16 Cara Mengatasi Emosi pada Diri Sendiri dengan Mudah

Melawan keinginan dan sendiri memang terkadang terasa sulit untuk dilakukan jika di dalam diri terdapat hawa nafsu yang begitu besar. Begitu juga dalam mengendalikan emosi dalam diri yang mudah meledak-ledak yang membuat diri kita ingin melampiaskannya keluar agar hati terasa laga. Namun tanpa disadari emosi yang dikeluarkan membuat diri kita menjadi terlihat tidak baik dan menjadi sosok yang begitu pemarah.

ads

Membiarkan diri sendiri tidak mampu untuk mengontrol emosi akan membuat diri kita menjadi tampak buruk di lingkungan sekitar. Sehingga akan mengganggu hubungan sosial kita dengan orang-orang disekeliling kita. Orang-orang akan membenci sifat kita yang mudah marah dan enggan untuk bergaul dengan kita. Jika tidak ingin terus berada dalam posisi seperti ini maka belajarlah cara mengendalikan emosi diri seperti beberapa cara dibawah ini.

  1. Belajar untuk pengendalian diri.

Pengendalian diri sangat dibutuhkan oleh seseorang untuk bisa menjaga dirinya dari pengaruh-pengaruh luar yang  bisa membuat diri ini terbawa ke jalan yang salah. Tidak hanya itu, pengendalian diri juga bisa membantu kita dalam mengendalikan emosi  sendiri, maka dari itu banyaklah belajar cara mengendalikan diri dan amarah.

  1. Belajar menghilangkan amarah.

Jika aarah sudah terpancing maka emosi pun akan ikutan naik yang pada akhirnya akan membuat seseorang yang emosian menjadi marah-marah yang sulit dikendalikan. Sebelum semua itu terjadi maka belajarlah cara menghilangkan rasa marah dari dalam diri.

  1. Kendalikan rasa kesal.

Rasa kesal juga dapat menjadi pemicu amarah dan emosi seseorang, untuk itu ketahui cara menghilangkan rasa kesal dan marah sebelum emosi menjadi semakin memuncak dan meluap-luap.

  1. Berusaha untuk tetap tenang saat emosi mulai menaik.

Emosi yang terasa makin membara tentu diakibatkan oleh adanya masalah yang sedang dihadapi. Agar tidak mudah marah dalam menghadapi berbagai persoalan hidup maka sebaiknya ketahui cara menghadapi masalah dengan tenang agar emosi bisa terkendalikan.

  1. Yakinkan diri untuk ingin marah-marah.

Yang bisa merubah diri sendiri menjadi lebih baik lagi ya hanya diri kita sendiri. Jadi jika kita ingin menghilangkan kebiasaan yang tidak baik bisa dilakukan dengan cara meyakinkan diri sendiri bahwa kamu bisa untuk tidak marah-marah.

  1. Kuatkan niat dan tekad untuk tidak lagi membiarkan diri terbawa emosi.

Cara merubah diri menjadi lebih baik agar tidak lagi mudah marah dan emosian harus disertai dengan tekad dan niat yang kuat dari dalam diri sendiri. Maka jika ingin berhasil untuk mencapainya kuatkan tekad dan niat ya.

  1. Berusaha sebaik mungkin untuk tetap sabar.

Apapun permasalahan dan persoalan yang sedang dihadapi kamu harus bisa mengatasinya dengan cara bersikap sabar dalam menghadapi semua itu. Dengan kesabaran maka amarah dan emosi pun bisa dikendalikan.

  1. Mulailah menjadi orang yang pemaaf.

Dengan memaafkan segala kesalahan dan kejadian yang membuat kita marah maka emosi dalam diri pun tidak akan mudah untuk terpancing. Jika memaafkan itu terasa sulit maka kamu harus belajar cara memaafkan orang lain dan juga cara memaafkan diri sendiri.

  1. Belajar untuk bisa menerima dengan lapang dada.

Emosi dalam diri mudah terpancing juka seseorang memiliki hati yang sempit. Maka jika ingin bisa mengendalikan emosi dalam diri cobalah untuk memiliki hati yang besar dan lapang dada.

  1. Berpikir sebelum bertindak.

Disaat emosi dan ingin melakukan hal-hal lain untuk meluapkan emosi yang ada, cobalah untuk berpikir sejenak sebelum bertindak mengenai dampak yang akan terjadi setelah kamu memutuskan untuk marah-marah.

  1. Menjaga pikiran tetap positif.

Dengan selalu berpikiran positif maka diri kita akan dengan mudah mengendalikan emosi dengan baik sehingga kita akan dijauhi dari sifat pemarah dan emosian.


  1. Alihkan pikiran dari hal yang menyulut emosi.

Disaat diri kamu emosi cobalah untuk beralih melakukan hal lain yang bisa mengalihkan pikiran kamu dari masalah dan kejadian-kejadian tersebut.

  1. Merenungkan dampak dari emosi-emosi yang selama ini diluapkan.

Sudah berapa kali kamu marah-marah dan meluapkan emosi kamu? Lalu apa yang terjadi setelahnya? Sebaiknya kamu renungkan pertanyaan tersebut agar kamu bisa menyadari bahwa melampiaskan emosi itu tidak ada gunanya.

  1. Biasakan diri untuk lebih santai ketika emosi.

Biasakanlah diri kamu untuk bisa lebih santai dan relaks dalam menghadapi masalah kehidupan. Jika kamu sudah terbiasa maka emosi kamu juga tidak akan dengan mudah terpancing.

  1. Melakukan hal yang menyenangkan.

Lakukan hal-hal dan kegiatan yang menyenangkan untuk mengalihkan emosi kamu. Kamu bisa menonton film, bermain game atau berolahraga sehingg kamu bisa melupakan hal yang menyebabkan kamu menjadi marah dan emosi.

  1. Sedikit menjadi tidak peduli dengan keadaan.

Sikap tidak peduli dan cuek memang tidak baik, namun tidak ada salahnya kamu miliki sedikit agar kamu tidak terlalu fokus dengan suatu masalah yang bisa memancing emosi kamu.

Demikianlah cara mengatasi emosi pada diri sendiri dengan mudah agar kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan