11 Cara Mengatasi Anak Malas Belajar Dirumah Agar Rajin

Pada masa kanak-kanak memang di penuhi dengan keinginan untuk bermain. Keinginan untuk terus bermain karena saking asiknya akan membuat anak-anak malas dan lupa untuk belajar. Padahal belajar itu sangat penting untuk perkembangannnya. Sering kali anak yang malas belajar harus dimarahi dulu baru akan mau belajar.

ads

Sebenarnya banyak faktor yang membuat anak malas belajar, seperti terlalu asik bermain, asik menonton TV, asik memainkan gadget dan kegiatan lainnya yang bisa membuat anak malas belajar. Jika dibiarkan tentu prestasinya akan menurun di sekolah bahkan bisa tinggal kelas jika anak terlalu malas untuk mau belajar. Untuk mengatasi hal ini perlu beberapa kiat khusus yang harus kita terapkan kepada si anak agar ia mau untuk mulai belajar demi meningkatkan prestasinya. Apa saja itu? Simak kiat-kiat berikut.

  1. Berikan pemahaman kepada anak tentang “si pintar dan si bodoh”.

Jika kamu malas belajar tentu ia akan menjadi anak yang bodoh yang tidak disukai oleh teman-teman dan kamu akan dijauhi sehingga tidak punya teman. Sedangkan jika kamu rajin belajar kamu akan menjadi anak yang pintar yang selalu mendapat nilai bagus dan di senangi banyak teman di sekolah”. Berikan pemahaman seperti kutipan di atas agar anak bisa mengerti dan jika disuruh memilih tentu ia akan memilih untuk menjadi anak yang pintar. Dan dengan pemahaman tersebut akan mendorong si anak untuk mau belajar dan mendapatkan nilai yang bagus serta punyak banyak teman bermain.

  1. Berikan motivasi secara terus menerus.

Teruslah berikan motivasi untuk si anak agar ia mau untuk terus semangat belajar. Lakukan berbagai cara dan usaha agar si anak mau bangkit dan mulai belajar dan jangan dorong anak terlalu keras. Peran orang tua dalam mendidik anak itu sangat berpengaruh loh bagi si anak.

  1. Atur jadwal untuk belajar dan bermain si anak.

Buatkan jadwal bagi si anak yang harus di patuhi lengkap dengan konsekuensinya jika ia melanggar peraturan tersebut. Misal, jika ia melanggar uang jajan akan di potong. Hal ini akan membantu anak untuk mau belajar karena takut jatah uang jajannya akan di potong atau mainannya akan disita serta akan mengajarkannya untuk tahu apa kewajiban anak dirumah.

  1. Berikan imbalan kepada si anak jika ia bisa menyelesaikan pelajarannya.

Berikan imbalan pada anak setiap kali ia menyelesaikan pelajarannya dengan baik. Imbalan ini bisa memacu semangatnya untuk terus dan lebih giat dalam belajar karena ia mengharapkan imbalan berikutnya. Bukan untuk memanjakannya, tapi hal ini untuk membawa si anak agar terus mau belajar agar prestasinya tidak menurun.

  1. Berikan hadiah yang disenangi anak jika ia naik peringkat pada setiap ujiannya.

Dan katakan pada si anak jika ia bisa naik peringkat dan mendapatkan nilai yang tinggi dari sebelumnya, ia akan mendapatkan hadiah. Apa pun hadiahnya itu tergantung anda, bisa seperti sepatu baru, tas baru atau yang lainnya. Yang jelas hal ini bisa menjadi pendorong bagi anak untuk terus meningkatkan prestasinya di sekolah.

  1. Dampingi anak selama belajar dirumah.

Terkadang anak malas untuk belajar sendiri, terus dampingi anak dalam belajar dan mengerjakan tugas-tugas sekolah. Selain ia bisa fokus untuk belajar, ia juga bisa meminta bantuan anda untuk pelajaran yang tidak di pahaminya.

  1. Belikan buku-buku edukatif yang bisa menarik minat belajar anak.

Banyak buku-buku edukatif dengan bentuk yang menarik sehingga bisa mendatangkan minat baca si anak. Belikan beberapa buku tersebut agar si anak betah dan tidak bosan dalam belajar.


  1. Sediakan ruang yang nyaman untuk si anak belajar dirumah.

Sebaiknya sediakan ruang khusus untuk anak belajar, bisa juga di dalam kamarnya sendiri. Jangan mengajak dan mendampingi si anak belajar di ruang keluarga sambil menonton TV karena anda tidak mau ketinggalan sinetron. Hal ini akan mengganggu si anak dan akan membuat si anak tidak akan fokus dalam mencerna pelajarannya.

  1. Berikan metode belajar yang menyenangkan.

Buatlah metode belajar yang menyenangkan dan tidak membuat si anak merasa bosan karena harus belajar dan belajar. Sesekali selingi dengan permainan yang menyenangkan dengan pendidikan karakter anak yang baik untuk perkembangannya.

  1. Kenali penyebab yang membuat anak malas belajar.

Anak malas belajar pasti karena ada alasannya, bisa karena kelelahan setelah bermain atau rasa kantuk yang membuatnya menjadi malas. Atasi hal-hal yang menjadi penyebab si anak malas belajar tersebut dan batasi waktu bermainnya agar ia mendapatkan istirahat yang cukup

  1. Sabar dalam menghadapi perilaku anak.

Terkadang ada anak yang bandel dan susah untuk di atur, tetaplah sabar dalam memberikan motivasi dan mendampinginya belajar. Jangan sampai membentak anak, berusahalah dengan cara mendidik anak dengan baik dan belajarlah cara mengatasi anak nakal.

Itulah beberapa cara menghadapi anak malas belajar yang bisa anda terapkan dirumah. Agar lebih efektif anda juga harus tahu cara mendidik anak usia 8 tahun agar kiat-kiatnya bisa lebih maksimal. Selain itu jangan lupa untuk memberikan pendidikan agama dalam keluarga agar anak bisa tumbuh menjadi anak yang baik dan taat agama.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Anak Anak