5 Penyebab Takut Ketinggian yang Dirasakan Seseorang

Memiliki rasa takut terhadap ketinggian adalah hal yang wajar dialami manusia karena takut akan terjatuh. Rasa takut saat berada di tempat yang tinggi dikatakan tidak normal apabila rasa takut itu berlebihan hingga menimbulkan kepanikan bahkan melemahkan otot-otot tubuh. Orang yang merasa takut berada di ketinggian tidak akan mau mendekati tempat-tempat yang tinggi karena rasa cemas akan muncul dari dalam dirinya saat mendekati tempat yang tinggi tersebut. Dan rata-rata hampir 85% orang di dunia takut pada ketinggian dengan tingkat ketakutannya yang berbeda-beda.

ads

Rasa takut yang berlebihan dari dalam diri tentu ada penyebabnya. Bisa datang dari dalam diri atau karena adanya pengalaman buruk dengan ketinggian itu sendiri. Ketakutan yang berlebihan bisa mengganggu kehidupan seseorang. Orang yang bekerja di gedung tinggi misalnya, setiap hari ia harus naik ke gedung tersebut dengan kecemasan dan ketakutannya sendiri yang pada akhirnya membuat ia menjadi stres dan tertekan akibat rasa takutnya itu sendiri. Penting untuk mengetahui cara menenangkan diri saat panik agar lebih bisa mengontrol diri saat berada di ketinggian bagi kamu yang takut ketinggian.

Untuk penanganan yang tepat mengatasi rasa takut tersebut tentu harus diketahui dulu penyebabnya agar bisa ditentukan langkah yang tepat. Dengan mengetahui penyebabnya juga akan lebih mudah untuk mengatasi rasa takut tersebut. Berikut adalah penyebab rasa takut pada ketinggian yang di alami seseorang.

  1. Akrofobia.

Akrofobio merupakan sebuah ketakutan akan ketinggian yang dialami seseorang. Orang yang menderita fobia ketinggian ini akan merasa cemas berlebihan dan mengalami kepanikan ketika ia berada di tempat-tempat yang cukup tinggi. Ia juga akan merasakan kegamangan yang dahsyat sehingga ia tidak pernah kuat untuk berada di ketinggian. Bahkan ada dari mereka yang hanya dengan membayangkannya saja sudah menimbulkan kecemasan luar biasa dari dalam diri mereka.

  1. Faktor usia yang semakin menua.

Rasa cemas berada di ketinggian bisa dialami dan dirasakan semua orang dikalangan semua umur. Pada anak-anak ketakutan pada ketinggian lebih kecil dibanding orang yang memasuki usia tua. Semakin tua seseorang maka ketakutannya kepada ketinggian semakin besar. Ia akan semakin mudah untuk menjadi gamang. Jadi suatu hal yang wajar jika orang yang tua memiliki rasa cemas yang besar dan kegamangan berada di tempat yang tinggi.

  1. Kelemahan fisik dan mental.

Fisik dan mental yang lemah juga bisa mempengaruhi respon seseorang terhadap ketinggian. Orang yang tidak memiliki mental yang kuat dan fisik yang lemah bisa tidak kuat saat berada di tempat yang tinggi. Kegamangan akan dirasakan diiringi dengan rasa panik. Jika mental seseorang sudah lemah ia akan takut berurusan dengan hal-hal yang berisiko tinggi dan ekstrem seperti ketinggian ini. Kamu bisa mengikuti cara menguatkan mental yang lemah jika kamu tidak ingin terus-terusan menjadi orang yang penakut.


  1. Pengalaman yang traumatik dengan ketinggian.

Faktor lain yang bisa menjadi penyebab seseorang takut pada ketinggian adalah pengalaman dari masa lalu yang membuat ia trauma sepanjang hidupnya. Pengalaman tersebut tentu yang berhubungan dengan ketinggian, seperti jatuh atau hampir jatuh dari ketinggian atau melihat orang yang terjatuh dari tempat yang tinggi. Pengalaman itu tentu saja akan membekas dalam ingatannya dan terus menimbulkan kekhawatiran ketika berada di tempat yang tinggi dengan rasa takut jika hal tersebut terulang kembali atau terjadi kepada dirinya.

  1. Bayangan buruk tentang ketinggian.

Selalu membayangkan ketinggian sebagai tempat yang menakutkan dan tidak bersahabat bisa membuat seseorang menjadi takut ketinggian. Sering membayangkan berbagai kejadian yang menyeraman yang terjadi pada ketinggianlah yang menjadi penyebab rasa takut itu semakin berlebihan. Hal ini berhubungan dengan pikiran sendiri karena kita selalu membayangkan hal-hal buruk tentang ketinggian. Sesekali cobalah untuk mengubah cara pandang tentang tempat yang tinggi dimana dari atas sana kita bisa melihat banyak keindahan.

Dari kelima penyebab takut berlebihan akan ketinggian di atas manakah yang kamu alami? Sebaiknya kamu ketahui cara menghilangkan rasa takut berlebihan terhadap ketinggian ini agar ketika kamu harus naik ke gedung yang tinggi kamu bisa merasa nyaman tanpa rasa khawatir. Kalau kamu menyukai salah satu hobi paling ekstrem di dunia yang biasanya banyak dilakukan dari ketinggian maka kamu harus bisa melawan rasa takut dari dalam diri kamu itu.

Selain rasa takut berlebihan ada juga rasa takut terhadap orang lain. Untuk fobia yang satu ini kamu harus tahu cara mengatasi rasa takut terhadap orang lain karena akan sangat aneh jika merasa takut berlebihan kepada orang lain dimana setiap hari kita harus berinteraksi dengan orang lain. Selain itu kenali juga penyebab anak takut sama orang lain yang jika dibiarkan bisa berdampak pada perkembangan psikologis anak.

, ,