11 Cara Mengatasi Mertua Bawel dan Suka Ngomel

Tak jarang setelah mengarungi bahtera rumah tangga bersama pasangan yang dicinta sering kali banyak dari pasangan suami istri yang mengeluhkan permasalahan seputar rumah tangga yang baru saja mereka jalani. Yah, memang tidak ada suatu pernikahan dan rumah tangga pun yang akan berjalan dengan mulus, sedikit banyaknya pasti saja ada hal yang akan membuat emosi menjadi naik turun.

ads

Dan keluhan yang paling banyak terdengar dari pasangan yang baru menikah adalah masalah antara istri dan ibu mertua. Entah kenapa sering kali hal ini jadi keluhan yang paling banyak di alami oleh seorang istri. Padahal seharusnya pernikahan bisa menyatukan dua keluarga sehingga menjadi satu keluarga besar yang utuh dan harmonis. Tapi semua itu hanyalah kata-kata yang berbanding terbalik dengan kenyataan.

Sering kali seorang istri mengeluhkan tentang ibu mertuanya yang bawel dan cerewet yang akhirnya bisa menjadi penyebab keluarga tidak harmonis. Dan sebagai menantu tentulah ia tidak bisa untuk banyak berbuat apa-apa untuk menghormati ibu mertuanya ini. Tapi jika hal ini berlangsung terus menerus menantu mana yang tidak akan uring-uringan dibuatnya? Oleh karena itu bagi seorang istri yang sedang mengalami permasalahan yang sama ada baiknya untuk mencoba beberapa cara mengatasi mertua bawel di bawah ini.

  1. Jangan membantah atau pun menyela ibu mertua saat beliau sedang berbicara.

Yang namanya ibu mertua cerewet pasti ada saja hal yang akan membuatnya terus mengomel dan tak hentinya menegur atau pun menyalahkan sang menantu. Dan apa pun itu yang dikatakan ibu mertua, jangan pernah membantahnya karena jika dibantah akan membuat ibu mertua makin bawel.

  1. Dengarkan saja apa yang dikatakan ibu mertua, walaupun hati tidak menyetujui.

Dongkol sudah pasti kalau tiap hari di omelin terus, tapi tetaplah menjadi pendengar yang baik untuk ibu mertua anda, karena jika anda mengatakan “tidak setuju” maka hal ini akan memicu timbulnya perdebatan yang bisa menyulut emosi anda atau ibu mertua. Poin kedua ini juga merupakan tips menjaga hubungan dengan mertua agar tetap akur.

  1. Jangan terlalu terbuka dengan ibu mertua tentang masalah apa pun.

Ibu mertua yang cerewet biasanya juga selalu ikut campur dalam segala hal yang terjadi dalam kehidupan tumah tangga anaknya. Dan sebisa mungkin ibu mertua akan mengutarakan pendapatnya dan ikut ambil andil dalam membuat sebuah keputusan dan ini termasuk pada ciri-ciri mertua perusak rumah tangga.

  1. Usahakan untuk hidup mandiri bersama keluarga kecil.

Untuk menghindari perselisihan dengan ibu mertua yang cerewet sebaiknya ajak suami untuk hidup mandiri dengan cara untuk tidak tinggal satu atap dengan ibu mertua. Sehingga keluarga kecil anda bisa hidu tenang dan bahagia tanpa ada campur tangan dari ibu mertua. Dan ini merupakan cara menghadapi mertua cerewet yang paling aman.

  1. Jaga jarak dengan ibu mertua.

Hubungan antara menantu dan mertua seharusnya terjalin dengan baik, namun jika memiliki ibu mertua yang bawel tentu saja hal ini nantinya akan bisa mengundang perselisihan di antara keduanya. Dan demi kebaikan tak apa untuk menjaga jarak dengan ibu mertua yang bawel agar tidak terjadi keretakan dalam hubungan keluarga.

  1. Tak masalah untuk berbagi dengan suami perihal ibu mertua yang terlalu cerewet.

Tidak tahan dengan sikap ibu mertua yang terlalu cerewet? Tak masalah jika anda ingin berbagi dengan suami selaku anaknya. Namun harus disampaikan dengan cara yang benar agar tidak membuat hubungan suami dan ibunya menjadi rusak atau malah bisa membuat suami yang marah kepad anda jika cara penyampaiannya yang salah.

  1. Luangkan waktu untuk “me time” untuk relaksasi.

Di saat menikmati “me time” cobalah untuk melakukan hal-hal yang bisa membuat diri anda relaks dan nikmati kebahagiaan anda sendiri, berwisata juga termasuk salah satu cara menenangkan hati dan pikiran. Lupakan sejenak semua permasalahan dengan ibu mertua anda agar tidak menjadi beban untuk diri anda.


  1. Jangan terjebak apalagi stress dengan sikap ibu mertua yang bawel.

Jika anda harus berhadapan setiap hari dengan ibu mertua yang selalu mengomel, jangan jadikan ini beban yang akhirnya membuat anda stress. Lebih baik untuk tidak terlalu memikirkan sikap ibu mertua anda dan anggap saja sifat bawelnya ini adalah hal yang biasa yang tidak perlu dipusingkan.

  1. Hindari untuk tidak beradu argumen dengan ibu mertua.

Beradu argumen dan berdebat dengan ibu mertua? Hal ini pasti akan membuat ibu mertua anda semakin menjadi untuk mendikte anda, lebih baik untuk menghindar sebelum hal ini terjadi yang nantinya bisa berujung pada keretakan hubungan anda dengan ibu mertua.

  1. Berusaha bersikap normal dihadapan ibu mertua.

Apa pun yang anda rasakan berusahalah untuk tetap bersikap normal seperti biasanya karena bagaimana pun ibu mertua anda tetaplah harus di hormati dan sebisa mungkin untuk menjaga hubungan tetap terjaga dengan baik, begitu juga dengan cara mengatasi mertua galak.

  1. Tetap berpikir positif.

Usahakanlah untuk tetap berpikir positif terhadap mertua anda bagaimana pun sikapnya terhadap anda. Dengan bisa berpikir positif anda juga akan bisa untuk lebih memaklumi sifat ibu mertua anda. Hal ini juga berlaku untuk cara menghadapi mertua egois.

Demikianlah cara mengatasi mertua bawel dan cerewet yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan sebisa mungkin jagalah hubungan antara anda mertua agar hubungan kekeluargaan bisa terus terjalin dengan baik.

, , ,
Oleh :
Kategori : Keluarga