10 Cara Mendidik Anak yang Baik

Sponsors Link

Tugas mendidik anak tidak hanya untuk ibu tapi ayah juga harus ikut serta dalam mendidik anak yang baik. Menjadikan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah memang tidak mudah. Tapi juga bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan asal pasangan memiliki tujuan yang sama. Ciri ciri anak yang durhaka terhadap orang tuanya begitu banyak kita tonton ditelivisi. Berikan anak cerita azab akibat anak durhaka terhadap orang tuanya. Cara didikan orang tua yang salah dapat menjadi penyebab anak melawan orang tua.

Berikut ini cara mendidik anak yang baik :

           1. Kemandirian

Anak yang mandiri merupakan kebanggaan orangtua. Kemandirian anak sangat di tentukan dengan didikan dari orangtuanya. Latihlah anak mandiri dari hal – hal kecil aktifitas hariannya. Kemandirian anak mulai dari mandi sendiri, memakasi baju sendiri dan menyiapkan segala perlengkapan sebelum berangkat sekolah sendiri. Hindarilah ciri ciri orang tua yang ove protektif

          2. Tanggung jawab

Di zaman sekarang begitu banyak orang yang menghindari tanggung jawab. Membuat masalah tapi tidak mau bahkan lari dari tanggung jawab. Sebagai seorang ibu mendidik anak yang baik harus dengan tanggung jawab. Ajarkan mereka memilih suatu pilihan dan apapun pilihan yang mereka ambil pasti akan memiliki dampak yang positif dan dampak negatif. Jika dampak negatif terjadi ajarkan mereka bertanggung jawab atas itu semua dari awal sampai akhir. Dan terangkan cara menghilangkan rasa takut pada anak dari tanggung jawab

        3. Tidak menuruti semua kemauan 

Cara mendidik yang baik untuk anak adalah dengan tidak menuruti semua kemauannya. Mereka boleh menginginkan sesuatu tapi harus tahu bahwa tidak semua yang di inginkan akan di dapatkan. Jika mereka ingin mendapatkannya mereka harus berusaha keras dan rajin.Kemauan anak kadang ada yang bermanfaat dan tidak bermanfaat. Jelaskan pada anak bahwa keinginan yang tidak di penuhi orang tua berarti keinginan tersebut adalah keinginan yang tidak membawa perubahan positi bagi anak.

         4. Jangan banyak melarang

Sebagai orang tua tentu ada larangan yang diterapkan dalam pola pengasuhan anak. Tapi biasanya anak yang kreatif punya banyak keinginan dan rasa ingin tahu yang tinggi. Jika sebagai ibu anda banyak melarang itu bukanlah cara mendidik anak yang baik. Sebagai ibu anda harus tahu bahwa banyak melarang anak memberikan dampak yang tidak baik berupa hilangnya rasa percaya diri pada anak, hilangnya kemauan anak terhadap sesuatu yang baru dan menjadikan anak tidak memiliki kreatifitas.

          5. Ajarkan sikap jujur

Sikap jujur sangat baik untuk anak. Orang jujur merupakan orang yang banyak di percaya oleh orang dan memiliki lingkungan pergaulan yang luas. Sika jujur ini lebih baik diajarkan sejak mereka kecil dan sudah mengerti tentang sikap dan akibat dari sikap. Jujur dapat anda tunjukkan dengan sikap jujur yang anda perlihatkan pada anak. Seorang anak akan lebih banyak belajar dari ibunya dan mencontoh sikap ibunya. Ini karena sang ibu lebih banyak menghabiskan waktu bersama anak. Dan jika anak anda seorang laki laki semoga kelak ciri pria yang jujur ada padanya.

          6. Berikan rasa kasih sayang

Setiap anak merindukan kasih sayang walapun mereka sudah dewasa dan punya kehidupan sendiri – sendiri. Kasih sayang seorang ibu adalah kasih sayang yang tulus dan murni yang mungkin tidak di dapat dari siapapun. Kasih sayang seorang ibu ibara mentai menyinari dunia, hanya memberi dan tak mengharapkan balasan.Menjadi ibu berarti memiliki rasa kasih sayang yang lebih besar dan luas bagi anak. Anak yang merasa di cintai oleh ibunya punya kehidupan yang baik untuk masa depannya.

Sponsors Link

            7. Tidak ringan tangan

Orang tua tidak boleh menampar anaknya. Kekerasan fisik yang diterima anak bisa menjadikan anak mengalami trauma. Trauma yang di rasakannya bisa membekas dan memberi damapak negatif saat dia sudah dewasa. Untuk itu cara mendidik anak bukanlah dengan kekerasan fisik tapi dengan cara yang lembut. Cara yang juga di mengerti oleh anak. Bagaimanapun anak adalah rezeki untuk orang tua. Kewajiban mendidik anak dengan cara yang baik merupakan tanggung jawab yang berat dan menyenangkan jika cara mendidik kita kelak menjadikan anak sukses dan berbakti kepada orang tuanya.

             8.Berikan pengertian

Anak butuh pengertian dari orang tua. Cara mendidik anak yang baik adalah memberikan pengertian pada anak. Anak yang didik dengan pengertian dari orang tuanya akan melakukan hal yang sama pada temannya. Anak akan memberi pengertian juga kepada temannya, sebagaimana pengertian yang di dapatnya dari orang tuanya .Teman – teman anak akan banyak dan senang bergaul dengannya. Anak akan memiliki relasi yang luas jika sudah dewasa. Yuk, belajat menjadi orang tuan yang memiliki pengertian lebih kepada anak anda.

             9. Memotivasi anak

Saat anak mengalami kegagalan di situ peran orang tua penting untuk memotivasi anak kembali. Anak memerlukan motivasi untuk menumbuhkan kepercayaan diri dalam dirinya. Anak anda membutuhkan semangat dari dukungan anda. Tunjukkan pada anak bahwa anda sangat mendukungnya dalam setiap hal yang di lakukannya.

Motivasi dari orang tua membuat anak bersemangat untuk melanjutkan semua perjuangannya. Anak merasakan kegagalan yang di alaminya bukanlah hal yang harus dilarutkan terus menerus. Anak harus melanjutkan hidupnya kembali. Melanjutkan perjuangannya kembali.

Sponsors Link

              10.Memahami anak

Orang tuan dituntut untuk memiliki sikap dalam memahami anaknya. Bagaimanapun anak memerlukan pemahaman orang tua. pemahaman orang tua terhadap anak di dapat anak dari cara orang tua bertindak.Orang tua harus peka apa yang di inginkan oleh anak. Anak terkadang memiliki banyak keinginan. Dan keinginan anak tersebut harus menjadikan orang tua peka pada anaknya.

jika anak anda ingin membeli sesuatu seperti sepeda yang dimiliki oleh temannya. Maka anda harus dapat memahami keinginan anak anda. Bagaimanapun sepeda bukanlah barang yang tidak bermanfaat. Sepeda memiliki banyak manfaat untuk anak salah satunya anak dapat berlajar kesimbangan. Dalam bersepeda keseimbangan sangat di perlukan. Untuk itu keseimbangan memang perlu bagi anak anda.Jika anak menggunakan sepeda mereka dapat bermain bersama temannya sewaktu sore bercerita apa saja. Orang tua dapat mengawasi anak dari jauh untuk melihat anak bermain dengan sepedanyaBanyak sekali manfaat jika mendidik anak dengan baik di waktu kecil. karena didikan diwaktu kecil akan sangat anak perlukan saat mereka dewasa nanti.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 10th, June 2016 / 09:10 Oleh :
Kategori : Anak Anak