16 Cara Membahagiakan Diri Sendiri yang Mudah dan Sederhana

Bahagia merupakan hal yang ingin dirasakan semua orang di dalam hidupnya di selalu diharapkan dan dinantikan dalam hidup. Kebahagiaan yang dirasakan oleh tiap orang itu berbeda-beda karena cara pandang mereka yang juga berbeda dalam menilai suatu kebahagiaan. Ada yang bisa merasakan bahagia hanya dengan menjalani kehidupan yang sederhana bersama orang-orang yang disayanginya. Dan ada juga yang menilai kebahagiaan dari jumlah materi yang dimilikinya.

ads

Membahagiakan diri sendiri itu sebenarnya sangatlah mudah dan sederhana tergantung dari cara kita sendiri. Ingin tahu cara membahagiakan diri sendiri? Simak beberapa cara berikut ini.

  1. Belajar bersyukur.

Orang yang tidak pandai mensyukuri apa yang telah dimilikinya biasanya akan sulit untuk merasakan bahagia karena ia masih selalu merasa kekurangan karena terus melihat ke atas yang membuatnya belum bisa bahagia dengan apa yang ada pada dirinya. Oleh karena itu mulailah untuk melihat ke bawah agar kita bisa mensyukuri apa yang kita miliki sekarang dibanding orang yang mungkin belum seberuntung kita.

  1. Belajar menerima kenyataan dengan lapang dada.

Bagaimana mungkin kamu akan merasa bahagia jika kamu belum bisa untuk menerima segala kenyataan yang kamu hadapi? Mulai sekarang cobalah untuk menerima kenyataan yang tidak sesuai dengan harapanmu itu agar diri kamu bisa bahagia dengan cara bersikap tenang menghadapinya.

  1. Jadilah diri sendiri untuk bisa bahagia.

Kamu ingin bahagia seperti orang lain yang menurutmu hidupnya sempurna dan penuh kebahagiaan? Berhentilah untuk ingin menjadi seperti orang lain karena apa yang kamu lihat itu belum tentu benar. Orang yang terlihat bahagia belum tentu benar-benar bahagia. Karena hidup seseorang itu tidak ada yang sempurna. Maka mulailah untuk menjadi diri sendiri dan membuat kebahagiaan untuk diri sendiri dan jangan berpatokan pada kebahagiaan orang lain.

  1. Ubah standar kebahagiaan yang kamu bayangkan.

Seperti apa kebahagiaan yang kamu inginkan? Punya hidup yang mewah dan serba ada? Punya pasangan yang sempurna? Apa pun itu standar kebahagiaan yang kamu buat, kalau terlalu tinggi sehingga sulit untuk diwujudkan maka kamu mungkin akan sulit untuk bisa bahagia. Ubahlah standar itu dan cobalah untuk bisa bahagia dengan kehidupan yang sekarang.

  1. Jangan cari-cari masalah dalam hidup.

Bagaimana bisa bahagia jika masalah selalu ada? Apalagi jika masalah tersebut berawal dari kamu juga yang akhirnya membuat pusing kepala kamu sendiri. Lebih baik berhenti untuk melakukan hal-hal yang bisa menimbulkan masalah di kemudiaan hari. Hidup jauh dari masalah juga bisa membuat diri kamu merasa bahagia loh dan kamu juga harus tahu cara menghadapi masalah dengan sabar.

  1. Lakukan hal-hal yang positif.

Lakukan saja hal-hal yang positif yang bisa membuat diri kamu menjadi lebih baik juga. Segala sesuatu yang positif juga akan membawa dampak baik untuk diri kamu dan kehidupan kamu dan juga akan bisa mendatangkan kebahagian yang nantinya bisa kamu rasakan sendiri.

  1. Lakukan kegiatan yang kamu sukai.

Kamu pasti memiliki kegiatan yang sangat kamu sukai, seperti hobi misalnya. Luangkan waktu untuk melakukan kegiatan dan hobi yang kamu sukai agar kamu bisa menikmati hidup kamu karena dengan bisa menikmati hidup kamu akan merasa bahagia.

  1. Banggalah dengan diri sendiri.

Jangan mudah mengeluah dan banggalah pada diri kamu sendiri dan banggalah pada kemampuan kamu yang tidak dimiliki orang lain. Dengan begitu kamu juga akan bisa kok merasakan kebahagian itu.

  1. Terbuka dengan hal-hal baru.

Terimalah hal-hal baru yang memasuki kehidupan mu dengan tangan terbuka. Dari hal-hal baru kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru yang mungkin saja disana kamu bisa merasakan kebahagiaan.


  1. Lupakan masa lalu.

Setiap orang memiliki masa lalu yang terkadang tidak enak untuk diingat dan terkadang membawa dampak yang tidak baik kepada diri seseorang hingga ke masa depannya sehingga ia merasa dihantui oleh masa lalu yang membuatnya sulit untuk merasa bahagia. Belajarlah cara melupakan masa lalu dan cara berdamai dengan masa lalu dan hiduplah dimasa sekarang.

  1. Maafkan diri sendiri atas kesalahan yang pernah dilakukan.

Marah kepada diri sendiri dan merasa bodoh karena telah melakukan hal yang buruk tidak ada gunanya. Lebih baik maafkanlah diri kamu atas semua kesalahan kamu tersebut agar kamu bisa lebih bahagia dengan cara berdamai dengan diri sendiri.

  1. Jadilah pribadi yang pemaaf.

Menjadi orang yang pemaaf dan murah hati juga akan bisa mendatangkan kebahagiaan dari dalam diri sendiri loh karena kita akan merasakan hati lebih plong dan tidak ada masalah.

  1. Ikhlas menerima semua cobaan.

Semua orang akan menerima cobaan dalam hidupnya sesuai takarannya masing-masing. Jadi terimalah cobaan tersebut dengan cara membuat hati ikhlas tanpa terus mengeluh dan kebahagiaan akan datang setelah kamu menyadari hikmah dibalik semuanya.

  1. Berpikir secara positif.

Selalu berpikir dengan positif adalah kunci dari sebuah kebahagiaan. Maka dari itu usahakan untuk memandang segala sesuatunya dengan positif ya.

  1. Jangan terpaku dengan penyesalan.

Jangan terus menyesali semua keslaan yang pernah diperbuat karena penyesalan tidak akan membawa kebahagiaan untuk diri kamu. Lupakanlah penyesalan tersebut dan mulailah hidup yang baru.

  1. Peduli dengan diri sendiri.

Mulailah untuk peduli dengan diri kamu sendiri dan jangan lagi bersikap cuek. Mulai tata hidup kamu dan benahi diri agar menjadi lebih baik lagi hingga kebahagiaan menghampirimu.

Demikianlah cara membahagiakan diri sendiri yang bisa kamu terapkan dalam kehidupanmu. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan