6 Cara Menghilangkan Sifat Baper Dan Sensitif

Cara menghilangkan sifat baper adalah berpikir lebih rasional dan tidak terlalu terbawa dalam emosi saat sedang dalam forum pembicaraan. Baper atau bawa perasaan lebih banyak dialami oleh wanita dibanding dengan pria. Hal ini karena wanita lebih mendahulukan hati dan perasaan saat menanggapi sesuatu dibanding dengan akal dan pikiran. Hal tersebut tentu tidak baik jika berlangsung dalam jangka panjang. Seseorang yang mudah baper akan mudah untuk murung dan galau. Hal ini akan mengurangi tingkat produktivitas dalam bekerja dan berprestasi. Jika hal tersebut terjadi maka hanya akan merugikan diri sendiri. Kita hanya akan membuang waktu untuk terperangkap dalam pikiran yang tidak seharusnya. Berikut adalah cara menghilangkan sifat baper dan cara menyikapi orang yang meremehkan kita.

ads

1. Bersikap Lebih Terbuka dan Dewasa

Cara menghilangkan sifat baper adalah bersikap lebih terbuka. Banyak orang yang terkadang tidak memahami perasaan temannya. Ada orang yang memiliki hati lembut hingga sangat sulit untuk diajak bercanda. Hal ini tentu saja tidak dapat dipahami oleh semua orang. Kita bisa mulai pembicaraan lebih terbuka saat kita tidak menyukai sifat yang dilakukan oleh orang lain terlepas hal tersebut adalah sikap yang terbuka atau tidak. Kita juga jangan hanya ingin dimengerti oleh orang lain dan sebaiknya mulai belajar dewasa untuk mengungkapkan apa yang dirasakan. Hal tersebut akan menghilangkan rasa menerka – nerka dan rasa tidak enak hati akan sebuah perlakuan dan kejadian seperti cara menghadapi orang munafik.

2. Berhenti Mendengarkan Lagu Melow Saat Suasana Hati Tidak Baik

Cara menghilangkan sifat baper adalah dengan berhenti mendengarkan lagu yang menyebabkan suasana hati tidak baik. Hal ini hanya akan memperburuk keadaan sehingga membuat diri semakin terpuruk. Mood seseorang pada umumnya memiliki suasana yang akan berubah. Saat keadaan ini sebaiknya menghindari sejenak lagu galau. Hal  tersebut karena hanya akan membawa suasana hati semakin galau. Pada akhirnya akan berdampak pada pendapat diri tentang perlakuan orang lain. Jadi banyak cara untuk mengembalikan suasana hati saat tidak baik. Hal ini akan membuat diri menjadi sosok yang kembali stabil emosinya.

3. Jangan Mudah Menyimpulkan

Cara menghilangkan sifat baper adalah dengan cara menjadi sosok yang tidak mudah untuk menyimpulkan suatu persoalan. Hal ini hanya akan memunculkan asumsi – asumsi dari pikiran diri sendiri yang akhirnya hanya menyulitkan diri. Komunikasi yang baik sangat dibutuhkan. Hal ini akan berhubungan dengan tingkat kedewasaan. Masalah dapat diselesaikan dengan baik dan berbagai asumsi dapat ditanyakan dengan baik. Hal ini akan menghindari kita dari berbagai rasa baper yang dialami layaknya cara menghadapi masalah yang bertubi – tubi. 

4. Berpikir dengan Akal Sehat

Saat hendak menyimpulkan sesuatu atau menanggapi sesuatu sebaiknya berada dalam keadaan kondisi akal sehat yang baik. Hal ini akan membuat sebuah keadaan menjadi lebih nyaman dan berpikir dengan sangat logis. Berpikir saat keadaan hati dan pikiran sedang baik

5. Menghindari Suasana Sepi

Saat suasana hati sedang tidak baik kita dapat menghindari suasana yang sepi. Suasana yang sepi hanya akan memperburuk keadaan hati. Hal ini akan sangat berbahaya untuk perlakuan yang mungkin akan dilakukan diluar kendali. Jika kita mengalami hati yang sedang tidak stabil lebih baik mencari kegiatan yang menyenangkan untuk sejenak melupakan cara menghadapi suami egois.

6. Meningkatkan Kesibukkan

Seseorang yang sibuk pikirannya akan dipenuhi denga hal yang penting sehingga selalu positif. Orang tipe ini terkadang memang kurang peka terhadap perasaan orang lain, namun mereka juga terkadang melakukan hal tersebut untuk menghindari rasa mudah percaya terhadap orang lain yang akan menjadikan mereka melukai diri sendiri dengan yang dapat diatasi dengan cara menghadapi sindiran dari teman.

 

, ,