadi anak yang rajin

Suatu hari kelak, anak perempuan akan tingga jauh dari orang tua. Anak perempuan akan tinggal bersama mertua, dimana anak perempuan harus mengetahui bagaimana cara membahagiakan mertua tentunya salah satu cara dari membuat mertua senang adalah dengan berperilaku sopan dan menjadi menantu yang rajin.

Tentu tidak inginkan jika anaknya dibenci oleh mertua kelak. Maka dari itu sejak awal harus didik menjadi anak yang rajin. Agar kelak tidak hanya disayang suami tapi juga mampu membahagiakan mertua. Tidak jauh-jauh ke mertua, bahkan ketika anak rajin pun dapat membuat orang tuanya menjadi senang dan bangga dengan anaknya.

  1. Mengajarkan anak untuk belajar masak

Selain menjadi anak yang rajin. Untuk disayang oleh mertua salah satunya pintar memasak. Karena tidak jarang mertua yang menginginkan menantunya pandai memasak. Apalagi jika seorang anak perempuan pandai memasak pasti pasangannya kelak akan betah dirumah, apalagi jika masakannya enak dan lezat, pasangan pasti akan menantikan makanan dirumah dan selalu merindukan makanan rumah. Sehingga tidak mungkin ada penyebab pria selingkuh dari istrinya jika istrinya saja pintar memasak dan mampu untuk membahagiakan suami.

  1. Mengajarkan anak akan berharganya diri

Seorang anak perempuan harus mengetahui betapa berharganya diri mereka, terutama aurat mereka, jangan sampai membiarkan anak perempuan mengumbar aurat dengan mudahnya sehingga laki-laki yang bukan makhramnya dengan mudahnya menikmati aurat itu, seharusnya sejak dini, wanita diajarkan untuk menutup auratnya dengan baik. Berilak anak tips cerita yang baik untuk anak agar anak dapat mengerti betapa berharganya dirinya itu.

  1. Mengajarkan cinta dan kasih pada anak

Bagi seorang perempuan, memberikan cinta dan kasih itu penting, apalagi anak perempuan kelak akan menjadi seorang ibu yang harus mendidik anak-anaknya dengan benar. Jagan sampai anak perempuan yang kelak menjadi istri dengan mudahnya menampar anak karena bahaya menampar anak itu, tamparan orang tua pada anak dapat mempengharuhi psikologisnya sehingga dapat menyebabbkan anak menjadi nakal.

  1. Mengajarkan pada anak untuk peduli

Kepedulian, apalagi bagi anak perempuan itu memanglah sangat penting, jangan sampai anak perempuan tidak peduli dengan apa yang ada disekitarnya, misal saja kerapian kamar, kerapian diri sendiri ataupun aspek lain yang mencakup lingkungan sekitar dan dirinya.

Dengan mengajarkan anak untuk peduli, baik peduli dengna diri sendiri atau peduli dengan orang lain, itu artinya mengajarkan pula pada anak mengenai bagaimana memperdulikan lingkungan sehingga lingkungan itu nyaman untuk ditinggali.

  1. Kembangkan potensi anak dengan ketrampilan

sponsored links
Mengembangkan ketrampilan anak baik itu anak perempuan atau laki-laki sangatlah penting, hal ini agar anak terbiasa untuk trampil sehingga apabila ada sesuatu yang dibutuhkan dapat dilakukan dengan mudah karena adanya ketrampilan yang sudah terasah sejak kecil. Beda halnya jika anak tidak terbiasa diasah ketrampilannya, bahkan untuk menyelesaikan masalah akan sulit nantinya.

  1. Ajarkan pada anak untuk tidak melakukan kekerasan

Sebagai anak perempuan bukanlah hal yang baik bila melakukan kekerasan. Biasanya anak perempuan itu menggunakan mulut untuk berantam, tetapi meskipun biasanya anak perempuan berkelahi menggunakan mulut tetapi ada baiknya jika anak perempuan diajarkan untuk berhati lembut dan tidak pernah berkata-kata yang kotor apalagi berkata kasar dan berkata jorok. Tentunya itu akan menjadi hal yang disebali dengan setiap orang.

  1. Ajarkan pada anak untuk menjaga perkataannya

Seperti yang sudah dikatakan di point ke sembilan bahwa jangan pernah ajarkan anak untuk berkata kekerasan. Karena kata-kata kekerasan atau kata kotor dan jorok itu tidak disukai orang, meskipun nantinya ketika anak sudah dewasa akan lebih sering mendengarakan kata-kata seperti itu. Namun meskipun begitu sebagai orang tua harus tetap menjaga anaknya agar tidak ikut-ikutan berkata kotor seperti apa yang dikatakan teman-temannya kelak

  1. Tanamkan keimanan pada anak

Yang terpenting adalah bagaimana orang tua mampu menanamkan keimanan pada anaknya. Jika keimanan sudah ditanamkan pada diri anak itu dengan baik maka kecil kemungkinan anak akan berbuat hal-hal yang negatif. Sehingga anak akan tetap berusaha untuk menjaga diri kelak.

