6 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Siswa

Rasa percaya diri harus dimiliki semua siswa dan siswi di sekolah. Menanamkan rasa percaya diri kepada mereka bisa membuat mereka menjadi orang yang sukses menggapai masa depannya. Namun tidak sedikit siswa yang mengalami rasa kurang percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya. Semua bisa terlihat dari keaktifan dan kreativitas mereka saat proses pembelajaran. Siswa yang memiliki rasa percaya diri tinggi akan terlihat aktif di kelas baik dalam tanya jawab maupun diskusi. Sementara siswa yang tidak percaya diri akan banyak diam tanpa banyak bertanya.

ads

Penting sekali menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa agar mereka bisa menjadi pribadi yang mandiri nantinya. Dengan memiliki rasa percaya diri mereka juga akan siap untuk meraih prestasi yang membanggakan. Untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa pada dasarnya harus menumbuhkan rasa tersebut dari dalam diri siswa itu sendiri. Bagaimana caranya menumbuhkan rasa percaya diri dari dalam diri siswa tersebut? Simak cara membangun percaya diri dari dalam diri siswa berikut ini.

  1. Menghadirkan proses belajar mengajar yang nyaman dan menyenangkan bagi siswa.

Suasana belajar mengajar yang nyaman bagi siswa bisa membuat siswa lebih semangat dalam belajar. Proses belajar yang juga menyenangkan tanpa membuat siswa tertekan akan membuat siswa lebih berani untuk mengeluarkan kemampuan yang dimilikinya. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bisa mengekspresikan pendapatnya di depan kelas bisa membuat rasa percaya dirinya semakin besar.

  1. Memberikan motivasi kepada siswa.

Memotivasi siswa itu sangat penting dalam proses menumbuhkan rasa percaya diri yang mereka miliki. Terkadang seorang anak membutuhkan motivasi besar sebagai pendorong agar kepercayaan dirinya bisa bangkit. Terkadang anak juga terlalu takut untuk mengeluarkan pendapat karena takut salah, takut ditertawakan atau takut dimarahi jika ternyata apa yang dipikirkannya ternyata tidak sesuai. Oleh karena itu berikan akan kebebasan untuk berpendapat tanpa harus menghakiminya jika ternyata apa yang diungkapkannya itu salah.

  1. Mengingkatkan semangat kompetitif antar siswa.

Biasakan untuk mengadakan kompetensi di kelas untuk mengasah kepercayaan diri para siswa. Hadirkan kompetensi singkat yang bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri mereka. Semangat kompetensi yang ada bisa membuat mereka lebih percaya diri. Membiasakan menyuruh siswa untuk ikut berkompetisi merupakan salah satu cara menjadi percaya diri dan tidak pemalu bagi siswa karena lama-kelamaan ia akan terbiasa.

  1. Tidak mendiskiminasi anak yang lemah.

Siswa yang lemah dalam belajar jangan dimarahi dengan perkataan atau perbuatan. Menertawakannya hanya akan membuat rasa percaya dirinya semakin tenggelam. Seharusnya koreksi kesalahan siswa tersebut dengan memberikan contoh yang benar dan bukan malah memarahinya sehingga membuat dirinya malu dengan teman-temannya. Cara mengatasi kurang percaya diri bagi siswa ini juga sangat membutuhkan peran dari guru-gurunya disekolah sebagai motivator.


  1. Memberikan pelatihan kepada siswa untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa bisa dengan mengadakan pelatihan-pelatihan dikelas seperti diskusi dan presentasi. Jika dibiasakan rasa percaya diri dari dalam diri mereka perlahan akan muncul dan makin lama bisa membuat mereka makin percaya diri dengan kemampuan mereka. Memberitahu cara mudah bersosialisasi yang baik dan benar juga bisa sedikit meningkatkan rasa percaya diri siswa karena bisa saja selama ini mereka tidak cukup pandai dalam bersosialiasi.

  1. Meminta setiap siswa tampil di depan kelas.

Biasakan untuk meminta siswa tampil berbicara di depan kelas untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka. Jika mereka telah terbiasa, mereka akan menjadi tidak canggung dan perlahan akan menjadi percaya diri. Rasa percaya diri biasanya menghilang ketika kita berada dihadapan publik dan harus tampil berbicara dengan mereka. Oleh karena itu biasakan untuk berbicara di depan kelas terlebih dahulu. Dan mintalah para siswa untuk mengabaikan candaan dan cemoohan dari teman-temannya. Reaksi teman-temannya yang kurang baik bisa menciutkan kembali rasa percaya diri yang dimiliki. Namun hal itu juga bagus untuk melatih keberanian anak yang kurang percaya diri dan memiliki mental yang lemah.

Demikianlah 5 cara menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa di kelas yang selama inikurang aktif. Yang terpenting cara agar percaya diri siswa tumbuh itu adalah terus memberikan respon positif kepada anak yang krisis kepercayaan diri dan selalu mendukung serta mengarahkannya. Ketahui juga cara meningkatkan keyakinan diri yang juga sama pentingnya dengan meningkatkan rasa percaya diri.

Bagi kamu siswa yang pemalu di kelas ketahui cara menghilangkan sifat pemalu agar kamu bisa lebih aktif di kelas. Selain itu menghilangkan sifat pemalu juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri kamu. Satu hal lagi untuk bisa percaya diri adalah dengan cara meyakinkan diri sendiri bahwa kamu pasti bisa.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan