13 Cara Mempertahankan Hubungan Pacaran Yang Mulai Renggang yang Terancam Putus

Dalam sebuah hubungan asmara, tentu saja akan ada waktu dimana hubungan tersebut berada dalam kondisi yang tidak baik bahkan mulai merenggang. Tentu saja hal ini akan dirasakan oleh setiap orang yang sedang menjalin hubungan asmara. Banyak hal yang menjadi penyebab mengapa sebuah hubungan pacaran dapat merenggang, seperti:

ads
  • Sikap egois satu sama lainnya
  • Rasa saling mendomaninasi
  • Kurangnya perhatian
  • Sikap posesif
  • Sibuk dengan dunia masing-masing
  • Menyimpan rahasia
  • Sering berbohong
  • Kurangnya rasa kepercayaan
  • Dan masih banyak lainnya

Namun apakah hubungan yang sudah renggang tersebut dapat kembali normal? Tentu saja kembali lagi pada orang tersebut, apakah hanya akan membiarkannya begitu saja atau ingin memperbaiki hubungan asmara yang sudah dijalinnya. Bagi anda yang ingin memperbaiki hubungan asmara yang sudah mulai merenggang, anda bisa mengikuti cara-cara yang ada dibawah ini. (baca juga: Cara Baikan Dengan Suami Setelah Bertengar Hebat)

1. Carilah Akar Permasalahan

Pertama kali yang perlu anda lakukan adalah dengan mencari akar permasalahan  yan sedang anda hadapi tersebut. Cobalah untuk merenung dan mengingat ingat kembali bagaimana permasalahan yang terjadi di dalam hubunganan anda dapat terjadi. Terkadang seringkali pertengkaran besar terjadi bukan dikarenakan hal-hal yang besar, namun karena permasalahan yang sepele dan seringkali tidak disadari. Panda-pandailah dalam memilah masalah yang mungkin sedang anda hadapi tersebut. Ingat untuk tidak berusaha menang sendiri. Turunkan ego agar hubungan yang anda jalani juga dapat diperjuangkan. (baca juga: Tips Mengatasi Rasa Malas Berlebihan)

2. Bersikap tenang

Sikap tenang anda dalam menghadapi segala permasalahan yang terjadi dalam hubungan asmara anda tidak hanya menghindarkan dari resiko pertengkaran ataupun konflik bersama pasangan anda. Dengan sikap tenang yang anda miliki, maka anda bisa mencari solusi terbaik untuk hubungan anda tanpa harus membuat hubungan tersebut berakhir begitu saja. Ketika anda mencoba untuk bersikap tenang, maka meski pasangan anda menunjukkan emosinya maka dirinya akan mulai terpengaruh pada anda. Sikap anda tersebut mampu mempengaruhi pasangan sehingga membuatnya juga menjadi lebih tenang tanpa harus memperlihatkan rasa emosi yang dimilikinya. Sikap tenang ini akan menjadi cara yang jitu untuk bsia menghadapi permasalahan yang terjadi di dalam hubungan asmara anda. (baca juga: Cara Mengatasi Pacar Egois)

3. Meminta Maaf Dahulu

Untuk menyelamatkan hubungan yang sudah hampir renggang, anda bisa mencoba untuk meminta maaf terlebih dahulu. Minta maaf memang hal yang susah untuk dilakukan. Hal ini karena semua orang belum tentu memiliki keberanian dan kekuatan untuk melakukan hal tersebut, apalagi jika kondisi satu sama lainnya sedang marah. Namun tanpa ada sadari, sikap seperti ini bisa menyelamatkan hubungan anda yang sedang renggang. Mungkin saja ada salah satu kesalahan yang tidak anda sadari. Sehingga tidak ada salahnya untuk memperbaikinya dengan memintamaaf lebih dahulu. (baca juga: Cara Agar Hubungan Tidak Membosankan)

4. Berkomunikasi Lebih Sehat

Cobalah untuk membangun komunikasi yang lebih baik dengan pasangan anda. Untuk membangun komunikasi ini tersebut tentunya membutuhkan rasa nyaman, ketenangan, serta pemikiran yang lebih baik antar satu sama lainnya. Cobalah untuk membahas segala permasalahan di dalam kondisi yang baik. Jika anda membahasnya dalam kondisi yang tidak baik, maka yang ada malah membuat suasana semakin keruh. (baca juga: Ciri Ciri Suami Selingkuh Jarak Jauh)

Namun ketika anda membahasnya dalam kondisi baik dan tenang bahkan berkomunikasi yang lebih sehat, maka akan mudah untuk saling mengutarakan satu sama lainnya. Yakinlah jika segala permasalahan yang ada akan membuat hubungan menjadi lebih baik lagi jika anda dapat menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi dan mengambil setiap pelajaran yang ada.


5. Berikan Ruang Bebas Untuk Berpikir

Jika pasangan anda mencoba menghindari ketika anda ingin mengajaknya membicarakan segala permasalahan yang terjadi di dalam hubungan, maka hal ini adalah hal yang wajar wajar saja terjadi. Dalam kondisi ini, jangan merasa jika diri anda diabaikan. Namun pahami jika sikap pasangan anda tersebut adalah karena dirinya membutuhkan waktu untuk dapat berpikir serta menenangkan diri sehingga bisa mencari solusi yang lebih baik lagi kedepannya. Untuk itu, cobalah untuk memberikan sedikit ruang kepada pasangan anda sehingga dirinya dapat berpikir lebih tenang dan jernih sehingga diperoleh solusi yang baik untuk masalah yang sedang dihadapi. (baca juga: Tipe Wanita Yang Disukai Pria Pendiam)

6. Dengarkan Satu Sama Lainnya

Saling mendengarkan satu sama lainnya merupakan sikap yang paling penting agar tercipta sebuah hubungan yang romantis dan harmonis. Jika anda dan pasangan bersikap gengsi serta keras kepala maka tentu saja hal ini tidak akan baik untuk hubungan anda kedepannya. Hal ini hanya akan berpotensi untuk menciptakan konflik yang akan membuat hubungan anda menjadi terpecah belah.

Oleh sebab itu akan lebih baik jika anda berusaha menjadi pendengar yang baik untuk pasangan anda, dengarkan segala harapan dan keinginan yang dimiliki kekasih anda di dalam hubungan asmara ini. Sehingga saat anda dapat menunjukkan segala hal tersebut, maka tidak ada alasan untuk kekasih anda tidak mendengarkan keinginan dan harapan yang ingin anda capai pula dalam sebuah hubungan. (baca juga: Cara Menghadapi Masalah Dengan Teman)

7. Mencoba Percaya Dengan Pasangan 

Tak hanya mencoba untuk mendengarkan pasangan anda, namun anda juga perlu mempercayai semua yang dikatakan oleh pasangan. Percaya merupakan hal yang paling penting dalma sebuah hubungan, mengapa? Karena kepercayaan menjadi pondasi dari kokohnya sebuah hubungan. Cobalah untuk menyadari apa yang menjadi kesalahan anda, jangan hanya menilai jika semua salah sari pasangan anda. Cinta memang membutuhkan sebuah pengorbanan. Tidak ada salahnya jika anda untuk mencoba percaya dengan pasangan anda. (baca juga: Cara Membuat Pria Tergila Gila Pada Wanita)

8. Fokus Pada Solusi Terbaik

Jika anda selalu mengingat masalah-masalah yang terjadi, maka hal ini tentu akan semakin membuat anda merasa dendam bahkan anda dan pasangan juga semakin sulit untuk bisa membangun komunikasi yang sehat dengan pasangan anda. Jika anda hanya fokus pada masalah, hal tersebut nantinya dapat membuat anda makin sakit hati. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika anda dan pasangan sama sama fokus untuk menyelesaikan permasalahn yang anda. Arahkan pikiran anda untuk bisa mendapatkan jalan keluar dari permasalahan sehingga hubungan anda bisa harmonis kembali. Positif thinking akan membuat anda selalu mencoba bersikap terbaik serta tepat untuk hubungan anda. Bahkan dapat memicu kerjasama yang baik dengan pasangan anda kedepannya. (baca juga: Cara Menghilangkan Rasa Kesal)

9. Jangan Menyimpan Dendam

Perlakuan anda kepada pasangan tanpa disadari dapat menjadi penyebab dari masalah yang terjadi di dalam hubungan anda dan pasangan. Mungkin saja hal ini nantinya akan menyebabkan anda merasa sakit hati yang sulit untuk dilupakan. Jika anda terus merasa sakit hati seperti ini malah akan membuat masalah semakin membesar karena tidak segera diselesaikan. Oleh sebab itu jangan sesekali menyimpan perasaan dendam kepada pasangan anda atas hal-hal yang sudah dilakukan olehnya. Tetaplah fokus pada keberhasilan hubungan yang anda jalani. (baca juga: Ciri Ciri Gebetan Suka Sama Kita)

10. Flashback Memori Indah Bersama

Tentunya anda tidak mungkin mengawali sebuah hubungan asmara jika satu sama lainnya tidak memiliki kenangan ataupun memori indah bersama. Kenangan dan memori indah bisa anda jadikan alasan utnuk bisa memperbaiki kerenggangan di dalam hubungan asmara yang anda jalin. Tak ada salahnya untuk flasback kembali memori-memori indah bersama. Anda bisa mencoba untuk membawa pasangan anda untuk mengunjungi kembali ke tempat-tempat yang memiliki momen penting di hubungan anda. Ataupun anda bisa melakukan hal yang sering dilakukan bersama dengan pasangan anda. Dengan begitu, anda dan pasangan akan kembali mengingat segala momen indah serta mengembalikan hubungan asmara anda seperti sebelumnya.


11. Mempertegas Komitmen Dalam Hubungan

Jika anda memang masih menyayangi pasangan anda dan ingin memperbaiki keretakan yang ada di dalam hubungan maka cobalah merencanakan untuk bertemu dengan pasangan anda. Cobalah dengan perlahan membuka kembali segala masalah yang belum sempat terselesaikan dengan pasangan. Coba untuk saling berbicara dan berpendapat mengenai solusi terbaik yang diinginkan. Bicara dengan menggunakan kepada dingin sehingga tidak membuat anda dan pasangan semakin emosi yang mana akan membuat keadaan semakin keruh saja. Bila solusi tersebut sudah ditemukan, maka jangan lupa untuk membuat komitmen antara anda dengan pasangan anda sehingga nantinya permasalahan yang ada tidak menjadi terulang kembali. (baca juga: Ciri Ciri Pria Modus)

12. Menjalin Hubungan Dengan Konsep Yang Baru

Bila kerenggangan di dalam hubungan anda memang sudah susah untuk dikembalikan lagi, maka cobalah untuk berlapang dada. Jika anda memang ingin membuat hubungan tetap bisa bertahan maka anda jangan mempertahakan konsep pacaran yang seperti sebelumnya. Cobalah untuk menjalin hubungan dengan konsep baru yang bebeda. Misalnya saja anda bisa mencoba untuk melakukan hal-hal yang belum pernah anda lakukan bersama pasangan. Sehingga hal ini akan membuat anda dan pasangan tidak mudah bosan di kemudian harinya. (baca juga: Cara Agar Tidak Terlalu Mencintai Pacar)

13. Berdoa

Setelah semua hal yang dilakukan, tida ada salahnya bagi anda untuk berdoa dan menyerahkan segalanya pada Tuhan. Meskipun terlihat sepele, namun cara ini secara tidak langsung akan membantu perbaikan hubungan asmara yang anda jalin. (baca juga: Penyebab Wanita Merokok)

Nah itu tadi beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki hubungan yang sudah renggang bersama dengan pasangan anda. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda.

baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 27th, September 2017 / 07:53 Oleh :
Kategori : Pacaran