Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Rasa Pemalu dan Pendiam

Sponsors Link

Rasa malu merupakan perasaan yang sangat umum terjadi bagi kamu yang berada di lingkungan baru. Kamu berasa khawatir terhadap pandangan orang-orang baru di sekitarmu jika kamu berperilaku yang tidak biasa. Rasa pemalu juga akan sering kamu alami ketika kamu berada di tengah keramaian baik itu di tengah teman-teman maupun keluarga.

Sebenarnya tidak ada salahnya memiliki rasa pemalu. Rasa pemalu bisa membantu pemiliknya untuk lebih berhati-hati dalam bersikap karena sadar bahwa orang lain melihatnya. Selain itu, rasa pemalu juga bisa membuat seseorang lebih sopan dan berperilaku baik karena tidak ingin menjadi pusat perhatian akibat kesalahan yang dilakukan. Namun, rasa pemalu yang berlebihan justru akan mengganggu. Maka, berikut ini cara menghilangkan rasa pemalu yang bisa kamu coba :

  1. Percaya dengan diri sendiri

Sebaiknya kamu mulai mengenali dirimu sendiri. Carilah kenyamanan di dalam diri sendiri karena jika kamu menemukannya, kamu akan merasa nyaman berada dimana pun. Rasa nyaman dengan diri sendiri merupakan awal untuk melakukan cara agar percaya diri serta cara meningkatkan keyakinan diri dimana jika kamu sudah merasa percaya diri lama-kelamaan kamu bisa menghilangkan rasa pemalu yang saat ini kamu miliki.

  1. Jangan hanya melihat kekuranganmu

Hentikan melihat kepada kekurangan dirimu. Daripada kamu fokus melihat kekurangan diri sendiri, lebih baik jika kamu mulai menemukan kelebihan dan bakat ada dirimu. Lakukanlah cara menghilangkan rasa minder. Ketahuilah, di setiap diri manusia pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Yang harus kamu lakukan adalah fokus kepada kelebihan dirimu dan terus mengasahnya untuk memaksimalkan potensi yang kamu miliki. Jika kamu memilikinya, kamu pun akan merasa lebih percaya diri.

  1. Hentikan kebiasaan membanding-bandingkan

Sesungguhnya setiap manusia memiliki kekurangan yang berbeda dan kelebihan yang berbeda pula. Setiap orang juga memiliki sifat masing-masing yang tidak bisa dipaksakan untuk sama. Oleh karena itu, tidak ada gunanya kamu membandingkan dirimu dengan orang lain, karena hasilnya pasti berbeda. Percayalah, dirimu sangat berharga untuk disia-siakan dan mencoba menjadi orang lain. Maka, sebaiknya kamu tetap menjadi versi dirimu dan melakukan cara merubah diri menjadi lebih baik.

  1. Banyak latihan

Practice makes perfect. Jika kamu memang berencana melakukan cara menghilangkan rasa pemalu, maka kamu benar-benar harus membiasakan diri untuk tidak lagi menjadi pemalu. Berlatihlah melakukan percakapan santai dengan orang lain. Jangan takut membuka diri dan pikiran kepada orang lain, baik itu saudara maupun teman. Dengan kamu semakin sering melakukannya, maka kamu akan semakin terbiasa untuk tidak lagi besifat pemalu.

  1. Berbaurlah dengan keramaian

Jika biasanya kamu lebih suka menyendiri dan mengurung diri di kamar, sebaiknya kamu memulai untuk berbaur dengan keramaian. Percayalah, tidak ada yang menakutkan dalam sebuah keramaian. Bahkan, dari dalam keramaian kamu bisa menemukan teman baru atau mungkin pacar yang menyenangkan? Ya, semakin banyak kamu bertemu orang, semakin kamu bisa melakukan cara cepat mencari pacar baru yang menyenangkan!

  1. Perluas pergaulan

Semakin banyak teman yang kamu miliki, akan semakin berwarna pula kehidupanmu. Perluas pergaulanmu supaya kamu bisa bertemu dengan banyak orang dengan beraneka sifat dan kepribadian. Dengan begitu, kamu bisa mengamati dan menambah wawasan sebagai cara kamu menghilangkan rasa pemalu. Amati teman-temanmu yang supel dan mudah bergaul untuk kamu bisa melakukan cara merubah kepribadian menjadi lebih baik lagi.

