13 Cara Menghilangkan Sifat Cuek dan Egois Paling Mudah

Setiap manusia itu memiliki pasti sifat egois yang lahir dari dalam dirinya, tapi dengan kadar yang berbeda-beda dan juga sangat bergantung dari cara mengendalikan diri mereka itu. Seseorang yang memiliki kadar ego yang tinggi akan sangat egois dalam bersikap dan bergaul. Dan sifat egois biasanya akan sejalan dengan sifat cuek karena sama-sama tidak peduli dengan keadaan sekitarnya dan lebih cenderung mementingkan diri sendiri.

ads

Jika kita merasa memiliki sifat cuek dan egois sebaiknya kita harus belajar cara menghilangkan sifat egois dan cuek karena dua sifat ini sangat tidak baik jika dibiarkan bersarang di dalam diri kita. Dan sifat ini juga sangat berpengaruh terhadap cara kita bergaul dan bersosialisasi dengan orang lain, dan kebanyakan orang yang bersifat egois dan cuek tidak akan disenangi oleh banyak orang. Simak penjelasan tentang cara menghilangkan sifat cuek dan egois dari dalam diri kita berikut ini.

  1. Belajar untuk mengalah selama masih dibatas wajar.

Mengalah bukan berarti kita lemah. Selama kita mengalah untuk hal yang masih wajar dan tidak menimbulkan kerugian untuk diri kita tidak ada salahnya kan? Ini akan membantu kita dalam mengurangi rasa egois dalam diri.

  1. Mau mendahulukan kepentingan bersama dari pada kepentingan sendiri.

Dahulukan kepentingan bersama dari pada kepentingan diri kita sendiri, hal ini dapat membantu kita lebih bisa mengendalikan sifat egois yang kita miliki. Sehingga dengan bersikap begini kita pun akan disenangi banyak orang dalam pergaulan.

  1. Mulailah membantu orang lain dan rasakan kebahagiaan mereka.

Ikut turun tangan dalam membantu kesulitan dan kesusahan orang lain akan memberikan rasa bahagia tersendiri di dalam diri kita. Melihat orang lain senang atas bantuan yang kita berikan membuat kita bisa mengurangi rasa egois dan dapat menumbuhkan rasa empati kita terhadap sesama.

  1. Belajarlah untuk peduli dengan kesusahan orang lain.

Jika selama ini kita cuek dan tidak peduli mengenai apapun, berhentilah bersikap demikian dari sekarang. Mulailah untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap orang lain. Dengan begini lama-lama sikap cuek kita akan berkurang dan kita bisa untuk lebih peduli pada orang lain.

  1. Mau mendengarkan keresahan orang lain.

Jadilah pendengar yang baik bagi orang lain walaupun kita sendiri belum tentu bisa memberikan solusi yang tepat pada orang tersebut. Tapi dengan mau mendengarkan orang lain itu sudah cukup untuk membantu menghilangkan sifat cuek dan egois kita.

  1. Berlapang dada dalam menjalani kehidupan.

Selalu berlapang dada dalam menerima dan menyikapi setiap hal yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari akan membuat kita bisa lebih sabar dan tidak egois dalam bertindak.

  1. Bersikap dewasa dalam menghadapi apapun.

Sudah seharusnya kita belajar cara bersikap dewasa dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan bersikap dewasa kita lebih bisa dalam menempatkan diri dalam bersikap dan bersosialisasi.


  1. Berpikir dengan hati dan logika.

Ketika hendak berbuat dan memutuskan sesuatu sebaiknya kita bisa menyelaraskan antara hati dan logika agar kita bisa mengendalikan sikap dan diri kita sebagaimana mestinya.

  1. Jangan gunakan emosi dalam bertindak.

Kalau emosi yang berkata tentu kita akan mengerjakan sesuatu tanpa berpikir panjang tentang akibat yang bisa terjadi di kemudiannya, maka dari itu kita harus bisa mengendalikan emosi dengan banyak belajar cara meredam emosi agar kita tidak menjadi egois serta kita juga harus tahu cara bersikap tenang dalam menyikapi setiap masalah.

  1. Pikirkan akibat yang ditimbulkan saat hendak bersikap.

Jika kita akan melakukan sesuatu atau akan membuat suatu keputusan, pikirkan secara matang apakah tindakan kita ini sudah tepat atau tidak. Jangan sampai tindakan yang kita lakukan hanya untuk memenuhi kepentingan kita sendiri dan malah merugikan orang lain.

  1. Memperluas pergaulan dan wawasan.

Memiliki pergaulan yang luas akan membuka mata kita, dan kita akan tahu bagaimana cara bergaul agar disenangi orang lain tanpa menjadi egois dan berlaku cuek pada orang lain.

  1. Intropeksi diri dan jangan merasa diri kita sempurna.

Jangan pernah merasa diri kita ini sempurna dan intropeksi diri dan sadari kekurangan kita. Dengan demikian kita akan sadar bahwa kita masih membutuhkan orang lain dan kita tidak akan mau bersikap cuek dan egois lagi.

  1. Pikirkan perasaan orang lain akibat sikap kita.

Lihat bagaimana sikap kita memperlakukan orang lain? Apakah kita berlaku egois dan tidak peduli pada orang lain? Pikirkanlah perasaan orang lain akibat tindakan kita itu dan bayangkan bila kita berada diposisi mereka. Dengan begitu kita pasti akan sadar bahwa sikap kita yang egois dan cuek selama ini tidak baik.

Agar kita bisa menghilangkan sifat cuek dan egois dari dalam diri, kita harus mempunyai keinginan dan tekad untuk mau memperbaiki diri dengan cara merubah kepribadian kita menjadi lebih baik lagi dan menyadari kekurangan kita. Dan satu lagi dengan cara merubah sifat kita yang cuek dan egois menjadi lebih peduli terhadap sesama.

,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan