Lakukan 6 Hal Ini untuk Menghadapi Saudara yang Iri Hati kepada Kita

Pada dasarnya, manusia adalah bersaudara. Tapi dalam sebuah keluarga, saudara adalah kakak-kakak dan adik-adik kita yang lahir dari rahim yang sama. Dan saudara juga mencangkup mereka yang masih berhubungan darah atau masih satu keluarga besar dengan kita, baik dari keluarga ayah maupun ibu. Terkadang hubungan persaudaraan tidak selamanya baik dan berjalan mulus. Ada kalanya sesama saudara atau kakak adik terjadi perselisihan, rasa tidak senang dan tidak suka bahkan rasa iri hati saat melihat saudara lainnya yang sukses dan bisa menjalani hidup dengan baik.

Siapa saja bisa memiliki saudara yang suka iri hati ini dan selalu memandang negatif. Adakah yang memiliki saudara seperti ini? Yang sulit tentu menghadapi saudara seperti ini ya, karena apapun yang kita lakukan jadi serba salah dan tak jarang kita yang menjadi saudaranya ini dijadikan sebagai bahan gunjingan, baik kepada para tetangga atau bahkan kepada sesama saudara lainnya. Ini merupakan ciri-ciri orang dengki kepada kita. Pastinya kita pun jadi tidak senang dan risih dengan saudara yang iri hati seperti ini. Apa yang bisa kita lakukan untuk cara menghadapi saudara yang iri hati ini? Simak dibawah ini ya cara menghadapi orang iri yang ada di sekitar kita!

1. Jangan Hiraukan dan Tanggapi dengan Santai

Memang, menghadapi saudara yang iri hati ini terkadang membuat kita tak nyaman dan risau. Tapi, ketimbang merusak hubungan persaudaraan dengannya, akan lebih baik bila kita tidak menghiraukan sikapnya selama tidak merugikan diri kita dan keluarga serta tidak mengeluarkan fitnah tentang kita. Jika kita menanggapi, selain akan berbuntut panjang juga akan membuat hubungan keluarga memburuk. Biarlah ia iri sendiri selama kita tidak mengganggunya dan tidak membuat kesalahan yang merugikan dirinya. Begitu juga dengan cara menghadapi ipar yang sirik kepada kita. Hal ini berlaku pula untuk cara menghadapi sindiran dari teman dan cara menyikapi orang yang meremehkan kita.

2. Minta Bantuan Keluarga Lain untuk Menyadarkannya

Saudara yang iri hati kepada kita akan terlihat jelas dari sikapnya. Tidak hanya kita, saudara lainnya juga akan bisa membaca sikapnya yang tidak bisa melihat kita hidup senang dan tenang. Dari pada pusing sendiri, ada baiknya kita meminta bantuan anggota keluarga lain untuk menyadarkan dan memperingatkan bila sikapnya sudah keterlaluan. Terlebih jika ia sudah mulai masuk untuk berniat untuk mengganggu ketenangan hidup kita.

3. Jangan Terpancing Emosi

Namanya emosi kadang kala tidak dapat kita kontrol jika sudah penuh dan tak tertahankan. Dan hal itu akan terjadi jika ada seseorang yang dengan sangaja atau tidak memancing emosi kita. Memiliki saudara yang iri hati dan selalu beranggapan negatif terhadap kesuksesan dan keberhasilan kita, sebaiknya jangan mudah terpancing. Abaikan saja karena aslinya kita tahu bahwa orang iri karena tak mampu bukan? Daripada marah dan kesal, lebih baik ubah perasaan itu untuk bisa memaklumi sikapnya.

4. Berikan Perhatian Lebih Kepadanya

 Cara menghadapi saudara yang iri hati kepada kita selanjutnya adalah dengan mencoba mendekatinya dan memberikan perhatian untuknya. Tetaplah bersikap baik kepadanya agar ia tahu bahwa diri kita tidak seburuk yang ia lihat. Semoga saja dengan kebaikan yang kita berikan ia menjadi sadar dengan sikap dan kesalahannya selama ini. Terkadang seseorang menjadi iri karena kurang mendapat perhatian dan kasih sayang dan tidak memiliki kesempatan yang sama dengan kita. Karena itu, apa salahnya kita merangkulnya lebih dekat?

5. Jaga Jarak Dengannya

Jika niat baik kita untuk menjadi lebih dekat dengannya tidak memberikan hasil yang baik, maka cara menghadapi saudara yang iri hati berikutnya adalah dengan menjaga jarak dengannya. Tidak ada pilihan lain selain untuk tidak terlalu dekat denganya jika ia menunjukkan sikap yang tidak ramah dan tidak bersahabat. Dari pada berakhir dengan konflik, akan lebih baik bila kita menjaga jarak agar hubungan persaudaraan tetap terjalin baik.

6. Bersikap Biasa Saja dan Apa Adanya

Terkadang tanpa disadari, sikap kita sendirilah yang menjadi penyebab orang iri dengan kita. Mungkin saja gaya hidup kita yang berlebihan atau selalu pamer kebahagiaan di depan orang-orang yang harus menghadapi banyak masalah dalam hidup. Atau mungkin kita berlagak seolah menjadi orang yang hidup dengan keberuntungan sehingga membuat saudara sendiri ikut iri melihat kita. Karena itu, meski kita memiliki kelebihan dalam hal apa saja, cukup bersikap biasa saja.

Begitulah 6 cara menghadapi saudara yang iri hati kepada kita. Selain melakukan berbagai upaya, kita juga harus intropeksi diri kenapa orang malah iri hati kepada kita. Mungkin kita perlu cara menghilangkan sifat angkuh yang tak kita sadari. Rasa iri orang lain atau bahkan saudara sendiri bisa berdampak buruk lho kepada hidup kita. Jadi hiduplah sewajarnya saja dan jangan sampai kita ikut jadi orang yang suka iri karena banyak akibat iri hati dan dengki yang tidak baik untuk kita sendiri.

, ,
Oleh :
Kategori : Keluarga