11 Cara Merubah Sikap Menjadi Pendiam yang Mudah Dilakukan

Setiap orang memiliki sikap yang berbeda-beda dalam bersosialisasi dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan tabiatnya masing-masing. Orang yang terlalu aktif dalam berbicara biasanya akan di cap sebagai orang yang cerewet dan menyebalkan karena kebiasaannya yang suka berbicara dan tidak bisa diam. Dan kebanyakan orang tidak suka dengan orang yang terlalu cerewet karena terlalu berisik jika sedang berkumpul dengan siapa saja dan jika ia sedang panik maka akan menimbulkan kehebohan.

ads

Ada pula yang bersikap pendiam yang lebih tenang dalam menghadapi berbagai situasi, ia akan berbicara seperlunya dan tidak akan pernah membuat kehebohan apalagi kegaduhan yang akan mengundang perhatian orang banyak. Dan orang pendiam akan terlihat lebih santai dan tenang dalam berbicara sehingga ia tidak akan menjadi orang yang bawel. Dan menjadi lebih pendiam merupakan salah satu tips agar disukai banyak orang dalam pergaulan.

Cara merubah sikap menjadi pendiam bagi orang yang cerewat itu mudah saja dilakukan asal ada kemauan dari si cerewet ini untuk merubah kebiasaannya yang bawel ini. Simak beberapa cara berikut agar kamu yang cerewet bisa bersikap lebih tenang dalam berbicara dengan siapa saja.

  1. Tahan diri untuk tidak terlalu aktif dalam berbicara.

Orang yang cerewet biasanya akan ceplas ceplos dalam berbicara dan ia akan selalu aktif untuk berbicara tanpa henti. Mulailah untuk belajar menahan diri untuk tidak terlalu banyak bicara dengan siapa saja dan dalam situasi apa saja.

  1. Belajar untuk bersikap lebih tenang.

Orang yang bawel dan cerewet terkenal dengan perilakunya yang tidak bisa diam, maka belajarlah cara bersikap tenang dalam menanggapi apa saja yang tengah terjadi agar kedepannya kamu bisa menahan diri untuk tidak banyak omong.

  1. Jangan selalu mendominasi pembicaraan.

Setiap kali sedang ada perkumpulan baik dengan teman, keluarga atau lingkungan jangan selalu ikut dalam setiap pembicaraan yang sedang berlangsung, biarlah orang lain yang berbicara.

  1. Bicara seperlunya saja.

Hentilan kebiasaan yang terlalu aktif dalam berbicara dengan bicara seperlunya saja. Jika yang dibicarakan itu tidak penting lebih baik diam saja, hal ini akan membuat diri kamu terbiasa untuk menahan diri untuk tidak banyak bicara.

  1. Lebih banyak mendengarkan dari pada berbicara.

Lebih baik mulai sekarang biasakan diri untuk menjadi pendengar dari pada harus menjadi pembicara. Hal ini juga akan membuat diri kamu lambat laun akan terbiasa untuk diam dan lebih tenang.


  1. Belajar untuk mengendalikan diri sendiri.

Pengendalian diri itu sangat penting agar bisa mengontrol diri dari sikap dan perilaku yang kurang baik. Maka belajarlah cara mengendalikan diri dan cara mengendalikan emosi diri dalam situasi apa pun.

  1. Hilangkan kebiasaan untuk selalu mengeluarkan semua isi hati.

Orang cerewet biasanya akan berbicara sesuai dengan isi hati, apa yang dirasakannya akan ia keluarkan. Baik itu marah, sakit hati, sedih, senang atau perasaan lainnya yang ia rasakan. Sehingga hal ini akan membuat ia menjadi cerewet karena tidak mau menahan diri untuk memendam apa yang dirasanya.

  1. Berpikir sebelum berbicara.

Berpikirlah sebelum berbicara, selain bisa membuat kata-kata yang dikeluarkan lebih enak di dengar orang lain, juga dapat membuat kita lebih tenang dalam berbicara. Karena biasanya orang cerewet akan melontarkan ucapan yang menyakitkan hati banyak orang tanpa disadarinya.

  1. Cobalah lebih cuek dalam merespon segala hal.

Si cerewet biasanya akan lebih aktif dalam merespon segala sesuatu yang ia lihat, dengar dan rasakan. Maka cobalah untuk lebih mengabaikan segala hal yang biasanya membuat kamu aktif dalam berbicara. Sedikit lebih cuek dan diam tak masalah dari pada harus heboh untuk hal yang seharusnya tidak penting. Sebaiknya kamu harus tahu kelebihan orang cuek dan pendiam agar kamu juga bisa termotivasi untuk menjadi orang yang lebih tenang dan pendiam.

  1. Ingatlah bahwa sikap cerewet itu tidak disukai banyak orang.

Orang yang kelewat cerewet memang tidak akan disukai oleh banyak orang karena ia akan terlalu berisik dalam berbicara sehingga dapat mengganggu orang lain. Jika kamu tidak ingin orang lain tidak menyukai sikap kamu ini maka berhentilah untuk menjadi orang yang bawel. 


  1. Ketahuilah bahwa sikap diam akan membuat kamu lebih disegani orang.

Orang akan merasa segan saat berhadapan dengan orang yang pendiam, karena orang pendiam ini terkadang terlihat misterius dan membuat orang lain sulit untuk menilai diri si pendiam. Akan berbeda dengan orang yang cerewet yang biasanya kurnag disegani orang lain. Jika kamu juga ingin disegani maka buanglah sikap cerewet yang kamu miliki.

Demikianlah cara merubah sikap menjadi pendiam bagi orang yang cerewet dan tidak bisa tenang dalam berbicara. Asal kamu tahu, sikap yang terlalu cerewet juga termasuk dalam hal yang membuat pria ilfil pada wanita loh.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan