11 Cara Mengatasi Anak Bandel Usia 5 Tahun yang Baik

Usia 5 tahun bagi anak termasuk pada periode masa-masa emas dalam tumbuh kembangnya. Pada masa ini anak-anak akan menjadi sangat aktif dan memiliki imajinasi yang tinggi serta rasa keingintahuan yang juga tinggi terhadap apa saja yang dilihat dan ditemukannya. Keaktifan seorang anak dalam memenuhi rasa keingintahuannya terhadap dunia juga dipengaruhi oleh sifat si anak itu sendiri.

ads

Ada anak yang terlalu aktif dan tidak bisa menahan rasa keingintahuannya itu sehingga ia terlihat menjadi seperti anak nakal yang tidak bisa diberi tahu dan juga sangat  sulit untuk disuruh diam dan tenang. Memang tidak ada masalah dengan semua itu, namun jika si anak bersikap tidak mau di atur dan tidak mau menurut ini sudah bisa dimasukkan dalam kategori anak yang bandel.

Nah jika anak bunda juga termasuk dalam kategori ini jangan khawatir, bunda bisa menyimak cara mengatasi anak bandel usia 5 tahun berikut ini.

  1. Berikan didikan secara tegas kepada anak.

Mendidik anak bukan dengan cara yang keras tapi dengan cara yang tegas. Mendidik anak dengan keras bisa menjadi penyebab anak melawan orang tua. Tegas bukan berarti harus memarahi anak dengan keras namun menasehatinya dengan cara mendidik anak agar tidak terlalu manja.

  1. Mulai kenalkan anak tentang hukum sebab dan akibat.

Anak usia 5 tahun sudah bisa menyerap apa yang diajarkan kepadanya dan otaknya pun akan menyimpan dengan cepat apa yang diajarkan kepadanya. Oleh karena itu mulailah untuk mengajarkannya tentang hukum sebab akibat. Seperti jika ia bersikeras untuk memanjat maka akibatnya ia akan jatuh dan terluka serta akan merasakan sakit pada bagian tubuhnya.

  1. Buat aturan yang tegas untuk anak.

Buatlah suatu aturan yang tegas untuk anak mana yang boleh dan mana yang tidak untuknya. Seperti permainan seperti apa yang boleh dan tidak boleh ia lakukan. Hal apa yang boleh ia lakukan dan yang tidak boleh sehingga anak akan tahu mana batasan-batasan untuknya.

  1. Ajarkan anak agar bisa disiplin.

Mengajarkan anak untuk disiplin itu sangatlah penting sejak usia masih dini. Anak yang sudah terbiasa disiplin dari kecil maka hal itu akan dibawanya hingga ia besar nanti. Mengajarkan anak yang bandel untuk disiplin memang sulit namun berusahalah untuk terus menerapkan kedisiplinan padanya agar ia tidak terus menerus menjadi anak yang bandel.

  1. Jangan menuruti semua kemauan dan keinginan anak.

Anak-anak selalu rewel jika keinginannya tidak dituruti. Pada anak yang bandel akan memperlihatkan sikap yang lebih keras jika keinginannya belum ia dapatkan. Ia akan memperlihatkan emosinya dengan cara membanting pintu atau melempar barang untuk mengambil perhatian sang bunda demi mendapatkan keinginannya itu. Dan disini dibutuhkan kesabaran kita untuk tidak memanjakannya dan bisa bersikap tegas padanya.

  1. Boleh memanjakan anak tapi harus tau batasannya.

Siapa yang tega melihat anaknya terus merengek meminta sesuatu? Semua orang tua pasti tidak akan tega dan pada akhirnya orang tua akan memberikan apa yang di minta sang anak. Jika hal ini terus terjadi maka anak akan tumbuh menjadi manja dan semakin bandel jika suatu saat permintaannya tidak dikabulkan. Untuk itu ketahui cara memanjakan anak serta batasannya.

  1. Kenalkan pada anak tentang perilaku baik dan perilaku yang buruk.

Mulailah mengajarkan anak tentang perilaku yang baik dan yang buruk dengan memberikan contoh pada anak. Bunda bisa membeli buku cerita yang edukatif yang dipenuhi pesan moral yang baik seperti cerita tentang anak durhaka terhadap orang tuanya serta memiliki gambar yang menarik untuk menarik minat sang anak.


  1. Berikan ‘hukuman’ pada anak agar ia mengetahui kesalahannya.

Jika anak membuat kesalahan berikanlah hukuman untuk mengenalkannya pada kesalahan yang telah ia perbuat. Hukuman bisa berupa menyita mainan kesayangannya atau tidak boleh bermain dengan temannya sebelum ia berjanji untuk tidak lagi menjadi anak yang nakal dan harus mau mendengarkan perkataan orang tua.

  1. Mulai ajarkan anak untuk bisa menghargai orang lain.

Dari kecil anak sudah bisa dilatih untuk bisa menghargai orang lain dengan cara bersikap baik kepada orang lain. Anak yang bandel ada yang selalu usil kepada orang lain dan suka mengganggu orang lain.

  1. Jangan lupa untuk memberikan contoh yang baik pada anak.

Sebagai orang tua kita diwajibkan untuk memberikan contoh yang baik kepada anak karena anak akan menyerap apa yang ia lihat di lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu sangat penting untuk bersikap baik dihadapan anak.

  1. Didik anak dengan kasih sayang.

Mendidik anak tidak bisa hanya dengan tegas saja tapi juga harus diiringi dengan kasih sayang. Tanpa adanya kasih sayang anak akan tumbuh menjadi pribadi yang keras. Cara mendidik anak yang baik adalah harus disertai dengan kasih sayang.

Demikianlah cara mengatasi anak yang bandel pada usia 5 tahun. Selain itu ketahui juga bahaya menampar anak  dan juga cara menjadi orang tua yang baik untuk anak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk bunda.

, ,
Oleh :
Kategori : Anak Anak