Sponsors Link

6 Cara Membuat Hati Ikhlas dan Tenang

Sponsors Link

Setiap  sisi kehidupan manusia pasti selalu mendapatkan halangan dan rintangan. Hidup di dunia tentu harus disikapi dengan bijak. Bencana dan kesulitan harus bisa dihadapi dengan keikhlasan. Ikhlas berarti merelakan segala sesuatu yang membuat hati menjadi tenang. Merelakan dalam perkara ini adalah segala sesuatu yang mungkin menyakiti hati kita. Karena ikhlas selalu diajarkan ketika manusia mendapatkan bencana.

Belajar ikhlas tidaklah mudah. Orang penyabar pun bisa kehilangan kendali. Apakah itu ketika mendapatkan musibah atau terjadi sesuatu yang menyakitkan hatinya di masa lalu. Cara melupakan masa lalu yang menyakitkan dan buruk memerlukan tingkat keikhlasan yang tinggi. Tanpa keikhlasan. Hati manusia bisa dipenuhi dengan sifat dengki, kebencian bahkan dendam. Keikhlasan juga merupakan cara menenangkan hati dan pikiran saat ada masalah. Kita semua pasti memiliki masalah. Baik itu masalah keluarga, pekerjaan, atau masalah dalam diri kita sendiri.

Ciri – ciri orang tidak ikhlas

Di dunia ini banyak orang yang memiliki keikhlasan yang kurang. Bahkan dapat ditemui dalam kegiatan bermasyarakat ornag yang tidak memiliki keihlasan sama sekali. Segala sesuatu diukur melalui materi dan popularitas.

Adapun ciri orang yang tidak ikhlas adalah:

  • Sombong

Kebanyakannya orang yang tidak ikhlas memiliki kesombongan yang tinggi. Dirinya merasa dialah yang terbaik. Perilaku ini mendorong dirinya untuk melebih-lebihkan dirinya di depan orang lain. Sombong juga bisa disejajarkan dengan bahaya menjadi orang munafik.

  • Suka Pamer

Ciri orang tidak ikhlas juga adalah suka memamerkan kekayaan atau segala tingkah lakunya. Jika orang tersebut sedang melakukan kebaikan. Dirinya selalu ingin dilihat. Jika wanita itu memberi bantuan. Sebagai contoh kepada anak yatim. Dirinya sentiasa menceritakan ke orang lain atas amalannya tersebut. Itulah ciri-ciri wanita munafik yang wajib diketahui.

  • Tidak Istiqomah

Apapun yang dikerjakannya dalam berbuat baik tidak lah dilakukan secara terus menerus (istiqomah). Jika dirinya tidak dihargai dalam berbuat baik. Dirinya akan meninggalkan perbuatan itu dan tidak melakukannya lagi. Karena baginya dirinya tidak dihargai. Tidak mudah memang untuk kita tahu cara agar tetap istiqomah di jalan Allah.

Cara membuat hati ikhlas

Setelah mengetahui ciri-ciri orang yang tidak memiliki sifat ikhlas. Perlulah kita belajar untuk ikhlas. Karena dalam ikhlas kita bisa mendapatkan ketenangan dalam jiwa. Segala sesuatu akan lebih mudah bagi diri kita. Khususnya untuk hati agar lebih tenang dalam menghadapi segala sesuatu.

Keikhlasan adalah tingkat untuk menjadi manusia yang paripurna. Setiap keikhlasan mempunyai batasan tersendiri. Sama halnya dengan sifat sabar yang ada batasnya. Namun ikhlas tanpa batasan merupakan hal yang dicintai oleh tuhan.

Berikut adalah cara-cara yang dapat diterapkan untuk membuat hati kita ikhlas:

  1. Banyak berdoa

Jika kita tidak bisa menghadapi lagi masalah yang kita dapatkan. Kita tidak bisa lagi mencari bantuan dari siapapun. Saatnya kita mencari bantuan dari sang pencipta. Perbanyaklah doa kita kepada Tuhan. Curahkan kepadaNya segala kegelisahan yang anda dapatkan.

Pendidikan agama dalam keluarga, sekolah dan masyarakat sentiasa mengajarkan kita untuk selalu berdoa jika menghadapi masalah. Anda dapat berdoa sesuai kepercayaan anda masing-masing. Mintalah agar hati anda di tenangkan dan diberi kekuatan untuk mengikhlaskan.

  1. Jangan Putus Asa

Keputusasaan menggiring hati anda kepada sikap tidak ikhlas. Karena dengan putus asa anda tidak bisa merelakan segala sesuatu dalam diri. Rasa putus asa bukanlah cara menjaga kesehatan hati agar hidup bahagia. Putus asa adalah salah satu penyakit hati.

Anda harus bisa menyadari bahwa anda tidaklah sendiri. Masih banyak didunia ini yang memiliki masalah. Tidak jarang masalah anda sebenarnya adalah masalah yang kecil. Banyak orang diluar sana yang memiliki masalah yang justru lebih besar.

Sponsors Link

  1. Perbanyak ibadah

Ibadah diharapkan dapat mendekatkan anda kepada sang pencipta. Membuat diri anda merasa diperhatikan oleh Tuhan. Cinta anda kepada tuhan merupakan ciri cinta sejati. Rasa cinta yang membuat orang dapat hidup dan lebih ikhlas dalam menghadapi masalahnya.

Ibadah dapat menenangkan hati dan pikiran anda. Ibadah terhadap tuhan adalah kunci kesuksesan dan ketenangan di dunia. Ikhlas juga merupakan cara merubah sifat menjadi dewasa.

  1. Akui kekurangan anda

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Anda diciptakan pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Akui kekurangan anda dapat membuat anda bisa ikhlas dalam segala aktifitas anda. Setelah mengalami kegagalan, anda bisa menyadari dari awal bahwa anda memiliki kekurangan dalam perkara ini.

Mengakui kekurangan anda juga adalah cara melupakan rasa sakit hati. Anda akan merasa lebih ringan dan rileks ketika bencana terjadi. Anda dapat berpikir lebih jernih sebelum anda mengambil keputusan.

  1. Banyak bersabar

Sabar adalah awal pangkal keikhlasan. Ketika anda memiliki sikap sabar, anda dengan sendirinya merasakan bahwa anda sudah ikhlas dengan apa yang terjadi. Pada dasarnya tidak mudah untuk tahu cara bersikap sabar dalam segala hal.

Sabar juga dapat meredam emosi. Ciri-ciri pria kasar memiliki emosi yang berapi-api. Bersikap lebih sabar membuat hidup anda lebih indah. Segala masalah bisa ditangani dengan mudah. Belajar bersabar juga bisa meningkatkan rasa ikhlas dalam diri anda sendiri.

Sponsors Link

  1. Tidak mementingkan pandangan orang lain

Tidak mengejar popularitas adalah cara untuk ikhlas. Jika anda bekerja sesuatu tanpa mengharapkan nama atau pandangan orang lain. Anda akan melakukan pekerjaan itu dengan lebih ikhlas. Cara meningkatkan keyakinan diri adalah dengan melakukan sesuatu secara ikhlas.

Ketidak ikhlasan berbanding lurus dengan kesombongan. Jika sombong dating maka tidak ikhlas juga bisa muncul. Sifat pamer dan ingin dipuji dapat meningkatkan rasa tidak ikhlas anda. Jika pekerjaan itu gagal, anda akan merasa terpuruk. Anda akan merasa dianggap bukan siapa-siapa lagi dalam masyarakat.

  1. Anggap semua masalah sebagai masa lalu

Bersikaplah untuk terus maju kedepan. Kejadian-kejadian masa lalu, biarlah menjadi masa lalu. Ketika anda sudah bisa melupakan masa lalu. Anda berarti sudah ikhlas untuk tidak mengungkitnya. Jika ada orang lain yang mengungkitnya, anda menganggapnya angina lalu. Masa lalu cukup jadi pelajaran. Jangan jadikan masa lalu sebagai cerminan diri anda.

Bangunlah masa depan, tinggalkan peristiwa buruk anda dibelakang anda. Anda harus tahu cara melupakan sakit hati. Jangan jadikan sakit hati anda berlarut-larut. Mungkin saja ada yang terbaik bagi anda. Namun belum bisa dilihat atau ada waktu untuk diperlihatkan untuk anda.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 27th, September 2016 / 18:07 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan