Sponsors Link

11 Cara Agar Percaya Diri

Sponsors Link

Percaya diri adalah hal yang penting yang harus dimiliki oleh seseorang. Dengan memiliki rasa percaya diri dapat membuat kita semakin tidak malu dalam mengembangkan bakat, pendapat dan hal lainnya. pada pelajar, rasa percaya diri sangat diperlukan karena bisa membuat dirinya menjadi lebih serius dalam belajar. Namun terkadang rasa percaya diri itu hilang karena tertutupi oleh rasa minder atau malu yang lebih besar. Nah dalam artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mengembangkan rasa percaya diri dalam waktu singkat saja sehingga bisa digunakan pada saat yang mendesak.

Berikut ini adalah beberapa cara agar percaya diri dalam waktu singkat, diantaranya adalah :

  1. Senantiasa Tersenyum

Tersenyum merupakan salah satu kegiatan yang sangat baik dilakukan bukan hanya untuk sebagai obat awet muda alami saja namun tersenyum juga bisa dilakukan untuk membut diri kita menjadi senang. Jadi jika anda sedang merasa ragu selalu tersenyum saja karena akan menambah rasa yakin dan rasa percaya diri secara tidak langsung. Kegiatan terseyum sangat erat kaitannya pada pembentukan mood yang positif sehingga sangat jarang orang yang tersenyum namun perasaannya sedang kalut.

Secara tidak sadar kegiatan tersenyum akan melepaskan hormone endorphin atau hormone bahagia ke dalam tubuh sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih baik dan lebih merasa percaya diri. Sirkulasi darah di wajah ketika seseorang tersenyum akan lebih lancar dibandingkan dengan orang yang cemberut yang justru sebaliknya. oleh karena itulah ada istilah kalau sering marah nanti cepat tua.

  1. Menatap Lawan Bicara Anda

Ketika anda harus berbicara di depan banyak orang pastinya rasa gugup selalu ada oleh karena itu salah satu yang bisa meningkatkan rasa percaya diri anda adalah dengan menatap mata lawan bicara yang ada di dalam ruangan. Jika anda merasa lebih gugup ketika menatap mata lawan bicara maka anda bisa menatapnya di bagian atas mata saja karena efeknya nanti akan sama. Ketika anda menatap mata mereka sambil tersenyum dapat dipastikan mereka juga akan membalas senyum anda. Namun jangan sekali-kali menatap sepatu atau meja karena akan menambah rasa ragu anda.

Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa menatap mata lawan bicara akan menambah rasa percaya diri dan menambah kedekatan anda dengan lawan bicara terlebih lagi jika anda sambil tersenyum. Stress merupakan akumulasi dari perasaan ragu dan takut pada lawan bicara sedangkan ketika orang menatap mata lawan bicara maka dirinya mendapatkan gambaran nyata mengenai apa yang sedang dihadapi.

  1. Koreksi Suara di Dalam Diri

Sebagian besar orang memiliki suara dalam diri yang mengerdilkan diri sendiri seperti saya bodoh, saya gemuk dan perkataan lainnya. suara di dalam diri sangat berpenagruh pada rasa percaya diri yang nantinya akan muncul. Oleh karena itu jika ada suara di dalam diri yang negatif sebaiknya segera ubah saja dan mulai dengan pikiran yang positif. Untuk mendapatkan rasa percaya diri yang tinggi dapat dilakukan dengan mengubah perkataan dari dalam diri sebagai pendukung atas apa yang sedang dikerjakan.

  1. Jangan Terpaku pada Standar Orang Lain

Rasa kurang percaya diri juga bisa disebabkan karena takut tidak bisa menjadi apa yang orang lain harapkan. Padahal semua orang tahu bahwa sekeras apapun kita berusaha pasti akan ada orang yang tetap tidak puas. Jadi, selalu usahakan untuk tidak terpacu pada penilaian yang dilakukan oleh orang lain melainkan harus dengan standar yang telah ditetapkan sendiri. Jangan pernah merasa minder jika ada orang lain yang mengatakan bahwa anda gendut, kurus, miskin dan lainnya karena toh anda juga memiliki penilaian sendiri kepada mereka bukan? Jangan selalu terpaku pada apa yang telah ditetapkan masyarakat sekitar, jika memang tidak bisa melakukan seperti yang mereka inginkan yang tidak perlu dilakukan.

  1. Berpenampilan Rapih

Usahakan untuk selalu berpenampilan rapi meskipun anda tidak punya banyak waktu untuk berpenampilan. Selalu sisir rambut, gosok gigi, tatanan rambut, cuci muka dan lainnya yang ringan saja. penampilan sangat penting dan merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh orang lain. Salah satu hal yang membuat rasa kurang percaya diri muncul adalah penampilan anda yang kurang rapih. Oleh karena itu sebaiknya teliti dahulu penampilan sebelum bertemu dengan orang lain apalagi orang penting yang berhubungan dengan pekerjaan mungkin.

Sponsors Link

Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan berpenampilan fisik yang baik akan mengundang rasa percaya diri yang lebih dibandingkan dengan orang yang tidak mementingkan penampilan. Hal ini didasarkan fakta bahwa penampilan adalah hal yang pertama kali dilihat oleh orang lain. Meskipun semua orang juga tahu bahwa yang lebih penting adalah apa yang ada di dalam diri anda bukan penampilan anda.

  1. Berdoa

Doa adalah pengiring usaha terbaik yang pernah ada. Jangan pernah meremehkan apa yang dinamakan doa karena doa juga termasuk penentu dari suatu keberhasilan sesuatu apalagi bagi anda yang sangat yakin dengan adanya Tuhan. Dengan berdoa kepada Tuhan maka secara tidak sadar rasa percaya diri itu akan datang dengan sendirinya karena anda akan yakin bahwa semuanya sudah dirancang untuk anda dan anda sedang bersama dengan Tuhan saat melakukannya. Jadi jangan minder hanya karena anda merasa kurang percaya diri. Doa juga bisa menimbulkan energi yang positif terutama bagi orang yang masih ragu supaya bisa lebih diyakinkan.

  1. Latihan

Saat akan bertemu dengan orang penting dan membutuhkan rasa percaya diri yang tinggi biasanya orang akan cenderung menjadi gugup. Gugup yang dirasakan ini akan menjadikan hal yang dibuatnya menjadi tidak baik seperti dengan menumpahkan minuman, terlambat hadir atau juga bisa dihadapkan pada partner yang akan memberikan tanggapan dingin. Nah, jadi pemikiran seperti itu biasanya menjadi pemikiran negatif yang akan merugikan diri sendiri dan mengurangi rasa percaya diri. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengendalikan diri dan memikirkan hal yang positif supaya pikiran juga menjadi positif.

  1. Tentukan Langkah Anda Selanjutnya

Jika anda kurang percaya diri dan tidak yakin dengan apa yang sedang anda lakukan, hal penting yang harus dilakukan adalah dengan menentukan langkah sederhana yang dapat membantu anda untuk selalu maju pada langkah berikutnya. Rasa percaya diri juga bisa muncul dengan cara ini misalnya jika anda sedang dalam sebuah wawancara anda bisa memikirkan apa yang akan anda katakana supaya interviewer mengetahui bahwa anda sebenarnya memiliki pengetahuan yang sangat luas dan mumpuni.

Untuk melakukan hal ini tentu saja harus dilakukan dengan action dan jangan hanya dipikirkan saja. lakukan sesuatu yang sesuai dengan sasaran anda namun tetaplah bijaksana. Sesudah anda melakukan hal tersebut maka selanjutnya anda bisa mengoreksi diri sendiri pada lain kesempatan.

  1. Jangan Bicara Terlalu Cepat

Ada sebuah cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri yaitu dengan bicara perlahan saja. jadi jika anda berbicara terlalu cepat secara tidak langsung anda akan memikirkan bahwa anda sedang berbicara cepat dan membuat lawan bicara tidak nyaman. Sebaliknya dengan bicara perlahan anda bisa memikirkan apa yang harus dikatakan selanjutnya supaya lebih bijaksana.

Hal ini sudah dibuktikan oleh para pengusaha dan pembicara jadi mereka akan selalu berhenti sejenak ketika pada kalimat terakhir supaya para audiens mencerna apa yang telah dikatakannya.

Sponsors Link

Bicara perlahan ini juga bisa menunjukkan bahwa anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi karena orang yang bicaranya cepat menunjukkan bahwa konten dari apa yang dibicarakan tidak menarik.

  1. Selalu Ikut Andil

Apapun situasi yang sedang anda hadapi, selalu usahakan untuk ikut ambil bagian dari kegiatan itu, seperti misalnya pada tugas kelompok dimana yang lain sibuk mengerjakan tugas namun anda hanya diam saja, ketika sedang berada di dalam pesta yang lainnya sibuk tertawa sedangkan anda hanya duduk manis dan memandangi minuman anda saja. hal tersebut merupakan salah satu indikasi bahwa anda memilki kurang rasa percaya diri.

  1. Olahraga

Pikiran yang sehat lahir dari tubuh yang sehat dan untuk mendapatkannya maka perlu olahraga. Olahraga yang dilakukan tidak perlu yang berat namun juga bisa yang ringan saja karena saat olahraga tubuh akan memproduksi energi yang positif dan pastinya tubuh akan menjadi lebih sehat dibandingkan dengan orang yang tidak olahraga. Dan gunakan olahraga ini dalam aktivitas yang dilakukan ketika bosan anda.  Saat tubuh sehat dan fit maka secara tidak langsung rasa percaya diri juga akan muncul dengan sendirinya bukan? Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan asupan makanan yang sehat juga ya!

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 11th, January 2016 / 09:02 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan