11 Cara Mengatasi Mertua Galak yang Mudah di Terapkan

Hubungan mertua dan menantu yang tidak akur dan kurang bersahabat sudah sangat lumrah terjadi dalam sebuah pernikahan. Dan biasanya sering terjadi antara ibu mertua atau MIL (Mother in Law) dengan menantu perempuan. Hubungan yang kurang baik antara MIL dan sang menantu ini bisa saja terjadi karena sama – sama ingin di perhatikan dan ingin menjadi orang pertama yang dicintai oleh satu orang pria, yakni anak dari ibu mertua dan suami bagi si menantu.

ads

Banyak ibu mertua yang bersikap galak dan kurang bersahabat dengan menantunya atau terkadang ada ucapan yang menyakitkan hati dari si ibu mertua sehingga membuat si menantu kehilangan akal untuk menghadapi sang ibu mertuanya ini. Karena bagi si istri ini akan menjadi sesuatu yang sangat sulit dalam menyikapi semua perlakuan dan perbuatan sang ibu mertua. Apa yang harus dilakukan jika mendapati ibu mertua yang super galak dan jutek ini? Coba simak cara mengatasi mertua galak berikut ini.

  1. Lakukan hal-hal yang disukai ibu mertua saja.

Dibalik sikap yang pemarah dan jutek, seorang ibu mertua pasti mempunyai beberapa hal yang ia sukai dari sang menantunya yang membuat ia mau menerima kehadiran menantunya ini. Lakukanlah hal-hal yang dulu pernah disukai ibu mertua dari diri kamu yang mungkin saja akan bisa membuat beliau senang.

  1. Jangan lakukan hal yang biasanya bisa mengundang amarah ibu mertua.

Kalau sudah terbiasa menghadapi ibu mertua yang sering marah-marah dan selalu bersikap galak, pasti sudah hafal dong dengan setiap hal yang akan membuat beliau marah? Nah sebisa mungkin jauhi hal tersebut agar ibu mertua kamu tidak memiliki alasan untuk bersikap galak lagi.

  1. Sesekali berikan sesuatu yang akan membuatnya merasa senang.

Tak ada salahnya sesekali untuk menyenangkan hati ibu mertua yang galak ini dengan memberikan sesuatu yang membuat ia senang. Berikan sesuatu yang menjadi kesukaannya, baik itu berupa barang atau makanan kesukaan. Hal ini merupakan cara membahagiakan mertua yang paling sering digunakan oleh banyak menantu.

  1. Tabahkan hati dalam menghadapi sikap mertua yang galak.

Untuk menjadi kuat dalam menghadapi setiap cobaan termasuk untuk menghadapi ibu mertua yang galak adalah dengan selalu bersikap tabah dengan cara menenangkan hati dan pikiran. Dan tak jarang ketabahan seseorang akan memberikan hasil yang manis dikemudian hari.

  1. Cobalah untuk mengambil hati ibu mertua.

Sebelum berstatus menjadi seorang istri alias masih pacaran, pasti kamu ingin untuk mendapatkan hati calon mertua dengan melakukan berbagai cara agar bisa diterima menjadi calon menantu. Kembalilah ke masa-masa itu dan cobalah untuk menggunakan cara mengambil hati mertua yang dulu pernah kamu pakai.

  1. Jangan memperlihatkan kekesalan yang ada dalam hati.

Siapa yang tidak kesal jika ibu mertua selalu saja bersikap galak kepada kita? Tapi jangan pernah melihatkan rasa kesal di depan ibu mertua, karena semakin kamu kesal maka semakin puaslah ibu mertua. Jadi bersikaplah seperti biasa saja.

  1. Tahan hati untuk tidak menentang ibu mertua yang galak.

Emosi bisa saja terpancing jika harus selalu menerima sikap yang tidak mengenakkan dari ibu mertua, namun berusahalah untuk tetap bisa menahan dan mengontrol diri  dengan cara meredam emosi diri agar tidak lepas kontrol hingga menentang ibu mertua sendiri.

  1. Anggap saja sikap galaknya ini adalah hal yang sudah biasa dan tidak perlu dipusingkan.

Jangan pusing keterusan menghadapi sikap ibu mertua yang kelewat galak ini, anggap saja sikap beliau yang demikian sudah merupakan hal yang biasa terjadi dan bukan sesuatu yang harus ditakutkan lagi.


  1. Sabar dan sabar.

Selalu bersabar dan bersabar. Karena sabar merupakan salah satu cara mengatasi masalah keluarga dengan baik. Dan hanya dengan kesabaran kamu bisa memenangi hati sang suami, jika kamu tidak sabar dan melakukan pertentangan bisa saja suami malah balik menyalahkan kamu.

  1. Tetaplah bersikap baik agar ibu mertua cepat menyadari kesalahannya.

Selalu bersikap baik pada ibu mertua agar lambat laun beliau bisa sadar dengan sikapnya yang terlalu menekan menantu yang sekalipun tidak pernah menantang amarah dan kegalakannya.

  1. Selalu berikan respon positif pada ibu mertua.

Bagaimana pun ibu mertua dalam menyikapi kamu, mau beliau marah-marah, selalu menyalahkan dan bersikap keras tetap berikan respon yang baik karena kebaikan tidak akan pernah kalah.

Demikianlah cara mengatasi mertua galak dan sekaligus bisa untuk dijadikan sebagai tips menjaga hubungan dengan mertua yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari jika harus selalu berhubungan dengan mertua, apalagi kalau kamu masih tinggal satu atap dengan ibu mertua. Jika tidak pandai-pandai maka hal bisa menjadi penyebab suami istri sering bertengkar.

, , ,
Oleh :
Kategori : Keluarga