  1. Ajarkan anak untuk berbakti kepada orang tua

Dengan mengajarkan anak selalu berbakti pada orang tuanya itu artinya mengajarkan anak untuk menjadi anak yang shalihah, begitu pula nanti ketika anak sudah bukan tinggal bersama orang tua lagi, melainkan tinggal bersama mertua dan tingga bersama suami. Anak akan berusaha untuk berbakti kepada keluarga barunya karena sejak kecil sudah terbiasa hidup berbakti dengan orang tuanya.

  1. Ajarkan anak agar memiliki rasa saling menghargai

Rasa saling menghargai bagi setiap anak akan menjadikan anak terbiasa untuk menghargai orang lain, begitu pula untuk anak perempuan. Anak perempuan harus pandai-pandai menghargai orang lain. Bagaimanapun seorang anak perempuan lebih mengandalkan perasaan dari pada logika. Jadi sikap menghargai ini tidak sulit untuk diterapkan pada diri mereka. Namun bukan berarti sangat mudah, karena hal ini juga diperlukan waktu untuk belajar menghargai. Karena tidak jarang anak perempuan juga lebih mengandalkan egonya daripada perasaannya itu.

  1. Buat anak menjadi mandiri

Buatlah anak semandiri mungkin dan ajarkan anak untuk menjaga amanah sehingga kelak ketika anak ditinggal pasangannya dapat mengetahui cara menjaga hubungan jarak jauh dengan suami sehingga kelak hubungan suami istri anak perempuan tetap dapat terjaga dengan baik. Tidak akan ada kata pertengkaran suami istri jika keduanya sudah saling percaya akan menjaga hubungan keduanya.

  1. Buat anak belajar mendengarkan

Jadikanlah anak menjadi anak yang pandai mendengarkan perkataan setiap apa yang diucapkan teman atau saudara ataupun orang tua, agar kelak ia terbiasa untuk menjadi orang yang dapat mendengarkan orang lain. Dengan begitu ia akan menjadi teman yang baik bagi tema-temannya kelak. Sehingga anak tidak menjadi anak yang sendri tetapi menjadi anak perempuan yang banyak temannya

  1. Ajak anak menutup aurot

Sejak dini biasakan pada anak untuk menjaga auratnya jangan biarkan anak mengumbar auratnya kepada siapapun yang bukan mukhrimnya, karena bagaimanapun seperti yang sudah tertera dalam alquran surat al ahzab bahwasannya wanita diminta untuk menutup auratnya. Sehingga pantaslah bagi seorang ibu sejak dini mengajarkan pada anak untuk menutup auratnya. Sehingga ketika dewasa nanti pun anak perempuan itu sudah biasany dengan busana yang syar’i yang menutup aurat itu.

  1. Ajarkan ketakwaan pada anak

Ketakwaan juga perlu diajarkan pada anak, bahkan tidak hanya anak laki-laki saja anak perempuanpun juga perlu diajarkan ketakwaaan. Agar kelak ketika membimbing anaknya dapat berlandaskan ketakwaan.

  1. Mendidik anak dengan kelembutan

Mendidik anak dengan kelembutan sama halnya mengajarkan anak untuk berbuat lembut dengan orang lain, tidak menyakiti orang lain dan mengharagai orang lain. Sehingga penting untuk mendidik anak agar memiliki hati dan sikap yang lembut

  1. Ajarkan anak mengenai al quran

Tak hanya mengajarkan ketakwaan saja, tetapi mengenalkan pada anak dengan alquran itu juga penting, agar nantinya anak dapat memahami isi alquran dan setiap kehidupannya dapat hidup berlandaskan dengan Al Quran itu. Agar kelak ketika sudah berumah tangga pun dapat membuat rumah tangganya berlandaskan pada Al Quran. Sehingga kehidupannya akan nyaman dan menjadi keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah.

Sponsors Link

  1. Ajarkan anak mengenai rasa sayang

tak hanya kelembutan yang diperlukan dalam merawat anak perempuan, tetapi juga rasa kasih sayang diperlukan untuk merawat anak perempuan. Karena rasa kasih sayang yang tulus diberikan oleh seorang ibu kepada anak perempuannya akan mampu membuat sikap anak itu menjadi anak yang baik dan bersahabat

  1. Ajarkan anak untuk berhemat

Ajarkan anak sedini mungkin untuk berhemat, jangan biarkan anak hidup boros, seperti halnya bahaya hidup boros jika anak tidak dapat memanage uang sejak awal maka ia akan menjadi anak yang hidup boros. Bahkan ketika anak hidup boros nantinya ketika sudah menjadi keluarga akan sulit untuk tips mengatur keuangan rumah tangga sehingga akan memungkinkan hal tersebut menjadi penyebab suami sering istri bertengkar  karena ekonominya tidak bisa terpenuhi dengan baik akibat dari keborosan itu.

  1. Ajarkan anak untuk bela diri

Hal yang tidak kalah penting adalah mengajarkan anak untuk dapat membela dirinya, karena anak perempuan sebelum memiliki pasangan juga harus bisa bela diri agar kelak tidak tergantung dengan suami dan dapat menjaga anaknya dengan baik.

Itulah beberapa cara mendidik anak perempuan. Untuk itu bagi ibu-ibu yang benar-benar sayang dengan anak perempuannya gunakanlah tips ini agar anak perempuan dapat menjadi anak yang mandiri dan anaak yang kuat.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 15th, June 2016 / 08:16 Oleh :
Kategori : Anak Anak