  1. Ubah penampilan

Tidak bisa dipungkiri penampilan merupakan hal yang penting bagi semua orang. Walaupun bukan segalanya, namun mengubah penampilan sesuai kepribadianmu akan menunjukkan identitas dirimu dan bisa membuatmu semakin percaya diri di depan orang lain. Maka, cobalah cara merubah gaya penampilan supaya kamu tampak lebih menarik. Dengan cara mengubah penampilan, kamu bisa menjadi lebih percaya diri. Ketahui juga cara berpenampilan menarik untuk makin meningkatkan rasa percaya dirimu.

Sponsors Link

  1. Atur emosi

Jika kamu masih merasa grogi dan khawatir, cobalah untuk mengatur emosi menjadi lebih tenang. Tarik nafas dalam-dalam dan beri sugesti pada dirimu bahwa semua baik-baik saja. Lakukan cara mengendalikan diri dengan berpikirlah positif dan hilangkan pikiran-pikiran yang membuatmu ingin menarik diri kembali ke kesendirian.

  1. Keluar dari zona nyaman

Rasa pemalu bisa timbul karena kamu merasa tidak berarti dan hidup dalam dunia yang tidak semenarik hidup orang lain. Maka kamu bisa mencoba untuk keluar dari zona nyaman. Keluar dari zona nyaman bisa menyegarkan kembali dirimu yang mulai jenuh dalam hidup. Hal ini bisa memberimu semangat untuk kembali terjun ke masyarakat dengan peenuh percaya diri. Carilah cara menghilangkan kejenuhan dan tips menghilangkan rasa bosan.

  1. Berbuat kebaikan

Jangan lupa untuk selalu berbuat kebaikan kepada orang lain. Dengan berbuat kebaikan, kamu akan merasa lebih berarti dan memberi manfaat kepada orang lain. Dengan begitu kamu bisa belajar untuk menghargai diri sendiri dan menghilangkan rasa pemalu yang kamu miliki. Ketahuilah ciri-ciri orang baik hati yang bisa kamu tiru untuk diaplikasikan ke dirimu sendiri.

Sponsors Link

Dampak Buruk Rasa Pemalu

Sebenarnya rasa pemalu merupakan salah satu bagian dari kepribadian yang akan cukup sulit untuk diubah. Namun, seringkali rasa pemalu bisa mengganggumu dan menghambat dirimu untuk mengembangkan diri  dan melakukan cara menjadi pribadi yang baik. Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu harus melakukan cara menghilangkan rasa malu :

  1. Menghambat kreativitas

Rasa pemalu bisa menghambat dan menghalangi kreativitasmu. Bagaimana tidak, jika setiap kamu mendapat ide-ide keren, kamu tidak bisa menyampaikannya kepada orang lain karena kamu malu mengatakannya. Tidak hanya itu, rasa malu membuatmu takut menjadi pusat perhatian sehingga kamu cenderung menutupi segala kelebihanmu demi menghindari tatapan orang lain. Jika sudah demikian, bagaimana kamu bisa berkreasi?

  1. Mengganggu sosialisasi

Rasa pemalu akan membuatmu menarik diri dari keramaian dan hubungan pertemanan. Kamu mungkin masih punya teman atau sahabat, tapi tidak banyak dan bisa dihitung dengan jari. Kamu mengalami kesulitan bertemu dengan orang baru. Hal ini membuatmu tampak sendirian dan orang lain pun juga segan untuk mendekatimu.

  1. Membuatmu tertekan

Semua perasaan khawatir, takut dan malu yang kamu rasakan akan semakin membuatmu terbebani. Kamu merasa tertekan dan tidak bebas melakukan segala sesuatu. Selain itu, menahan hasrat untuk menunjukkan kreativitasmu juga bisa menimbulkan stres dan rasa tertekan pada dirimu.

Dengan beberapa dampak buruk di atas, maka perkembangan dirimu akan juga terganggu akibat rasa pemalu yang kamu miliki. Maka, sebaiknya kamu mulai mencari cara menghilangkan rasa pemalu yang kamu miliki.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 24th, November 2016 / 22:32 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan